GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Manfaat dan Khasiat Minyak Bunga Calendula untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tuesday, April 25th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Bunga calendula biasanya berwarna kuning sampai jingga cerah. Kelopak bunganya biasa dimanfaatkan untuk dijadikan minyak.

Anda mungkin sering memuji keindahan tanaman hias bunga calendula yang mekar di taman, namun apakah Anda pernah berpikir bahwa calendula memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Mahkota bunga calendula biasa diolah menjadi minyak dan teh yang banyak digunakan dalam dunia kesehatan dan kecantikan, bahkan tidak jarang yang menggunakannya sebagai campuran dalam makanan seperti salad. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai manfaat minyak calendula. Yuk, disimak.

Bunga calendula dikenal juga sebagai bunga pot marigold dan aslinya berasal dari Mediterania. Calendula adalah genus dari 12-20 spesies tanaman bunga. Tanaman ini termasuk dalam famili Asteraceae (keluarga bunga aster).

Ilustrasi cara membuat minyak calendula.

Cara membuat minyak calendula adalah dengan merendam kelopak bunganya dalam minyak zaitun. Kemudian masukkan dalam toples dan tutup rapat. Kocok setiap hari selama 15 hari, lalu saring minyaknya. Biasanya minyak calendula berwarna jingga keemasan. Minyak calendula dipercaya memiliki efek menenangkan dan menyembuhkan. Sejak zaman Mesir Kuno, minyak calendula telah digunakan sebagai pengobat penyakit kulit.

Manfaat Minyak Calendula untuk Kesehatan

Minyak calendula memiliki kandungan yang berdampak baik pada pengobatan masalah kulit dan infeksi.

Minyak bunga calendula memiliki sifat antiinflamasi, antijamur, antiseptik, antimikroba, antispasmodik, dan antibakteri. Biasanya minyak calendula digunakan untuk mengobati ruam kulit, luka (juga luka bakar), ruam kulit, radang, iritasi kulit, kulit kering, dan kulit pecah-pecah. Minyak calendula pun sering digunakan untuk mengurangi bengkak akibat keseleo otot atau memar.

Ia juga dipercaya mampu mengobati sakit pada kaki, gigitan serangga, dan luka kecil, mengobati ruam akibat popok pada bayi, mengobati kram perut, sembelit, sakit perut, dan perut kembung, mengobati eksim, dermatitis, dan psoriasis, mengobati gatal, kurap, dan kutu air, mengurangi varises, kaligata, dan borok kaki, meringankan peradangan pada tangan yang terkena suhu dingin ekstrem. Minyak calendula dapat meningkatkan produksi kolagen yang mampu mencegah pembentukan jaringan bekas luka.

Manfaat Minyak Calendula untuk Kecantikan

Dalam dunia kecantikan, minyak calendula digunakan sebagai bahan tambahan lotion, salep, krim, dan kosmetik lainnya. Minyak calendula juga digunakan dalam campuran aromaterapi.

Berikut manfaat minyak calendula untuk kecantikan kulit dan rambut:

Mencegah penuaan dini

Kulit kering tidak hanya membuat penampilan kurang menarik tapi juga berdampak terhadap penuaan dini. Calendula dengan sifat restoratifnya mampu menghidrasi kulit dan memperbaiki kulit rusak. Minyak calendula juga bisa digunakan pada daerah halus di sekitar mata.

Mencegah Jerawat

Sifat antibakteri dalam minyak bunga calendula dapat membantu membersihkan bakteri di pori-pori kulit penyebab jerawat.

Mengobati Dermatitis

Calendula dapat mencegah terjadinya dermatitis yang disebabkan karena paparan terapi radiasi.

Minyak calendula mengandung sifat regeneratif yang membantu folikel rambut tumbuh dengan sehat.

Menghilangkan ketombe

Minyak calendula sering digunakan untuk melembabkan kulit kepala dan menghilangkan ketombe. Dengan memijat kulit kepala dengan minyak calendula, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada rambut yang berketombe.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Ketombe adalah salah satu penyebab utama rambut rontok. Penyebab lainnya adalah kulit kepala yang rusak. Minyak ini bisa menyembuhkan kedua kondisi ini dengan membuat rambut Anda untuk tumbuh lebih kuat.

Itulah informasi mengenai minyak calendula dan manfaat-manfaatnya. Kami juga menyediakan berbagai jenis benih calendul yang bisa Anda tanam di rumah. Selain sebagai tanaman hias, bisa juga sebagai tanaman obat bukan?

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 42.500
Rp 8.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892