Mengenal Tanaman Bunga Nasi-Nasi

Bunga nasi-nasi atau kembang telang memiliki mahkota bunga dengan warna yang mencolok sehingga populer dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Bunga nasi-nasi (Clitoria ternatea) biasa juga dikenal sebagai bunga kembang telang dan sayap burung merpati Asia. C. ternatea ini berasal dari daerah tropis Asia, Indonesia dan Malaysia. Tapi saat ini, tanaman ini sudah diperkenalkan ke kawasan Afrika, Australia, bahkan hingga ke Amerika.

Daun dari bunga nasi-nasi ini berbentuk elips dan tumpul. Tumbuhan ini tumbuh merambat. Untuk dapat tumbuh dengan baik, tanaman ini harus hidup di tanah yang lembap dan netral. Satu hal yang paling mencolok dari tanaman ini adalah bunganya yang berwarna biru dengan aksen kuning cerah. Bunganya memiliki panjang sekitar 4 cm, lebarnya sekitar 3 cm. Tanaman ini memiliki buah yang panjangnya sekitar 5-7 cm. Di dalam kantung bijinya yang rata terdapat enam sampai sepuluh biji. Buahnya bisa dimakan ketika sudah empuk.

Beberapa jenis dari bunga nasi-nasi ini juga memiliki bunga berwarna putih.

Tanaman bunga nasi-nasi ini biasa dijadikan tanaman hias karena bentuk bunganya yang unik. Namun di kawasan Asia Tenggara, tanaman bunga nasi-nasi ini pun biasa dijadikan pewarna makanan alami. Di Malaysia biasanya digunakan dalam masakan kuih ketan dan nasi kerabu. Tidak hanya di Malaysia, di Thailand sebuah minuman pun menggunakan tanaman buah nasi-nasi sebagai pewarnanya.

Kuncup bunga nasi-nasi dapat memberikan warna biru alami pada makanan, contohnya pada nasi kerabu.

Dalam obat tradisional Ayurvedic, tanaman bunga nasi-nasi dianggap memiliki beberapa manfaat. Beberapa manfaat tersebut adalah meningkatkan daya ingat; sebagai antistress, antidepresan; menenangkan pikiran; obat pereda nyeri. Sedangkan dalam pengobatan Cina, tanaman ini dipercaya mampu merawat kesehatan organ reproduksi wanita.

Bunga nasi-nasi telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Kembangnya biasa dibuat teh yang berfungsi sebagai minuman antistress.

Itulah beberapa hal mengenai tanaman nasi-nasi yang konon berasal dari tanah Nusantara. Apakah Anda pernah melihatnya atau bahkan pernah mencobanya? Kami juga menyediakan benih bunga nasi-nasi di sini yang bisa Anda tanam di rumah. Semoga informasi mengenai tanaman bunga nasi-nasi ini bermanfaat bagi Anda.