Manfaat Ubi untuk Ibu Hamil

Memiliki buah hati merupakan saat yang dinanti-nantikan oleh pasangan suami dan istri dalam suatu rumah tangga. Dan ketika Tuhan telah menitipkan anugrah itu kepada rahim sang ibu, maka sang ibu dituntut agar menomor satukan masalah kesehatannya. Kesehatan sang ibu sangat berpengaruh dari makanan apa yang ia makan. Pada masa kehamilan, ada banyak pantangan makanan yang harus dihindari, misalnya kebiasaan mengkonsumsi junkfood atau fastfood juga minuman bersoda yang biasa dikonsumsi ketika belum mengandung. Kebiasaan ini harus dihilangkan.

Sang ibu harus lebih selektif dalam mengkonsumsi makanannya, karena makanan yang ibu makan, adalah asupan yang akan diterima oleh sang janin. Jadi jika makanan yang sang ibu konsumsi adalah makanan sehat, maka sang janin juga akan mendapat asupan yang sehat. Sebaliknya, jika makanan yang sang ibu konsumsi adalah makanan tidak sehat, maka sang janin juga tidak akan tumbuh sehat.

Tentunya tidak ada seorang ibu pun yang menginginkan calon buah hatinya kurang gizi bukan? oleh karena itu, Sang ibu harus fokus mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi yang lebih tinggi. Seperti mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian. Dalam artikel ini, akan secara khusus dibahas tentang manfaat salah satu jenis umbi-umbian yang baik dikonsumsi ibu hamil. Salah satu umbi-umbian itu adalah ubi. Umumnya ada 3 jenis ubi yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut penjelasanya.

1. Ubi jalar
Ubi jalar adalah salah satu jenis ubi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena:

Ubi jalar memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya.
Ubi jalar memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya.
  • Ubi jalar kaya akan vitamin B6
    The American Pregnancy Association menyarankan kepada wanita hamil untuk banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6. Direkomendasikan untuk mengkonsumsinya sebanyak 1,9 miligram setiap harinya.Hal ini dikarenakan vitamin B6 dapat membantu pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil dan mengurangi rasa mual di pagi hari. Ubi jalar mengandung 0,6 miligram vitamin B6 di tiap satu cangkirnya.Oleh karena itu, ibu hamil sangat bagus jika mengkonsumsi ubi jalar.
  • Ubi jalar kaya akan kandungan serat
    Tidak jarang ibu hamil yang mengeluh masalah sembelit atau susah buang air besar. Maka dari itu wanita hamil harus mengkonsumsi serat sebanyak 28-34 gram ditiap harinya. Sementara itu, dalam satu cangkir ubi jalar, mengandung 6,6 gram serat. Kemudian, banyaknya serat yang dikandung ubi jalar membuat kita kenyang lebih lama setelah mengkonsumsinya. Keinginan untuk makan akan tertunda lama. Sehingga ubi jalar dapat membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang ingin diet.
  • Ubi jalar kaya akan Vitamin A
    American Pregnancy Association merekomendasikan wanita hamil untuk mengkonsusmi 700 mikrogram vitamin A dalam sehari. Nah, satu cangkir ubi jalar mengandung 1922 mikrogam vitamin A yang direbus bersama kulitnya.
  • Ubi jalar mengandung Vitamin C dan zat besi
    The national institute of health menyarankan bagi wanita hamil untuk rajin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Yaitu sebanyak 80 sampai 85 miligram vitamin C dan 27 miligram zat besi. Ubi jalar yang dipanggang bersama kulitnya mengandung 39,2 miligram vitamin C dan dan zat besi sebanyak 1,38 miligram di setiap satu cangkirnya.
  • Ubi jalar mengandung kalium / potasium
    Kalium / potasium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Yaitu sekitar 4,7 gram dan pasca melahirkan, kebutuhan kalium / potasium meningkat menjadi 5,1 gram. Kebutuhan ini akan terpenuhi jika mengkonsumsi secangkir ubi jalar.

