Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

Gambar diatas menunjukkan beberapa jenis tanaman hias indoor yang mudah perawatannya, cocok bagi pemula.
Gambar diatas menunjukkan beberapa jenis tanaman hias indoor yang mudah perawatannya, cocok bagi pemula.

Tanaman hias seringkali menghiasi pekarangan rumah yang secara otomatis memberikan kesan lebih indah bagi tampilan luar rumah Anda. Nah, bagaimana dengan tampilan dalam rumah Anda? Tanaman hias yang hakekatnya berfungsi untuk memperindah sebenarnya juga memiliki fungsi lain yaitu dapat menyehatkan udara, dan hal itu berdampak pada kesehatan tubuh. Manfaatnya ini membuatnya juga ideal jika disimpan di dalam ruangan. Hal ini terjadi karena tanaman hidup menghasilkan oksigen yang bersih sehingga manusia yang menghirupnya akan merasa segar, tidak pengap dan sejuk. Di toko online bibitbunga.com ini kami telah membuatkan kategori khusus untuk produk tanaman dalam ruangan atau sering disebut tanaman indoor, kalau di luar negeri disebut houseplants. Namun mungkin ada beberapa dari Anda yang suka membaca deskripsi pengantar terlebih dahlu, silakan disimak pada pembahasan di bawah ini oleh tim kami.

Berikut adalah beberapa alasan ruangan dalam atau indoor perlu diberikan tanaman hias serta rekomendasi tanaman hias yang bagus untuk beberapa ruangan seperti di dalam rumah, kamar tidur, kamar mandi ataupun kantor:

Home sweet home, sebuah istilah sederhana yang digunakan untuk menggambarkan perasaan nyaman dan betah ketika berada dalam rumah sendiri. Bagaikan di dalam istana buatan sendiri. Betah tidaknya seseorang di dalam rumah bukan dilihat dari ukurannya, namun biasanya di nilai dari segi kenyamanannya. Rumah yang bersih, sejuk dan segar identik dengan rasa nyaman dan akan mempengaruhi mood baik orang yang menempatinya, sebaliknya, rumah yang kotor, sesak dan pengap juga biasanya akan memicu mood yang buruk bagi pemiliknya.

Nyaman tidaknya rumah juga dipengaruhi oleh tata ruangan yang minimalis namun menarik. Sebenarnya ada banyak cara untuk memiliki rumah yang minimalis dan menarik, namun sepertinya biaya untuk memperolehnya terbilang mahal, karena harus didukung oleh pemilihan furniture rumah tangga modern atau mengecat dinding rumah agar dengan cat yang sejuk di mata. Namun hal itu pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Salah satu cara yang patut dicoba adalah dengan mengaplikasikan tanaman hias hidup sebagai ornamen-ornamen penghias ruangan yang sekaligus menyehatkan.

Jika rumah adalah istana, maka kamar adalah singgasananya. Karena kamar adalah satu-satunya ruangan bersantai dimana kita bisa merasa seperti seorang raja. Tempat peristirahatan untuk mengembalikan energi tubuh yang habis ketika beraktifitas seharian, tempat melepas kasih sayang bagi pasangan suami istri juga tempat belajar paling afdol. Jika keadaan kamar amburadul berantakan dan pengap, tentu rasa tidak betah kerap melanda. Maka dari itu, dibutuhkan sesuatu untuk membuat tampilan kamar menjadi lebih segar, sejuk dan indah dengan penggunaan tanaman hias.

Kemudian di kantor. Perkantoran identik dengan suasana yang monoton. Hal ini dikarenakan aktifitas di kantor yang aktif dan padat, membuat orang-orang yang bekerja merasa mudah lelah, atau bahkan stres. Maka dari itu diperlukan tanaman hias hijau untuk merileksasi saraf-saraf karyawan yang menegang.

