GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Manfaat Si Mungil Buah Dewandaru

Friday, August 11th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Dewandaru, buah mungil dengan bentuk yang menarik menyerupai ceremai, yang membedakan adalah buah ceremai berwarna tetap dan seragam (hijau kekuningan) sementara dewandaru berwarna-warni sesuai tingkat kematangan.

Dewandaru (Eugenia Uniflora) merupakan tanaman pohon yang berasal dari keluarga Myrtaceae dan masih berkerabat dekat dengan tanaman jambu air. Tanaman ini aslinya berasal dari kawasan pantai timur Amerika Selatan. Nama dewandaru sendiri berarti ‘pembawa wahyu dewa’ dan banyak ditanam sebagai tanaman pagar.

Di Indonesia, dewandaru dikenal pula dengan nama ciremai londo, asam selong, Surinam cherry, blimbing londo, dan Brazil cherry. Buah dewandaru merupakan buah buni berbentuk bulat dan berwarna merah tua hingga merah kehitaman dengan permukaan yang berlekuk.

Buahnya dewandaru yang berukuran kecil-kecil ini ternyata memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

Khasiat dan Manfaat Dewandaru

Buah dewandru memiliki banyak senyawa yang baik bagi tubuh. Salah satu kandungan tersebut adalah senyawa flavonoid dan fenolik. Ada juga kandungan monoterpenes, beta-pinene, trans-beta-ocimene, cisocimene, dan selina-1,3,7(11)-trien-8-one.

Berikut manfaat dewandaru yang berhasil kami sadur:

1. Penangkal radikal bebas

Buah dewandaru mampu mencegah kerusakan oksidatif dari proses radikal bebas. Kerusakan oksidatif ini sulit diatasi oleh antioksidan lain dalam tubuh manusia. Selain untuk mencegah radikal bebas, buah dewandru juga memiliki khasiat yang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan sel tumor.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah dewandru memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Hal tersebut karena buah dewandru mengandung senyawa karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Ternyata tidak hanya buahnya saja, senyawa karotenoid pun terkandung di dalam daunnya.

2. Antibakteri

Dewandaru bisa dimakan segar dan bisa juga diolah menjadi selai.

Sifat antibakteri yang terkandung dalam biji buahnya memiliki manfaat untuk mengobati penyakit pencernaan, terutama diare. Menurut sebuah penelitian, kandungan protein dalam biji buah dewandaru bermanfaat sebagai antikuman yang dapat menghambat pertumbuhan kuman dalam perut, terutama kuman penyebab diare.

3. Pereda sakit

Khasiat lain dari buah dewandru yang belum banyak diketahui orang adalah sebagai pereda rasa sakit. Daun tanaman dewandru mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit, seperti nyeri rematik dan nyeri sendi.

4.Mengobati hipertensi

Daun dan buah dewandru dapat dimanfaatkan sebagai herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Mencegah kanker

Manfaat lain yang didapatkan dari buah dewandaru ini adalah sebagai pencegah kanker. Buah dewandaru dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker yang keberadaannya sangat mengancam keberlangsungan hidup manusia.

6. Kayu dewandaru sebagai bahan kerajinan tangan

Selain buah dan daunnya, ternyata bagian kayu dari tanaman dewandaru sering juga dijadikan aksesoris, seperti gelang, kalung, cincin, dan tasbih. Aksesoris tersebut biasanya dijual oleh para pengrajin di tempat-tempat wisata sebagai oleh-oleh.

Salah satu hasil kerajinan tangan yang terbuat dari kayu pohon dewandaru.

Sekian informasi mengenai manfaat buah dewandru. Buah yang mungil ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh.

Jika berminat, kami juga menyediakan bibit tanaman dewandaru yang siap melengkapi tanaman buah Anda di pekarangan rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda 🙂 .

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892