18 Manfaat Nanas bagi Kesehatan dan Kecantikan

Nanas (Ananas comosus) adalah rajanya buah tropis. Buah dengan tampilan unik ini sudah tidak diragukan lagi kelezatan dan kesegarannya. Nanas kerap dimanfaatkan sebagai bahan olahan beragam makanan seperti keripik, selai, bahan pembuatan rujak, campuran koktail atau es buah hingga dimakan langsung.

Baca juga artikel mengenai cara menanam nanas yang baik dan benar.

Nanas merupakan rajanya buah tropis. Tidak hanya enak dikonsumsi tapi juga memiliki nilai gizi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tahukah Anda? Nanas pertama kali dibawa ke Eropa oleh Christopher Columbus  setelah perjalannya dari Amerika Selatan. Nanas merupakan buah eksotis yang banyak ditemukan pada jamuan acara mewah pada masa itu. Saat ini, nanas bisa dijumpai di supermarket atau dijual di pinggiran jalan.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti nanas mampu menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Hal ini juga dapat memberi dampak positif pada kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Manfaat Nanas bagi Kesehatan dan Kecantikan

Selain tampilannya yang unik dan menarik, nanas juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral, termasuk kalium, tembaga, mangan, kalsium, magnesium, vitamin C, beta karoten, thiamin , B6, dan folat, serta serat larut dan tidak larut, dan bromelain.

Meskipun nanas bukan pilihan pertama bagi semua orang namun setelah membaca artikel berikut, Anda mungkin akan mempertimbangkan nanas ke dalam daftar diet harian Anda. Berikut manfaat nanas yang berhasil kami sadur:

1. Mencegah asma

Risiko untuk terserang penyakit asma lebih rendah bagi orang yang mengonsumsi sejumlah nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi tersebut adalah beta-karoten, yang ditemukan banyak dalam makanan nabati seperti nanas.

2. Mengobati diuretik

Dokter mungkin menyarankan untuk mengonsumsi apel sebagai obat diuretik. Namun, tidak semua orang menyukai apel, cobalah menggantinya dengan buah nanas. Jus nanas adalah obat diuretik alami yang membantu dalam menjaga kesehatan ginjal yang merupakan organ penting dalam menyingkirkan racun dalam tubuh.

3. Mengurangi risiko hipertensi

Secangkir nanas mengandung sekitar 1 mg sodium dan 195 mg kalium yang baik untuk penderita hipertensi.

Salah satu cara terbaik untuk memerangi hipertensi adalah memberi asupan tinggi kalium dan sejumlah kecil natrium dalam diet Anda. Nanas merupakan buah yang sempurna untuk penderita hipertensi karena secangkir nanas mengandung sekitar 1 mg sodium dan 195 mg kalium.

4. Melawan kanker

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Buah ini membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.

Diet yang kaya akan beta-karoten juga memainkan peran penting agar terhindar dari kanker prostat. Penelitian menunjukkan bahwa bromelain (senyawa yang ditemukan pada nanas) dan enzim dapat digunakan sebagai pengobatan kanker standar untuk membantu mengurangi beberapa efek samping seperti radang mulut dan tenggorokan karena pengaruh radiasi.

5. Diabetes

Seangkir buah nanas mengandung 2 gram serat yang hampir semuanya tak larut. Serat tak larut telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Nanas segar umumnya rendah karbohidrat, kaya vitamin C dan rendah sodium. Anda bisa mengonsumsi nanas dalam porsi kecil, karena di sisi lain nanas memiliki indeks glisemik sedang. Konsumsilah dengan makanan yang mengandung IG rendah atau menengah seperti kacang-kacangan. Hal ini dapat membantu Anda menghindari lonjakan gula.

6. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air yang terdapat pada nanas membantu mencegah sembelit dan menjaga keteraturan sistem pencernaan. Mengonsumsi jus nanas segar juga diketahui membantu menghilangkan cacing usus.

7. Meningkatkan kesuburan

Antioksidan yang terkandung dalam buah nanas memiliki pengaruh baik untuk kesuburan pria dan wanita.

Makanan yang kaya antioksidan telah terbukti mampu meningkatkan kesuburan. Karena radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi, sehingga makanan dengan aktivitas antioksidan yang tinggi seperti nanas dianjurkan bagi orang yang menginginkan kehamilan. Antioksidan dalam nanas, seperti vitamin C, beta-karoten, mineral, seng, dan folat memiliki pengaruh baik untuk kesuburan pria dan wanita.

