Manfaat Ubi Jalar untuk Diet

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap manusia. Karena dengan berat badan yang ideal akan menunjang penampilan menjadi semakin menarik. Namun masalah berat badan seperti terlalu kurus atau terlalu gemuk seringkali menjadi keluhan yang tak kunjung berujung. Salah satu masalah yang paling banyak terjadi adalah masalah obesitas atau berat badan berlebih. Orang yang memiliki masalah kegemukan atau berat badan berlebih dapat membuat kepercayaan dirinya menurun drastis, stres, bahkan tidak jarang dari mereka yang memilih mengakhiri hidupnya karena merasa terkucilkan di lingkungannya.

Ice cream purple sweet potato menjadi makanan terpopuler di Okinawa, jepang sebagai cemilan pada saat diet.
Ice cream purple sweet potato menjadi makanan terpopuler di Okinawa, jepang sebagai cemilan pada saat diet.

Selain memberikan efek mental yang buruk, berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan tubuh gampang terserang penyakit. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk menurunkan berat badan, salah satu upaya yang dianjurkan adalah diet.Banyak orang yang ingin menurunkan berat badannya secara cepat, sehingga menerapkan aturan diet yang tidak sehat. Biasanya mereka menuntut untuk merubah pola makannya secara mendadak.

Hal ini justru memberikan resiko yang berbahaya bagi tubuh mereka sendiri. Diet bukan berarti harus menahan lapar selama sehari penuh, itu bahkan akan membuat tubuh menjadi lemas dan kekurangan nutrisi. Sebenarnya ada beberapa tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk membantu proses diet yang sehat. Seperti ubi jalar,  jeruk nipis, jati belanda, teh hijau, dan jeruk lemon (klik masing-masing untuk membaca artikelnya). Namun artikel ini akan secara khusus akan menjelaskan tentang bagaimana ubi jalar bisa menurunkan berat badan.

Ubi jalar juga dapat dijadikan jus sebagai minuman segar saat diet.
Ubi jalar juga dapat dijadikan jus sebagai minuman segar saat diet.

Ubi jalar adalah tanaman umbi-umbian yang tumbuh menjalar di atas permukaan tanah. Tentunya tanaman satu ini sudah tidak asing lagi di telinga anda. Biasanya ubi jalar disantap dengan cara direbus ataupun digoreng. Umbi-umbian ini terkenal akan rasanya yang manis alami dan berdaging empuk sehingga disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa.Ibu jalar dapat menurunkan berat badan karena:

  • Ubi jalar mengandung serat yang tinggi
    Bagi anda yang memiliki tubuh gemuk namun keinginan untuk makan yang tidak terkontrol karena lapar setiap saat, maka lahap saja ubi jalar. Jika anda mengkonsumi ubi jalar, maka rasa lapar anda akan terkontrol. Kenapa? karena daging ubi yang berwarna orange ini memiliki kadar serat yang tinggi. Jadi dengan mengkonsumsinya akan membuat anda kenyang lebih lama. Kandungan serat ini juga membuat pencernaan anda lancar. Jadi makanan berkarbohidrat yang tadinya telah dimakan dan susah untuk dicerna, akan mudah hancur dan keluar sebelum menjadi lemak.
  • Ubi jalar kaya akan air
    Tubuh akan merespon dengan baik makanan yang kaya akan air. Ubi jalar yang pada dasarnya memiliki tekstur padat, sebenarnya kaya akan air. Sehingga ketika anda mengkonsumsi ubi jalar, maka kandungan airnya akan menekan nafsu makan anda. Di samping itu, kandungan airnya juga akan membantu melancarkan proses metabolisme pada tubuh sehingga membantu proses pembakaran lemak.
  • Ubi jalar rendah akan kalori
    Ubi jalar hanya mengandung 300-400 kalori saja. Oleh karena itu, ubi jalar cocok sekali dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Jadi jangan khawatir, karena walaupun dimakan, tidak akan mempengaruhi naiknya berat badan.
  • Ubi jalar mengandung vitamin A
    Vitamin A yang terkandung pada ubi jalar dapat menjaga daya tahan tubuh. Jadi saat anda diet, dengan mengkonsumsinya maka anda tidak akan mudah capek atau lemas, melainkan akan tetap bertenaga.

Panganan empuk ini memberikan rasa kenyang juga nutrisi yang cukup bagi orang-orang diet. Jadi buat kalian yang yang sedang diet, tidak perlu menyiksa diri dengan menahan lapar berjam-jam tanpa mengkonsumsi apa-apa. Jadikanlah ubi jalar rebus itu sebagai makanan pengganti nasi atau cemilan. Silahkan melahapnya karena berapun yang anda makan tidak akan membuat berat badan anda naik, juga setelah berat badan anda sudah turun, ubi jalar ini juga tidak akan mengembalikan berat badan berlebih anda lagi, justru akan menjaganya agar tetap ideal.

Pada saat direbus, kulit ubi jalar jangan dikupas karena semua nutrisinya ada pada kulitnya.
Pada saat direbus, kulit ubi jalar jangan dikupas karena semua nutrisinya ada pada kulitnya.

Demikian kandungan ubi jalar yang membuatnya berperan penting pada masa-masa diet anda. Ubi jalar tidak hanya bermanfaat untuk diet, namun ubi jalar juga memiliki manfaat untuk ibu hamil, untuk penderita diabetes, juga untuk kesuburan. Lebih jelasnya akan dijelaskan pada artikel selanjutnya. Sebagai tips, mengkonsumsi ubi jalar sebaiknya direbus. Pada saat perebusan, kulitnya tidak usah dikupas, karena semua nutrisi-nutrisi yang penting ada pada kulitnya.

Kami juga menyediakan produk umbi ubi ungu, Anda bisa klik disini.