Bahkan di dalam kamar mandi sekalipun yang diberikan tanaman hias, maka kesan natural akan memberi daya tarik tersendiri dan menambah kesan natural. Sungguh kamar mandi idaman… Dipastikan Anda akan rajin mandi setiap hari karena betah berlama-lama di kamar mandi, hehehe…

Berikut beberapa opsi tentang tanaman-tanaman hias yang bagus digunakan di dalam ruangan untuk membersihkan udara:

  • Snake Plant atau Lidah Mertua
    Lidah mertua merupakan sebutan untuk semua tanaman dari genus sansevieria. Selain namanya yang unik, tanaman lidah mertua juga memiliki manfaat yang sangat bagus yaitu menghilangkan dan meresap racun pada udara. Daunnya tumbuh tegak menjulang dengan tekstur keras tidak berduri dan berbentuk seperti lidah. Ujung daunnya berwarna hijau keputihan dan di tengah berwarna hijau tua. Tanaman ini ampuh menyerap racun dan menyegarkan ruangan pada udara ketika sampai 100 m3.
    Jadi tanaman lidah mertua akan sangat cocok jika ditempatkan pada sisi ruang tamu atau ruang kelaurag berukuran besar. Bisa juga ditempatkan di ruang kantor untuk memberi kesan hijau dan sejuk.
Lidah mertua
Ruang keluarga atau ruang tamu akan terasa lebih sejuk jika diberi sentuhan hijau seperti peletakan Lidah mertua di sudut ruangannya.
  • Sirih Gading (Devil’s Ivy atau Golden Pothos)
    Sirih jenis ini memiliki corak warna gading yang menarik, di luar negeri disebut devil’s ivy atau pothos. Sangat cantik ketika ditanam pada pot gantung di dalam ruangan rumah karena daunnya yang merambat akan menjuntai ke bawah. Tanaman ini juga sempurna jika digantung di dinding rumah atau disimpan di sisi jendela kamar. Selain itu, juga bisa diletakkan pada kamar mandi dengan pot bentuk yang transparan. Daunnya yang indah mampu membersihkan udara dengan cara menyerap racun-racun dari berbagai macam polutan di udara. Ada dua (2) jenis sirih gading yang kami tawarkan di bibitbunga.com, yaitu sirih gading hijau dan sirih gading kuning.
Sirih gading
Daun sirih gading yang merambat akan terlihat lebih menarik  jika di letakkan pada meja atau buffet yang tinggi sehingga terlihat menjuntai dengan indah.
  • Lidah Buaya atau Aloe vera
    Tanaman penyubur rambut ini ternyata mampu membunuh zat-zat kimia berbahaya pada udara, seperti benzena dan formaldehida. Tanaman lidah buaya yang ditanam dalam pot mini dan masih berukuran kecil cocok di simpan di dalam kamar tidur atau kamar mandi. Selain memperindah dekorasi ruangan, juga memberi kesejukan dan kesegaran bagi pengguna ruangan tersebut. Sementara itu, lidah buaya yang sudah berukuran besar, bisa disimpan dalam ruangan yang berukuran lebih besar lagi, seperti ruang tamu rumah Anda.
aloe vera
Lidah buaya yang berukuran kecil bisa diletakkan di atas meja kerja, dijejer pada jendela kamar tidur atau kamar mandi.
  • Aglonema atau Sri Rejeki
    Aglaonema merupakan genus tanaman hias daun yang sangat terkenal di Indonesia dengan nama lokal bunga sri rejeki. Poin utama tanaman ini terletak pada corak daunnya yang menawan. Tumbuh tegak dengan daun lebar di dominasi warna putih dan corak-corak hijau menyebar di permukaannya. Tanaman ini paling populer di ruangan-ruangan kantor atau perhotelan karena dapat bertahan lama di dalam ruangan ber-AC. Selain indah, tanaman ini juga mampu menyerap benzena dan formaldehida yang membandel di udara.
Aglonema
Aglonema putih yang sudah tumbuh besar bisa dijadikan alternatif sebagai tanaman penghias perkantoran.
