Manfaat dan Khasiat Tanaman Hias Geranium

Beberapa manfaat yang menarik perhatian dari bunga geranium bagi kesehatan adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan, menyehatkan ginjal, mengurangi rasa nyeri, mengurangi tingkat stres, menguatkan sistem imun, dan memperlancar pencernaan.

Geranium tidak hanya memiliki bunga yang menawan tapi juga kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Geranium adalah nama umum bagi lebih dari 200 spesies bunga dari jenis ini. Geranium yang dibahas dalam artikel ini adalah Geranium pelargonium, atau yang biasa dikenal sebagai geranium yang wangi bunga mawar, yakni geranium yang aman untuk dikonsumsi. Bunga ini sebenarnya berasal dari Afrika bagian selatan. Bunganya telah diekspor ke berbagai penjuru dunia sebagai bunga taman yang paling popular. Walaupun begitu, tanaman ini juga digunakan masyarakat dunia sebagai tanaman obat bagi beberapa kasus.

Geranium memiliki lima mahkota bunga. Daun biasanya menempel pada batang yang panjang. Daunnya itulah yang biasanya dijadikan bahan utama obat herbal tradisional. Biasanya dikonsumsi sebagai teh.

Manfaat dan Khasiat Bunga Geranium

Dengan meminum secangkir teh daun geranium mampu memberikan efek positif pada tubuh Anda.
Ilustrasi teh daun geranium dalam bentuk kemasan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat tanaman hias geranium:

  1. Penghilang stress. Ketika Anda membuat teh dari daun geranium, Anda bisa mengonsumsinya untuk mengurangi stress. Rasa tehnya enak. Teh daun geranium ini mampu menyeimbangkan hormon yang dapat menyebabkan stress dan gelisah. Secangkir teh daun geranium mampu mengembalikan mood Anda ke dalam kondisi prima.
  2. Anti-peradangan. Geranium secara umum dikonsumsi sebagai herbal anti-peradangan dalam tubuh. Jika Anda sedang merasakan nyeri sendi, nyeri otot, atau bahkan peradangan di bagian dalam tubuh (sistem kardiovaskular), mengonsumsi teh geranium mampu mengurangi rasa nyeri dan ketegangan itu dengan cepat.
  3. Penghilang nyeri. Sama seperti anti-peradangan, kandungan analgesik dalam germanium berfungsi sebagai obat sakit kepla dan luka lain. Penelitian mengatakan mengonsumsi teh geranium mampu mengurangi migrain dan nyeri yang kronis dengan cukup cepat.
  4. Kesehatan ginjal. Beberapa komponen yang terkandung di dalam teh geranium mampu mengontrol kesehatan ginjal dan menstimulasi sistem urin. Teh geranium pun mampu mendetoksifikasi tubuh yang mampu menghilangkan kelebihan garam, lemak, dan air dalam tubuh. Mengonsumsi teh geranium pun mampu mengurangi ketegangan ginjal dan mencegah racun bersarang di tubuh.
  5. Sistem imun. Geranium memiliki antiseptik, antibakteri, dan antijamur yang alami yang mampu menyembuhkan demam dan flu saat Anda merasa diri Anda mulai sakit. Anda hanya perlu mengonsumsi secangkir teh geranium, atau langsung mengunyah daunnya (daun yang berasal dari geranium yang wangi bunga mawar/rose-scented geranium). Antibakterialnya mampu menguatkan sistem imun dan mampu dengan cepat merekoveri berbagai jenis penyakit. Mengonsumsi geranium mampu mencegah patogen dari dalam maupun dari luar tubuh yang berdampak buruk bagi tubuh.
  6. Pencernaan. Secangkir teh geranium mampu membantu Anda menyembuhkan berbagai masalah pencernaan. Kandungan organik dalam geranium mampu mengurangi peradangan dalam perut, mengurangi bakteri yang menyebabkan rasa tak nyaman dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat ketika Anda mengonsumsi geranium. Tapi Anda perlu ingat bahwa geranium yang aman dikonsumsi adalah geranium yang berwangi mawar/rose-scented geranium. Tanyakan pada ahli tanaman untuk meyakinkan jenis geranium mana yang Anda miliki. Selain itu, berkonsultasilah pada dokter Anda sebelum mengonsumsi geranium.

Jika Anda berminat, kami juga menyediakan benih geranium disini. Baca juga artikel mengenai cara menanam bunga geranium.