Papyrus Si Alang-alang Air

Papyrus adalah sejenis tanaman air yang daunnya mirip rambut terjurai.

Cyperus papyrus adalah sebuah spesies dari tanaman air yang berbunga termasuk ke dalam famili Cyperaceae. Tanaman ini adalah tanaman yang lunak. Papyrus berasal dari Afrika, tumbuh di rawa berair dangkal.

Papyrus memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya oleh manusia. Sejarah yang terpenting adalah penggunaannya sebagai kertas. Salah satu dari beberapa jenis kertas yang pertama kali dibuat di muka bumi.

Orang-orang Mesir menggunakan tanaman ini untuk banyak hal, salah satu yang terkenal adalah dibuat kertas papyrus.
Kertas papyrus adalah salah satu dari beberapa jenis kertas yang pertama kali dibuat di muka bumi.

Beberapa bagian dari tanaman ini bisa dimakan. Batangnya yang sangat ringan dan mampu mengambang di permukaan air sering dijadikan bahan untuk membuat perahu. Saat ini, papyrus sering dibudidayakan untuk dijadikan ornamen.

Di alam liar, papyrus tumbuh di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini memenuhi bibir danau di sepanjang Afrika, Madagaskar, dan negara-negara Mediterranean.

Tanaman ini tumbuh tegap sepanjang empat sampai lima meter. Papyrus tumbuh merumput dengan rimbun. Akarnya berkayu. Tandan bunganya berwarna coklat kehijauan. Biasanya terlihat di saat senja. Papyrus biasanya terlihat tidak berdaun karena ia menggugurkan daunnya, bukan karena tanaman ini tidak berdaun.

Saat ini Cyperus papyrus biasa digunakan sebagai dekorasi. Beberapa jenis tanaman yang berasal dari genus Cyperus masih digunakan oleh orang-orang Mesir dalam banyak hal. Salah satunya adalah dijadikan kalung sebagai ucapan terima kasih pada dewa. Intisari dari bunga mudanya biasa dimakan langsung atau pun diolah sebagai masakan. Akar kayunya biasanya dijadikan mangkuk atau perkakas lain atau dijadikan bahan bakar. Batangnya bisa dijadikan layar, keset, sandal, tali, dan kain. Di zaman mesir kuno, papyrus pun sering kali dijadikan ember, sendal, selimut, obat-obatan, dupa, dan perahu.

Di zaman mesir kuno, papyrus dimanfaatkan dalam banyak hal, salah satunya adalah dibuat perahu.

Bunga dari tanaman papyrus ini merupakan tempat yang ideal untuk dijadikan sarang oleh burung-burung liar. Penyerbukan bunganya dilakukan oleh angin bukan oleh serangga. Buahnya yang sudah jatuh, biasanya disebarkan oleh air yang mengalir di bawahnya.

Papyrus adalah tanaman yang mudah tumbuh dari biji. Setelah ditanam, biasanya papyrus akan tumbuh dengan sangat cepat.

Untuk informasi mengenai produk tanaman air, silahkan cek disini.