  • Garber Daisy
    Bunga daisy garber atau gerbera daisy ini memiliki warna-warni yang ceria. Sangat ideal jika diletakkan pada kamar mandi atau kamar tidur karena memberikan kesan warna-warni yang hidup, segar dan indah. Membuat orang betah berlama-lama di ruangan tersebut karena kecantikan bunganya yang begitu menarik perhatian. Hanya saja yang ini cocok untuk dekorasi bunga potong saja, karena pasalnya bunga daisy kurang cocok tumbuh di dalam ruangan, membutuhkan sinar matahari langsung atau cukup banyak.
Garber Daisy merupakan bunga potong populer yang bisa dijadikan media dekorasi dalam ruangan.
Garber Daisy merupakan bunga potong populer yang bisa dijadikan media dekorasi dalam ruangan.
  • Palem-Paleman
    Hamir semua jenis tanaman palem dapat dan sangat cocok diletakkan di dalam rumah ataupun di perkantoran karena ukurannya yang dapat tumbuh tegak dan besar da    pat menyerap polutan yang menempel pada furnitire rumah tangga atau barang-barang perkantoran lainnya. Untuk penempatan di dalam rumah, bisa Anda letakkan pada ruang keluarga dimana Anda menghabiskan banyak waktu bersama keluarga tercinta. Dan untuk penempatan dikantor, bisa Anda letakkan pada meeting room atau juga pada waiting room.
Palem bambu
Untuk ukuran ruang tamu yang besar, palem bambi bisa digunakan sebagai ornamen hidup penghias ruangan. Karena bentuknya yang besar,  bisa juga diletakkan pada lobby kantor.
  • Peace Lily (Spathiphyllum)
    Bunga putih bersih seperti kuncup tulip ini tumbuh tegap dengan daunnya yang hijau pekat. Tanaman hias ini ideal jika disimpan pada sisi jendela kamar tidur yang akan memberikan asupan oksigen segar, membangun mood yang baik ditiap paginya dan memberikan sentuhan lembut dan nyaman di kamar Anda. Untuk produk peace lily sendiri kami menyediakan dua (2) jenis: yang biasa (non variegata) dan yang variegata.
peace liliy
Ruangan rumah akan terasa lebih sejuk dengan peletakan bunga Peace liliy di dalamnya.
  • Heart-Leaf Philodendron
    Tanaman ini memiiki bentuk daun yang hampir sama dengan daun sirih. Berbentuk hati atau jantung dengan pertumbuhan yang juga merambat. Daunnya beracun karena daya serapnya yang tinggi terhadap polutan-polutan di udara. Cocok ditanam di pot gantung dan di simpan sebagi penghias dinding rumah. Bisa juga dibalkon kamar atau dijendela kamar dengan membiarkan daunnya merambat ke sisi jendela. Selain heart-leaf philodendron Anda juga bisa kok memilih jenis philodendron lainnya 🙂
Heart leaf philodendron
Tanaman Heart leaf philodendron yang indah bisa diletakkan di kamar mandi untuk menyerap racun-racun atau polutan yang membandel.
  • Dragon Tree
    Dragon tree merupakan species dari genus tanaman hias daun dracaena. Tumbuh tinggi dengan batang yang keras dan daun yang panjang-panjang berwarna hijau tua. Tanaman semak ini mampu tumbuh tinggi sehingga cocok diletakkan di sudut rumah ataupun kantor. Kemampuannya menyerap racun pada udara yang disebabkan oleh bensin, pernis dan tak tidak diragukan lagi.
dragon tree
Sudut ruangan tunggu kantor atau ruang tamu bisa dijadikan posisi yang tepat untuk meletakkan tanaman pembersih udara ini.
  • Bunga Krisan
