Tanaman Daun Yang Bisa Dijadikan Obat

Sejak dahulu pengobatan terhadap suatu penyakit memang dilakukan dengan memanfaatkan hasil alam. Dimana orang zaman dahulu lebih memilih menggunakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung khasiat tersendiri. Yaitu daun-daun alami yang berasal dari tumbuhan di sekitar rumah dan ternyata memiliki kandungan dan khasiat yang bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit tertentu.

Pada zaman dahulu memang belum ditemukan ilmu kedokteran seperti saat ini. Namun hanya dengan mengkonsumsi tanaman tersebut, orang-orang yang sakit juga bisa sembuh dari sakitnya. Nah, hal tersebut seakan-akan telah menjadi warisan turun temurun yang sampai saat ini masih dipercaya dan memang membuahkan hasil dengan mengkonsumsi obat herbal dapat menyembuhkan penyakit. Indonesia memang memiliki alam yang begitu banyak kekayaan tumbuhannya. Sehingga banyak sekali dikenal tanaman yang bisa dijadikan obat. Mulai dari bagian akar, batang, buah, biji, hingga daun memiliki khasiat tersendiri bagi setiap penyakit. Berikut ini kami sajikan obat herbal daun-daunan yang memiliki khasiat yang tidak diragukan lagi.

Daun-daunan Yang Memiliki Khasiat Sebagai Obat

Daun Jintan

daun-jintan

Daun jintan atau jinten memiliki ciri daun yang berwarna hijau muda dengan terdapat bulu-bulu halus pada daunnya yang sedikit tebal. Daun jinten ini merupakan golongan tanaman semak semusim yang daunnya mudah patah. Bagian tepi daun beringgit panjang dengan ukuran 6 – 7 cm dan lebarnya 5 hingga 6 cm. Di beberapa daerah jintan ini juga dikatakan sebagai daun ajiran, daun kambing, dan kutu etu. Sedangkan nama latinnya adalah Coleus ambinicus. Daun jinten ini berkhasiat dalam mengobati sariawan, batuk perut mulas dan juga sakit gigi. Pasalnya dalam daun jinten ini terkandung minyak atsiri, saponin, flavonoid dan polifenol. Daun jinten ini dapat dijadikan obat hanya dengan mengunyah 7 daun jinten secara perlahan dan ditelan, namun daun jinten tersebut telah dicuci bersih terlebih dahulu.

Daun Katuk

Daun-katuk

Tanaman daun katuk memang identik dengan ibu menyusui, pasalnya daun ini memang memiliki manfaat melancarkan ASI. Namun masih banyak khasiat lainnya dari daun yang memiliki nama lain kareur dan simani diantaranya adalah dapat mengobati demam, bisul dan juga borok. Ciri-ciri daun katuk ini memiliki tinggi pohon sekitar 2- 5 meter. Sedangkan daunnya tergolong daun majemuk pangkalnya tumpul dan tepinya rata. Dalam daun katuk ini terdapat kandungan saponin, tannin dan flavonoid. Daun katuk yang mempunyai nama latin Sauropus androgynous, diolah menjadi sayur untuk mendapatkan ASI yang lancar.

Daun Meniran

daun-daun-meniran

Daun meniran yang memiliki nama latin Phyllanthus niruri ini memiliki ciri tumbuhan yang memiliki habitat di tempat lembab dan berbatu. Biasanya tumbuk dengan tegak dengan ketinggian 50 cm, dimana bagian daunnya tergolong daun majemuk berseling dengan warna daun hijau tua. Dalam daun meniran ini terkandung Filatin, damar, tannin, kalim dan mineral, sehingga berkhasiat dalam mengobati penyakit kuning, peluruh air seni, malaria, demam, epilesi, dan menambah nafsu makan. Untuk mengobati beberapa penyakit tersebut, Anda bisa merebus 7 batang meniran lengkap yang telah dicuci. Sebelum direbus, meniran tersebut telah ditumbuk halus terlebih dahulu. Meniran yang halus tersebut bisa direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Kemudian air yang telah disaring, bisa diminum sebanyak dua kali sehari.

Daun Selasih

Daun-selasih

Sebagian masyarakat di Indonesia menyebut daun selasih ini sebagai daun Telasih, ataupun solanis. Ciri utama dari daun ini adalah memiliki aroma yang harum dan segar. Tak heran jika selasih termasuk sebagai salah satu tanaman penghasil bahan dasar parfum dan kosmetik. Tumbuhan yang tergolong terna semusim ini memiliki ketinggian sekitar 0,5 hingga 0.8 m. Daun telasih ini memiliki permukaan daun yang berambut halus dengan tulang daun yang menyirip. Ukuran daunnya pun terbilang sedang ataupun kecil, hanya dengan ukuran panjang 4 – 7 cm dan lebar 1 – 2 cm. nama latinnya Ocimum Basilicum ini bisa mengatasi demam dan sakit kepala, selain itu juga bisa mengobati haid yang tidak lancar, melancarkan asi, obat nyeri lambung dan juga obat rematik. Daun selasih ini memiliki kandungan alpha pinene, linalool, geraniol, eugenil, minyak atsiri yang bermanfaat dalam penyembuhan penyakit di atas. Untuk mendapatkan khasiatnya, 15 gram daun selasih ini dicuci bersih kemudian direbus dan diminum air rebusannya.

Daun Tempuyung

DAUN-TEMPUYUNG

Daun tempuyung yang memiliki nama latin Sonchus arvensis ini berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal dan melancarkan proses buang air kecil. Tanaman ini bisa didapatkan dengan mudah, dimana ciri-cirinya adalah tanaman yang tingginya diantara 1 hingga 2 meter. Jenis daunnya adalah daun tunggal yang melingkar membentuk roset. Sedangkan bentuk daunnya adalah lonjong dan lanjet, pada bagian tepinya rata dengan ujung yang runcing serta pangkal beroreh. Daun tempuyung ini memiliki warna daun yang hijau cerah dengan ukuran panjang 5-50 cm dan lebar 5-10 cm.

Dalam daun tempuyung ini mengandung kalium, alfa lactucerol, manitol, silica, flavonoid dan tarak sasterol. Untuk mendapatkan khasiatnya, tentunya Anda perlu mengkonsumsi daun tempuyung ini. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum air rebusannya. Langkah pertama adalah menyiapkan 3 daun tempuyung yang segar selanjutnya dicuci dengan bersih. Rebus 3 lembar daun tempuyung tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa hanya separuhnya saja. Tunggu air rebusan sedikit dingin dan diminum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Nah, itulah beberapa daun-daun alami yang dapat dikatakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Keberadaan daun-daun tersebut mempunyai peran penting sebagai obat herbal, pasalnya daun tersebut tidak terkandung bahan kimia ataupun efek samping.

Kami juga memiliki berbagai macam tanaman obat lainnya disini.