GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

10 Manfaat Teh Kembang Sepatu dan Cara Membuatnya

Friday, April 21st 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Bagaimana jika Anda bisa membuat teh dari bahan-bahan yang berasal dari tanaman hias di halaman rumah Anda? Salah satu tanaman bunga yang dimaksud adalah bunga kembang sepatu.

Industri teh saat ini semakin berkembang pesat, bahkan tidak jarang kita mendengar bunga-bunga dan kulit buah yang dijadikan teh. Tak ketinggalan pula bunga kembang sepatu. Tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh subur tanpa perawatan ekstra. Bagian dari bunga kembang sepatu yang digunakan untuk membuat teh adalah kelopak dan mahkota bunganya.

Bunga kembang sepatu telah lama digunakan di luar negeri sebagai bahan minuman. Di India teh ini dikenal dengan sebutan orhul, agua de jamaica (Meksiko), bissap (Afrika), sorrel (Jamaika), karkadé (Mesir dan Arab), dan soobolo (Ghana).

Baca juga artikel sebelumnya mengenai Arti, Makna Dan Kegunaan Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus)

Manfaat Teh Bunga Kembang Sepatu

Tidak banyak orang yang sadar bahwa hampir 15-30% teh kembang sepatu tersusun dari asam organik. Asam ini adalah asam malat, asam tartarat dan asam sitrat. Asam ini biasa ditemukan pada banyak buah seperti anggur yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat teh bunga kembang sepatu untuk kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam teh kembang sepatu bisa mengurangi tekanan darah hingga 10 poin.

American Heart Association yang diterbitkan pada bulan November tahun 2008 menyatakan bahwa mengkonsumsi teh kembang sepatu mampu menurunkan tekanan darah pada orang dewasa. Minumlah tiga cangkir teh bunga kembang sepatu setiap hari secara teratur.

2. Menurunkan Kolesterol

Teh kembang sepatu juga memiliki khasiat antioksidan yang mengesankan. Hal ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dari tubuh, membantu melindungi diri dari penyakit jantung dan pembuluh darah dari kerusakan. Sifat hypolipidemic dan hypoglycemic dari teh kembang sepatu bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan gula darah seperti diabetes.

3. Melindungi Fungsi Hati

Penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan yang terdapat dalam teh kembang sepatu dapat membantu mengobati penyakit yang berhubungan dengan hati. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit karena menetralkan radikal bebas yang ada di jaringan tubuh.

4. Antikanker

Teh kembang sepatu mengandung asam protokatechuat yang memiliki sifat antitumor dan antioksidan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical and Dental College, di Taiwan menunjukkan bahwa kembang sepatu mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, yang biasa dikenal sebagai kematian sel.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Teh kembang sepatu kaya akan asam askorbat, juga dikenal sebagai vitamin C yang berperan sebagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh Anda. Teh kembang sepatu juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berperan dalam mencegah Anda terkena flu, demam dan penyakit lainnya.

6. Meringankan gejala haid (PMS)

Manfaat lainnya dari teh kembang sepatu adalah mengurangi kram dan nyeri saat haid.

Hal ini membantu dalam memulihkan keseimbangan hormon dan mengurangi gejala menstruasi lainnya seperti perubahan mood, depresi, dan makan berlebih.

7. Sebagai Antidepresan

Teh kembang sepatu mengandung vitamin dan mineral seperti flavonoid yang memiliki khasiat antidepresan. Konsumsi teh hibiscus dapat membantu menenangkan sistem saraf, dan bisa mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi santai di dalam pikiran dan tubuh.

8. Melancarkan sistem pencernaan

Teh bunga kembang sepatu mampu memperbaiki pencernaan dengan melancarkan buang air besar dan air kecil karena memiliki sifat diuretik dan juga digunakan untuk mengobati sembelit.

9. Melegakan dahaga

Teh kembang sepatu juga digunakan dengan cara yang sama seperti minuman lainnya untuk memuaskan rasa haus. Teh ini biasa juga disajikan dalam keadaan dingin.

10. Menurunkan berat badan

Teh kemnag sepatu juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Itulah kenapa, ekstrak kembang sepatu banyak ditemukan pada produk penurunan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bunga kembang sepatu mampu menurunkan penyerapan pati dan glukosa yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hibiscus menghambat produksi amilase, yang membantu penyerapan karbohidrat dan pati.

Baca juga: Manfaat Bunga Kancing Untuk Kesehatan

Efek Samping Teh Bunga Kembang Sepatu

Meskipun teh bunga kembang sepatu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan namun terdapat beberapa kemungkinan efek samping yang harus Anda ketahui. Berikut di antaranya:

  1. Karena teh ini mampu meningkatkan tekanan darah sehingga bisa pula menyebabkan pingsan, pusing dan bahkan bisa merusak jantung atau otak jika dikonsumsi oleh individu dengan tekanan darah rendah.
  2. Teh kembang sepatu tidak dianjurkan untuk wanita hamil, terutama karena efeknya yang dapat merangsang menstruasi atau aliran darah di daerah rahim atau panggul. Bagi mereka yang menjalani perawatan hormonal atau mengonsumsi pil KB, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mengenai konsumsi teh kembang sepatu.
  3. Beberapa orang mungkin merasa mabuk atau mengalami halusinasi saat minum teh kembang sepatu. Karena itu, berhatilah-hatilah sampai Anda tahu bagaimana reaksi tubuh Anda terhadap teh ini.
  4. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi seperti mata merah, gatal, sinus, atau demam saat mengkonsumsi teh kembang sepatu.

Cara Membuat Teh Bunga Kembang Sepatu

Untuk meracik teh bunga kembang sepatu, pilihlah kembang mahkota yang terlihat sehat dan segar agar Anda bisa memperoleh manfaatnya dengan maksimal. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan 2 cangkir air bersih
  • Siapkan 2-4 tangkai bunga kembang sepatu, cuci bersih
  • Perasan air jeruk
  • Kayu manis secukupnya
  • Gula

Langkah-langkah:

Tahap menyiapkan bunga kembang sepatu.

Ilustrasi menyiram bunga kembang sepatu dengan air panas.

  1. Masukkan bunga kembang sepatu dan beberapa kayu manis dalam wadah yang tahan panas.
  2. Siramlah dengan air panas.
  3. Biarkan hingga air berubah warna, kemudian aduk hingga bunga layu dan berubah menjadi kekuningan.
  4. Saring bunga dan kayu manis tersebut, masukkan gula sesuai selera beserta perasan air jeruk.
  5. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau ditambahkan dengan es batu jika ingin diminum dalam keadaan dingin.

Itulah manfaat teh bunga kembang sepatu beserta cara meraciknya. Jika berminat kami juga menyediakan tanaman bunga kembang sepatu dengan berbagai warna-warna menarik yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah.

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892