Manfaat Pohon Kelapa Bagi Manusia

Pohon kelapa tumbuh hampir di semua pantai tropis di seluruh dunia. Semua bagian dari pohon kelapa dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik akar, batang, daun, buah hingga bunganya.

Siapa yang tidak mengenal pohon yang satu ini? Semua orang di belahan bumi mengenal baik pohon kelapa, namun pengetahuan mereka terbatas pada manfaat buahnya. Memang benar bahwa bagian yang paling populer dari buah ini adalah buahnya karena ada air dalam buah kelapa yang disebut air kelapa. Padahal semua bagian dari pohon kelapa dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik akar, batang, daun, buah hingga bunganya. Dan sekaranglah saatnya Anda berhak mengetahui manfaat kelapa bagi kehidupan manusia.

Pohon sejenis palem ini memiliki nama ilmiah Cocos nuciferaKelapa sendiri diperkirakan berasal dari pantai Samudera Hindia di sisi benua Asia. Tapi sekarang tanaman ini telah ada di hampir semua pantai tropis di seluruh dunia.

Sumber daya alam seperti pohon dan tanaman memainkan peran utama dalam hidup kita. Terutama nenek moyang kita sebelumnya. Mereka menggunakan pohon-pohon dalam rangka untuk membuat makanan, rumah, dan tujuan hidup lainnya. Di India, pohon kelapa bahkan disebut “kalpa vriksha” yang berarti “pohon yang menyediakan semua kebutuhan hidup”. 

Baca juga: Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang

Berikut manfaat pohon kelapa bagi kehidupan manusia:

Manfaat Akar Kelapa

Di negara-negara Asia seperti China, akar pohon kelapa digunakan untuk mengecilkan selaput lendir. Di Indonesia sendiri, akar pohon kelapa dipercaya untuk menurunkan demam. Menurut Maurafe dan rekan dalam Journal of Agricultural Food Science pada tahun 1987, “akar kelapa menyediakan karbohidrat, lipid, asam laurat, miristat, dan kaprilat. Asam laurat mudah dicerna menjadi sumber energi dan menghadirkan lipid antimikroba yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia”.

Akar kelapa juga memiliki banyak manfaat.

1. Bahan obat-obatan dan minuman.

Saringan akar kelapa yang telah direbus mampu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, disentri dll. Ia juga mampu mengobati gejala gatal-gatal. Akar kelapa juga berperan sebagai bahan pembuatan sikat gigi dan alat pencuci mulut.

2. Bahan konstruksi bangunan

Akar kelapa tergolong memiliki struktur yang kuat sehingga bisa juga dimanfaatkan sebagai penyangga sebuah bangunan.

3. Mencegah banjir

Air kelapa memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap jumlah air yang banyak sehingga dipercaya mampu mencegah banjir.

4. Bahan pembuatan kerajinan tangan

Akar kelapa telah lama digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan seperti dibuat gelang dan kalung yang memiliki nilai ekonomis.

Manfaat Batang Kelapa

Batang kelapa memiliki tekstur yang kasar dan dan berserat. Kayunya memiliki sifat fisik yang variatif terutama untuk kerapatannya. Berikut manfaat batang kelapa:

1. Pengganti kayu konstruktif

Furnitur dari batang kelapa.

Batang kelapa yang memiliki kerapatan tinggi dapat diolah untuk pembuatan furnitur, komponen bangunan rumah, balok lantai,

2. Barang kerajinan

Batang kelapa tidak hanya sebatas bahan konstruksi tapi juga dapat diolah  menjadi beragam produk yang unik dengan nilai jual tinggi. Contoh kerajinan tangan dari batang kelapa adalah mainan anak-anak, aneka souvenir, tempat lilin dan berbagai keperluan rumah tangga.

3. Bahan pembuatan kertas

Ekstrak dari batang pohon kelapa ternyata bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas.

4. Bahan pembuatan kriket dan arang

Meskipun pemanfaatan batang kelapa masih terbatas dalam bahan kimia namun sejauh ini telah dikembangkan sebagai sumber energi untuk pembuatan arang.

Manfaat Daun Kelapa

Tidak hanya akar dan batangnya yang bermanfaat bagi kita tapi juga daunnya banyak bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat daun kelapa yang berhasil kami sadur:

1. Ketupat

Daun kelapa yang masih muda kerap digunakan sebagai ketupat. Daunnya yang masih kuning atau hijau muda (janur) sudah sejak zaman dahulu menjadi bagian dari tradisi pembuatan ketupat terutama ketika Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha.

