Manfaat Teh Hijau untuk menurunkan Berat Badan

Kegiatan minum teh bukan hanya sekedar proses sajian untuk menjamu tamu saja, namun lebih dari itu. Seseorang menjadikan budaya minum teh untuk merasakan manfaat pada tubuhnya. Salah satu minuman teh yang paling populer dari dulu sampai saat ini adalah teh hijau. Teh hijau juga disebut-sebut sebagai minuman paling sehat di dunia. Salah satu khasiat dari minuman ini yang paling banyak diketahui oleh dunia adalah upayanya dalam menurunkan berat badan.

Meminum teh hijau merupakan salah satu acara adat atau tradisi di Jepang.
Meminum teh hijau merupakan salah satu acara adat atau tradisi di Jepang.

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan dan di dalam kandungan tersebut terdapat senyawa polyphenois katekin yang ampuh melawan kerusakan sel-sel tubuh dan membakar lemak berlebih khususnya lemak pada perut. polyphenois katekin membuat oksidasi lemak meningkat dan dalam 24 jam dapat mengurangi lemak sebanyak 4 %. Kadar glukosa dalam tubuh dapat terkontrol jadi pembentukan sel-sel lemak dapat terhambat pada saat terbentuknya glukosa.

USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University melakukan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang minum 3 gelas teh hijau dalam sehari mampu menghilangkan berat badannya lebih banyak dibanding orang yang tidak minum teh hijau sama sekali. Orang-orang yang minum teh hijau juga kehilangan lemak diperut sedangkan tidak berpengaruh untuk yang tidak meminumnya.

Jadi ketika anda meminum teh hijau sebanyak 3 cangkir dalam sehari, lemak pada perut anda akan hilang dan secara perlahan perut andapun akan terlihat langsing. Dari segi rasa, teh hijau memiliki rasa yang sangat pekat di lidah. Untuk penyajiannya disarankan untuk tidak mencampurkannya dengan gula biasa tapi beri sedikit rasa manis sebaiknya mencampurkannya dengan beberapa sendok madu asli.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan jeruk nipis atau lemon. Di samping menambah kesegaran pada teh, juga membuatnya lebih berkhasiat lagi. Karena kedua jeruk ini juga mampu menurunkan berat badan. Lebih jelasnya silahkan baca manfaat jeruk lemon untuk menurunkan berat badan dan artikel khasiat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Sebagai tambahan informasi, daun jati belanda juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Baca disini!

Teh hijau yang telah digiling hingga berbentuk bubuk hijau yang siap diseduh.
Teh hijau yang telah digiling dan berbentuk bubuk hijau yang siap diseduh.

Jadi untuk Anda yang sedang diet, minuman teh ini bisa Anda jadikan minuman sehat Anda saat bersantai. Bisa diseduh dan diminum dalam keadaan hangat, juga bisa dijadikan es teh hijau yang sangat menyegarkan tubuh. Perlu dicatat bahwa jika Anda memiliki sakit maag, sebaiknya jangan mengkonsumsi teh hijau sebelum makan atau pada kondisi perut kosong. Hal ini akan memicu naiknya asam lambung sehingga Anda bisa saja merasakan mual dan sakit perut.

Bagi orang yang tidak menderita sakit maag, bisa mengkonsumsinya dengan memperhatikan jadwal berikut:

  • Pagi hari: Meminum secangkir teh hijau hangat pada pagi hari di saat bangun tidur dapat memecah lemak, mengurangi nafsu makan dan mencegah terjadinya proses radikal bebas.
  • Sebelum sarapan: Meminum secangkir teh hijau sebelum sarapan akan membantu membakar lemak dan akan mengurangi nafsu untuk ngemil di siang hari.
  • Sebelum makan siang: Meminum secangkir teh hijau sebelum makan siang dapat menekan keinginan makan terlalu banyak karena rasa kenyang yang diberikan teh hijau tersebut.
  • Sebelum makan malam: meminum teh hijau sebelum makan malam akan membuat makanan dicerna dengan cepat dan membakar lemak pada saat tidur.
Di Jepang, ice cream teh hijau menjadi salah satu cemilan populer untuk orang-orang yang sedang diet.
Di Jepang, ice cream teh hijau menjadi salah satu cemilan populer untuk orang-orang yang sedang diet.

Terbukti ampuh menurunkan berat badan, bukan berarti Anda mengkonsumsi seenaknya. Karena walaupun teh hijau merupakan minuman herbal alami, namun juga memiliki efek samping jika digunakan sembarangan. Jika dikonsumsi berlebihan, maka efek samping yang mengintai adalah:

  • Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk penderita maag, jangan mengkonsumsi teh hijau dalam kondisi perut kosong. Karena akan membuat sakit maag semakin parah.
  • Kandungan kafein yang terdapat pada teh hijau dapat membuat seseorang merasa gelisah, susah tidur dan tekanan darah meningkat.
  • Zat tannin yang terdapat dalam teh hijau dapat menghalang terbentuknya zat besi pada tubuh.
  • Teh hijau memiliki banyak kalsium yang dibawanya masuk ke dalam tubuh dan dikeluarkan pada urin. kelebihan kalsium pada tulang justru akan menimbulkan osteoporosis.
  • Untuk ibu hamil sebaiknya membatasi diri untuk mengkonsumsinya secara berlebihan karena akan merusak plasenta janin dan menyebabkan keguguran.

Nah, itulah manfaat, cara mengkonsumsi, serta efek samping teh hijau dalam upaya menurunkan berat badan. Langsing dengan teh hijau tentu saja akan lebih efektif jika dibarengi dengan olah raga yang teratur dan tidur yang cukup. Semoga bermanfaat. Produk tanaman teh dapat dilihat langsung disini.