Macam-macam Tanaman Bunga Merambat yang Paling Diminati

Tanaman bunga merambat merupakan jenis tanaman hias yang bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang menyukai lingkungan rumah asri dan sejuk namun tidak memiliki cukup banyak lahan. Selain tampak lebih hijau, rumah yang menggunakan tanaman ini juga akan terlihat lebih cantik dan nyaman di pandang mata. Dengan adanya hiasan dari tanaman merambat, rumah Anda akan terlihat jauh lebih elegan dan menarik.

Sekedar pengetahuan, ada dua macam tanaman hias merambat yaitu daun dan bunga. Apabila Anda ingin membuat tanaman yang merambat ke dinding secara vertikal, maka memilih jenis tanaman dengan akar yang kuat adalah pilihan yang tepat. Di pasaran, Anda akan melihat banyak sekali pilihan tanaman hias yang bisa merambat. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda kali ini akan diulas mengenai 5 jenis bunga merambat yang paling populer di kalangan masyarakat.

5 Tanaman Bunga Merambat Terpopuler

Bromelia

Bromelia jenis burgundy.
Bromelia jenis burgundy.

Tanaman bunga merambat yang pertama adalah Bromelia. Tanaman ini memiliki daun dengan corak yang unik dan menawan. Oleh karena itu, banyak pecinta tanaman yang berbondong-bondong untuk mencari tanaman hias Bromelia sebagai hiasan untuk rumah. Selain dikenal dengan nama Bromelia, tanaman ini juga disebut sebagai daun lidah. Warna daun tanaman ini beragam menyerupai kulit jerapah dan dapat hidup dengan ketinggian hingga 10 meter.

Mawar rambat

mawar-rambat

Keindahan bunga mawar memang tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya bisa ditanam di atas tanah ataupun pot, bunga mawar juga memiliki jenis yang dapat merambat. Dan ternyata, kebanyakan jenis mawar justru memang tumbuh dengan cara merambat. Memiliki kelopak bunga yang cukup besar, mawar rambat ini mampu membuat rumah terlihat lebih berwarna dan cantik. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang menanam tanaman ini di rumah kesayangannya. Warna bunga yang dimiliki tanaman ini juga beragam, diantaranya adalah putih, merah, kuning bahkan merah muda.

Petrea Volubilis

 

petrea-volubilis

Tanaman bunga merambat selanjutnya adalah Petrea vulobilis. Tanaman hias yang banyak digandrungi masyarakat ini merupakan tanaman merambat yang umumnya memiliki bunga berwarna ungu. Bisa dikembangbiakan langsung ke dinding, membuat tanaman Petrea vulobilis sangat sesuai untuk Anda yang ingin suasana baru yang cantik di dinding rumah. Bahkan, tanaman ini juga bisa dirambatkan di daerah sekitar jendela sehingga rumah Anda akan tampak seperti rumah kaca yang mewah.

Begonia

bunga-begonia

Anda yang menyukai hiasan dinding sebaiknya memilih tanaman Begonia untuk dijadikan tanaman hias yang tepat. Pasalnya, tanaman ini memiliki warna yang bermacam-macam seperti kuning, merah, putih dan juga merah muda. Menggunakan tanaman Begonia, dinding rumah Anda akan lebih terlihat menawan.

Peperomia

peperomia

Tanaman merambat jenis bunga terpopuler selanjutnya adalah Peperomia. Tanaman ini memiliki beraneka ragam warna untuk dijadikan pilihan yaitu merah, hijau dan abu-abu. Peperomia hanya bisa tumbuh tidak lebih dari 30 cm. Oleh karena itu, sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki lahan atau ruangan yang cukup luas untuk menanamnya. Memiliki bentuk yang minimalis membuat tanaman ini semakin terlihat unik dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Bagi Anda yang ingin memiliki tanaman hias yang merambat, maka sebaiknya mengenal terlebih dahulu karakteristik dari setiap tanaman. Hal tersebut dikarenakan tak semua tanaman ini bisa merambat pada dinding.

Jadi mari lihat produk bibit tanaman hias kami disini. Demikian ulasan mengenai 5 jenis tanaman bunga merambat terpopuler, semoga bermanfaat untuk Anda.