Rosary Pea: Tanaman Eksotis nan Beracun

biji-rosary-pea

Rosary pea (Abrus precatorius) dikenal dengan nama populer Jequirity Bean dan crab’s eye (mata kepiting, karena bijinya sangat mirip dengan mata kepiting). Selain itu dikenal juga dengan nama John Crow Bead, Indian licorice, Akar Saga, gidee gidee, prayer bead, atau di Trinidad dan Tobato disebut Jumbie bead. Aslinya berasal dari India, beberapa orang menyebut asalnya dari Florida dan Caribbean.

rosary-pea

Mungkin Anda heran, kok namanya banyak yang kata ‘bead’ ya? Bead sendiri dalam Bahasa Inggris berarti manik-manik. Disebut John Crow Bead (manik-manik John Crow) atau Jumbie bead (manik-manik Jumbie) memang karena bijinya sangat atraktif, indah terlihat seperti manik-manik. Coraknya seperti mata kepiting (karena itu dinamakan crab’s eye). Selain bijinya, pohonnya pun juga unik dan menarik. Mengenai pohonnya, silahkan baca selengkapnya disini!

bunga-rosary-pea

Tanaman ini sangat terkenal dengan bijinya yang fenomenal karena 2 hal:

  1. Bijinya BERACUN (Toxic karena ada kandungan abrin)
  2. Bijinya digunakan di perhiasan (jewelry)

Bijinya indah sehingga sangat terkenal di dunia menjadi bahan untuk aneka perhiasan. Namun bijinya juga sangat beracun karena mengandung Abrin. Bahkan jika Anda cek di google, mengetik kata rosary pea sendiri akan terkait dengan pencarian-pencarian seperti rosary pea poisoning, rosary pea poisonous plant, deadly plant, dan sebagainya. Ini membuktikan biji tanaman ini sangat tidak dapat dianggap remeh, karena sangat beracun. Tidak sedikiti jeweler (pembuat perhiasan) yang meninggal dunia hanya karena mengebor biji rosary pea untuk dibuat manik-manik pada perhiasan.

Sejarah mencatat, pada tahun 2012 Bulan Maret, Eden Project (salah satu vendor penjual perhiasan yang ternama) melakukan recall atas perhiasan gelang (bracelet) yang dibuat dengan menggunakan jequirity bean ini. Baca artikel beritanya disini.

Gelang Rosary Pea
Produk EDEN PROJECT yang ditarik kembali karena menggunakan bahan utama yang beracun, yaitu rosary pea.

Abrin, racun yang terkandung dalam biji rosary pea, memberikan efek keracunan yang mirip dengan racun ricin (ricin merupakan salah satu racun ampuh untuk membunuh secara pelan-pelan dalam serial TV Breaking Bad).

Gejala keracunan abrin: pusing, muntah, gagal liver, kematian. Menghirup debu dari biji rosary pea atau masuk lewat luka iris, dapat menjadi sangat fatal.

Link yang mungkin berguna untuk referensi: halaman Wikipedia tentang Abrus precatorius.

Untuk melihat aneka tanaman rosary pea Anda bisa klik disini.