2. Alternatif pembuatan atap

Ilustrasi proses pembuatan atap dari daun kelapa. Daun kelapa yang setengah kering dianyam rapi kemudian dimanfaatkan sebagai atap.

Di beberapa daerah di Indonesia terutama di kampung-kampung penggunaan daun kelapa sebagai atap masih sering dijumpai. Daun kelapa yang setengah kering dianyam rapi kemudian dimanfaatkan sebagai atap.

3. Hiasan pernikahan

Familiar dengan istilah janur kuning? Yap, daun kelapa yang masih muda berwarna kuning biasanya dijadikan lambang pesta pernikahan. Hiasan pernikahan ini biasanya diletakkan di tepi jalan yang menandakan adanya sebuah pesta di sekitar sana.

4. Pakan ternak

Daun kelapa muda yang telah diambil lidinya bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pakan ternak seperti kerbau dan sapi.

5. Bahan kerajinan tangan

Daun kelapa sering dibuat kerajinan tangan yang sangat menarik seperti tikar, sebuah, tikar, bakul, anyaman dan lain sebagainya.

Manfaat Buah Kelapa

Buah kelapa berbentuk bulat berukuran cukup besar. Warna kulit buahnya pun bervariasi, mulai dari hijau, kuning, dan coklat. Buah kelapa pun terbagi menjadi tiga bagian penting yang semuanya bermanfaat yakni air kelapa, daging kelapa, tempurung maupun sabut kelapa.

1. Air kelapa

Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Air kelapa tidak hanya sebagai pelepas dahaga tapi fungsinya bisa lebih dari itu. Kandungan nutrisi yang melimpah pada air kelapa seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, vitamin dll kesemuanya diketahui baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Air kelapa baik untuk ibu hamil, penderita diabetes, kekebalan tubuh, bahkan untuk kulit dan rambut.

Baca lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa untuk kesehatan dan kecantikan di sini.

2. Daging kelapa

Untuk manfaat yang satu ini mungkin sudah jelas. Daging buah kelapa yang masih muda sering dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada es buah dan jenis minuman lainnya. Rasanya sangat segar dan juga lezat.

Daging kelapa bahkan merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak kelapa yang memiliki aroma khas.

Daging kelapa digunakan dalam berbagai keperluan memasak seperti santangnya. Daging kelapa bahkan merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak kelapa yang memiliki aroma khas. Kandungan lemak jenuh yang dimilikinya jauh lebih tinggi dari minyak zaitun sehingga baik untuk kesehatan. Minyak kelapa telah lama digunakan dalam mengobati berbagai penyakit. Selain itu, ia juga berperan banyak dalam menjaga kesehatan rambut, minyak urut untuk bayi dan masih banyak kegunaan lainnya.

3. Tempurung kelapa

Tempurung atau cangkang kelapa sering dimanfaatkan sebagai arang untuk memasak, batoknya juga diolah menjadi filter rokok, dan dibuat bahan kerajinan seperti gayung, sendok nasi, dan lain sebagainya.

4. Sabut kelapa

Sabut kelapa banyak dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan seperti pembuatan tali, bahan dalam industri karpet, boneka, keset dan lain sebagainya. Sabut kelapa bahkan bisa diolah menjadi media tanam yang dikenal sebagai cocopeat. Dan yang paling sering dijumpai adalah sebagai scrubber untuk membersihkan perlatan dapur hingga lantai kotor.

Cocopeat adalah media tanam hidroponik yang terbuat dari sabut atau serat serabut kelapa yang telah dihaluskan menjadi serbuk.

Baca juga: Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Manfaat Bunga Kelapa

Anda mungkin tidak menyadari bahwa kelapa yang juga menghasilkan bunga ini juga memiliki banyak manfaat. Bunga kelapa mekar saat berusia 4-6 tahun. Warna kuning dengan aroma yang manis. Manfaat bunga kelapa yaitu sebagai bahan pembuatan cuka dan alkohol yang diperoleh dari hasil fermentasi getah bunganya. Ia juga dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan seperti tas dan topi. Bahkan, bunga kelapa dijadikan bahan pengobatan tradisional.

Itulah segudang manfaat pohon kelapa, mulai dari akar, batang, buah dan bunganya. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Jika berminat, kami juga menyediakan aneka bibit tanaman kelapa yang bisa Anda tanam di rumah, silahkan klik disini.