8. Mengurangi rasa sakit dan peradangan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, dapat mengurangi pembengkakan, memar, mempercepat waktu penyembuhan dan rasa sakit yang terkait dengan cedera dan intervensi bedah. Bromelain saat ini digunakan untuk mengobati dan mengurangi peradangan dari tendinitis, keseleo, kejang, dan cedera otot ringan lainnya serta pembengkakan terkait dengan telinga, hidung, dan operasi tenggorokan atau trauma.

9. Menjaga kesehatan jantung

Serat, kalium, dan kandungan vitamun C dalam nanas semuanya mendukung kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam nanas diketahui dapat membantu meredakan ketegangan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi nanas mampu mencegah Anda dari gangguan kesehatan seperti serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis.

10. Menjaga kesehatan mata

Beta-karoten dan vitamin A yang terdapat dalam nanas membantu menjaga penglihatan dan mencegah degenerasi makula yang merupakan alasan utama di balik hilangnya penglihatan pada usia tua.

11. Meredakan gejala PMS (premenstrual syndrome)

Nanas adalah obat yang sangat efektif ketika datang bulan dan mengalami gejala PMS. Bromelain memiliki sifat analgesik yang dapat membantu wanita dari periode tidak nyaman atau menyakitkan saat haid.

12. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah nanas berfungsi untuk memperkuat gusi dan menjaga gigi Anda tetap sehat dan kuat.

Nanas mengandung banyak vitamin C yang membantu dalam memperkuat gusi dan menjaga gigi Anda tetap sehat dan kuat. Vitamin C juga membantu dalam mencegah pembentukan plak dan mengurangi risiko penyakit periodontal dan gingivitis karena mampu membatasi aktivitas bakteri dalam mulut.

Manfaat Nanas bagi kecantikan

Nanas juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada nanas membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yang merupakan sistem pendukung kesehatan kulit.

13. Mencegah jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang menyebalkan dan dapat meninggalkan bekas luka jika tidak ditangani dengan baik. Buah nanas mengandung sejumlah zat anti-inflamasi dan vitamin C, yang keduanya melawan penyebab jerawat. Vitamin C membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyembuhkan jerawat sedangkan zat anti-inflamasi membantu mencegah timbulnya jerawat baru.

14. Mengangkat sel-sel kulit mati

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada nanas membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi.

Nanas secara alami akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan memastikan kulit Anda tetap cerah dan bersinar

14. Mengobati tumit pecah-pecah

Ketika kaki Anda mulai retak karena kekeringan yang berlebihan, nanas dapat membantu memulihkan kesehatan kulit pada kaki Anda. Nanas bekerja secara alami dalam pengelupasan kulit, menghaluskan dan membuatnya nampak sehat.

15. Menyehatkan kuku

Jika Anda menginginkan kuku yang nampak sehat dan kuat, oleskan selai nanas segar pada kuku Anda dan diamkan selama 10 menit. Cuci kuku Anda dan lihat perbedaannya.

16. Mencerahkan dan melembabkan kulit wajah

Kulit kusam dan kering tentu sangat mengganggu bukan? Pastikan kulit Anda tetap ternutrisi dengan membuat masker wajah dari nanas. Campurkan satu kuning telur, 3 sendok makan nanas segar yang telah dilumatkan dan sedikit susu. Terapkan pada wajah Anda sebagai masker.

17. Mengobati bibir pecah-pecah

Tidak hanya mengatasi tumit pecah-pecah, nanas juga mampu melembabkan bibir. Bibir yang kering dan pecah-pecah hingga bisa sampai berdarah dan hal itu sangat menganggu. Campurkan nanas dan minyak zaitun lalu oleskan pada bibir Anda secara teratur.

18. Mencegah rambut rontok

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah nanas membantu melawan kerontokan rambut.

Cukup konsumsi beberapa potong nanas setiap hari untuk memperkuat folikel rambut Anda. Anda juga dapat menambahkan yogurt pada secangkir jus nanas untuk diet harian Anda.

Itulah beberapa manfaat nanas bagi kesehatan dan kecantikan. Cobalah membuat jus nanas segar setiap pagi sebelum beraktivitas. Eat healthy and enjoy life!

Kami juga menyediakan beberapa jenis bibit tanaman nanas yang dapat Anda lihat disini.