2. Ubi kayu

Ubi kayu dapat mencegah ibu hamil dari masalah insomnia atau susah tidur saat malam hari.
Ubi kayu dapat mencegah ibu hamil dari masalah insomnia atau susah tidur saat malam hari.
  • Ubi kayu mengandung zat besi, seng, tembaga magnesium yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan si janin . Maka dengan mengkonsumi ubi kayu dapat menutupi kebutuhan sang ibu sekaligus sang janin akan kandungan-kandungan tersebut.
  • Ubi kayu atau singkong juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Ubi kayu ini memiliki serat yang tidak larut dalam air yang disebut Insoluble Fiber. Kandungan ini dapat melancarkan pencernaan ibu hamil juga menyerap racun / toksi dari usus-usus sehingga alat pencernaannya menjadi sehat dan terhindar dari masalah sembelit.
  • Ubi kayu merupakan umbi-umbian yang memiliki kandungan protein yang paling tinggi dibanding umbi-umbian lainnya seperti kentang atau ubi jenis lainnya.
  • Selain dari umbinya, daun ubi kayu juga bermanfaat agar ibu hamil terhindar dari insomnia atau susah tidur di malam hari.
  • Ubi kayu yang kaya akan antioksidan juga mencegah terjadinya radikal bebas yang menjadi cikal bakal berbagai jenis penyakit mematikan. Antikosidan ini juga melahirkan antikanker juga antitumor yang alami sehingga menjauhkan ibu hamil dari kemungkinan terkena penyakit kanker dan tumor.

3. Ubi ungu

Ubi ungu sebenarnya adalah salah satu jenis ubi jalar yang daging juga kulitnya berwarna ungu. Ubi ini disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil karena:

  • Dapat mengendalikan konsentrasi gula di dalam tubuh. Gula darah di dalam darah dapat dikendalikan lewat kerja insulin dan hasil ekskresi. Jadi jika mengkonsumsi ubi kayu maka kadar gula di dalam darah ibu hamil dapat terkontrol dengan baik. Hal ini dapat membuat sang calon bayi juga terhindar dari penyebaran sirkulasi darah yang buruk.
  • Menjaga kekenyalan kulit. Ibu hamil rentan terkena masalah pada kulit. Biasanya kulitnya menjadi kering juga pecah-pecah. Hal ini terjadi karena ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C dua kali lebih banyak dari kebutuhan vitamin C orang yang tidak mengandung. Sementara itu, ubi ungu memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan dengan umbi-umbian lain.
  • Menghindari serangan jantung koroner. Hampir semua kandungan gizi yang terdapat dalam ubi ungu mempunyai upaya menghentikan serangan tiba-tiba akan kambuhnya penyakit jantung koroner. Jadi ibu hamil yang menderita penyakit jantung, setidaknya bisa menjaga kesehatan juga kandungannya untuk tetap sehat dan terhindar dari serangan jantung mendadak.
Ubi ungu bisa diolah menjadi puding untuk ibu hami yang enak dan berkhasiat.
Ubi ungu bisa diolah menjadi puding untuk ibu hamil yang enak dan berkhasiat.

Ada berbagai macam jenis ubi yang tersedia pada situs kami di bibitbunga.com, salah satunya tanaman ubi madu untuk melihat produknya dapat langsung klik disini.

Nah, itulah tadi alasan-alasan mengapa ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ubi pada saat masa kehamilan dan sesudahnya. Disamping kaya akan kandungan yang diperlukan sang ibu dan janinnya, jenis umbi-umbian satu ini juga murah, jadi tanpa perlu mengeluarkan biaya yang menguras dompet, calon buah hati anda tetap akan terjaga kesehatannya sejak di dalam kandungan hingga lahirnya nanti. Selain ubi, madu juga mempunyai manfaat luar biasa bagi ibu hamil. Artikel yang berjudul Khasiat Madu untuk Ibu Hamil dan menyusui bisa Anda baca di sini.