Parsley atau Peterseli dan Manfaatnya

Jika Anda sering makan pizza atau spaghetti di restoran Italian Food favorit Anda (atau mungkin homemade?), Anda pasti tahu atau setidaknya pernah menyicipi parsley.

Parsley adalah tanaman herba dengan tinggi rata-rata 10 sampai dengan 30 cm yang terkenal sebagai herba untuk garnish (penghias menu makanan) atau sebagai bumbu masak. Di Indonesia tanaman ini dikenal juga sebagai daun peterseli. Parsley atau peterseli merupakan keluarga dekat jenis wortel maupun seledri. Daunnya berwarna hijau dan juga berbau segar.

herba-parsley

Dengan nama ilmiah Petroselinum crispum, daun ini dikenal sebagai garnish kaya nutrisi/gizi, apalagi dengan kandungan zat besi-nya yang sangat tinggi.

Meskipun fungsi utamanya untuk saat ini adalah sebagai garnish dalam makanan, parsley sudah digunakan untuk berbagai keperluan beratus tahun lalu, salah satunya adalah menghilangkan bau mulut (disamping menghilangkan bau amis daging dalam masakan, tentunya). Tercatat dalam sejarah bangsa Yunani, parsley digunakan untuk menghilangkan bau jasad yang membusuk sewaktu masa perang.

Selain menghilangkan bau mulut dan mengandung zat besi yang tinggi, daun parsley kaya akan klorofil, antioksidan tinggi, kalium, asam folat, asam amino dan kalium, serta vitamin-vitamin yang penting bagi tumbuh seperti vitamin A dan C. Daunnya juga berkhasiat sebagai pereda nyeri pada saat haid, mengurangi tekanan darah tinggi (masih keluarga dekat dengan seledri yang sama fungsinya), meredakan kembung pada perut/lambung (baik untuk penderita maag), menghilangkan nyeri tulang pada rematik, serta gangguan-gangguan pencernaan. Untuk alasan-alasan inilah tanaman ini sering dibudidayakan dan daunnya dikeringkan untuk dicampur dengan makanan. Parsley kering cukup terkenal sebagai bumbu yang sering dicari dan populer di Indonesia.

Peterseli berasal dari negara-negara Eropa, khususnya tumbuh subur di Mediterania Timur. Di Turki digunakan sebagai tanaman pencegah atau mengobati penyakit diabetes. Parsley juga sering diseduh sebagai teh untuk keperluan diuretik (atau dalam istilah awam merangsang produksi air kencing/urin untuk tujuan tertentu).

Tanaman Parsley yang flat dan keriting (curly).
Tanaman Parsley yang flat dan keriting (curly).

Daun parsley ada dua jenis berdasarkan bentuk daunnya, yaitu parsley flat dan parsley keriting atau curly. Kami menyediakan aneka bibit tanaman di bibit bunga.com silahkan kunjungi link tersebut.