Manfaat Daun Tarragon untuk Kesehatan

Tarragon merupakan salah satu tanaman herba yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Tarragon merupakan salah satu tanaman herba yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apakah Anda pernah mendengar tanaman tarragon? Tanaman herba yang satu ini memang terbilang masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Tarragon (Artemisia dracunculus) atau dikenal pula dengan nama estragon merupakan jenis tanaman herba yang termasuk dalam keluarga bunga matahari. Populasinya tersebar luas di sebagian besar Eurasia dan Amerika Utara yang dibudidayakan sebagai tanaman obat dan kuliner.

Tarragon mudah tumbuh dimana saja, memiliki dedaunan hijau dan bunga-bunga kecil berwarna kuning. Tanaman ini populer karena kegunaannya dalam bidang kuliner. Tarragon digunakan untuk menambah rasa pada banyak makanan dan saus. Seperti halnya oregano, tarragon memiliki banyak kegunaan selain hanya menambah rasa pada makanan favorit Anda.

Tarragon memiliki bunga yang indah berwarna kunging.
Tarragon memiliki bunga-bunga kecil yang indah berwarna kuning.

Manfaat Daun Tarragon untuk Kesehatan

Berikut kandungan tarragon dan manfaatnya:

  • Tarragon mengandung banyak sumber mineral seperti magnesium, zat besi, zinc dan kalsium.
  • Tanaman herba ini kaya akan vitamin A, vitamin C dan B-6.
  • Tarragon mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh.
  • Tarragon membantu menjaga kesehatan jantung. Bila dikonsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi resiko pembekuan darah, stroke dan serangan jantung.
  • Senyawa yang terdalam dalam tarragon dapat menurunkan kadar gula dalam darah secara alami.
  • Tarragon mengandung banyak minyak esensial yang baik untuk kesehatan.
  • Pada kondisi diuretik alami (masalah pada urin) dapat membantu mengurangi retensi air.

Tarragon juga digunakan dalam bentuk obat untuk mengobati berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Tarragon dapat direndam dalam air untuk dibuat teh, sebagai minyak infus, sebagai minyak esensial dan dapat pula dikunyah langsung.

Nikmati waktu santai Anda dengan teh tarragon yang memberi efek menenangkan.
Nikmati waktu santai Anda dengan teh tarragon yang memberikan efek menenangkan.

Berikut adalah beberapa penggunaan tarragon sebagai obat:

  1. Tarragon dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi dan mulut. Kandungan eugenol pada tarragon dapat membantu menghilangkan rasa sakit atau efek mati rasa. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau mengunyah langsung untuk menghilangkan rasa sakit pada mulut.
  2. Meminum teh tarragon sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia. Karena efek menenangkan yang dikandungnya dapat meredakan rasa cemas.
    Tarragon dapat membantu mengatasi masalah insomnia.
    Tarragon dapat membantu mengatasi masalah insomnia dengan meminum tehnya sebelum tidur.
  3. Minyak esensial pada tarragon dapat mengatasi bau mulut, mengurangi bau badan dan membasmi mikroba  pada kulit. Anda dapat menambahkan minyak esensialnya pada deodoran untuk mendapatkan khasiatnya.
    Tarragon mampu mengatasi masalah pada mulut, dan gusi. Termasuk menghilangkan bau kurang sedap pada mulut.
    Tarragon mampu mengatasi masalah pada mulut dan gusi. Termasuk menghilangkan bau kurang sedap pada mulut.
  4. Tarragon telah digunakan secara tradisional untuk membantu mengatasi kurangnya nafsu makan bahkan dapat mengatasi gejala anoreksia (sebuah gejala pada penderita yang memberikan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang ideal).
  5. Tanaman ini dapat menjaga kesehatan saluran reproduksi pada wanita dan dapat digunakan pada mereka yang mengalami masalah pada saat menstruasi. Namun sebaiknya jangan digunakan pada saat hamil atau sedang menyusui.
  6. Studi terbaru menunjukkan bahwa tarragon dapat membantu pertumbuhan otot melalui penyerapan creatin.

Catatan:

Jika Anda sensitif atau mempunyai alergi terhadap tanaman lain yang termasuk dalam keluarga Asteraceae seperti ragweed, daisy atau marygold, Anda sebaiknya berhati-hati dalam menambahkan tarragon pada diet sehat Anda, baik penggunaanya untuk makanan maupun sebagai obat. Berkonsultasilah dengan ahlinya sebelum menggunakan tarragon sebagai obat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jangan menggunakan tarragon ketika sedang hamil maupun menyusui.

Selain digunakan sebagai penambah aroma pada masakan, tarragon juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Apakah Anda tertarik untuk menanam tanaman herba ini? Jika berminat, Anda dapat membelinya di toko online kami, silahkan klik disini untuk mendapatkan bibit tanaman tarragon. Selain itu, kami juga masih memiliki berbagai benih dan bibit tanaman obat lainnya yang dapat ditanam untuk melengkapi tanaman herba di rumah Anda. Silahkan klik disini untuk mendapatkan bibit tanamannya dan klik disini jika Anda ingin membudidayakan tanaman herba dari biji / benihnya.