    Bunga yang lebih dikenal dengan nama bunga seruni ini tidak hanya memiliki bentuk bunga yang indah, namun juga beraroma wangi.Sangat bagus jika diletakkan pada kamar karena aromanya akan merebak akan membuat Anda rileks dan tidur dengan nyaman, bisa juga diletakkan pada meja kantor Anda agar udara yang dihirup dapat menghilangkan rasa stres akibat pekerjaan yang menumpuk. Sama seperti gerbera daisy tadi, tanamannya tidak hidup dalam ruangan, cocoknya diluar ruangan tapi jangan sampai melewatkan sensasi bunga potong krisan untuk hiasan indoor yang bagus. Silahkan lihat koleksi bunga-bunga krisan yang kami sediakan di toko online kami di sini!
Bunga krisan yang ditata pada wadah yang cantik bisa diletakkan pada sisi jendela kamar tidur atau kamar mandi.
Bunga krisan yang ditata pada wadah yang cantik bisa diletakkan pada sisi jendela kamar tidur atau kamar mandi.
  • Spider Plant
    Dijuluki spider plant karena daunnya yang panjang-panjang tumbuh seperti kaki-kaki laba-laba. Tanamannya seperti beranak pinak sehingga di luar negeri disebut chicken and hens plant. Warnanya hampir sama dengan daun snake plant atau lidah mertua, namun tekstur daun dari spider plant ini tidak terlalu keras sehingga daunnya yang sudah panjang akan terjatuh lemas ke bawah seperti kaki laba-laba. Tanaman spider plant memiliki daya serap yang tinggi terhadap racun-racun di udara sebanyak 90% hanya dalam waktu 2 hari.Jadi, cobalah simpan pada ruangan rumah Anda seperti ruang tamu, ruang keluarga ataupun kamar tidur. Bentuknya yang indah juga kemampuannya yang luar biasa membuat tanaman ini sangat populer dijadikan tanaman pembersih udara dalam ruangan.
spider plant
Ruangan rumah yang penuh dengan furniture atau benda-benda mati, akan lebih hidup jika diberi sentuhan dari tanaman hias seperti Spider Plant.
  • Pakis Boston
    Pakis boston mampu membersihkan dan melembabkan udara. Hal ini membuatnya sangat cocok jika diletakkan di dalam kamar agar ketika tidur, kulit Anda akan tidak akan kering. Selain itu, juga bisa diletekkan pada kamar mandi karena pada dasarnya pakis boston menyukai daerah yang agak lembab.
pakis boston
Pakis boston yang berukuran kecil, ditanam pada wadah kecil, akan terlihat mungil jika berada pada meja buffet kamar Anda.
  • Kaktus bunga
    Kaktus bunga dengan macam-macam bentuk yang ditanam di pot-pot kecil akan terlihat begitu mungil dan menggemaskan.Cocok diletakkan di dalam kamar mandi untuk mempercantik interiornya, juga diletakkan pada meja belajar di dalam kamar tidur. Selain membersihkan udara, juga akan membuat mood lebih baik dan stabil. Aneka macam kaktus kami sediakan di bibitbunga.com, baik yang berbunga maupun tidak berbunga.
kaktus bunga
Kaktus bunga yang dikombinasikan dengan wadah atau pot-pot yang lucu bisa menjadi daya tarik lebih jika diletakkan di dalam kamar tidur, kamar mandi, atau bahkan pada meja kerja.

Itulah beberapa tanaman anti polutan yang dapat diletakkan di dalam ruangan. Rata-rata tanaman yang kami sebutkan diatas (kecuali gerbera daisy dan krisan) dapat tumbuh dengan sempurna di dalam ruangan karena hanya membutuhkan sedikit asupan air dan dapat bertahan lama di dalam ruangan tanpa sinar matahari. Semuanya dapat dijadikan alternatif untuk membuat rumah dan kantor Anda lebih asri, indah, sejuk dan yang paling utama membuat Anda tumbuh dan hidup dalam lingkungan yang sehat. Ada banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan alternatif pilihan tanaman indoor, akan kami bahas di lain kesempatan, tentunya jika Anda menyukai artikel ini.

Mari yuk lihat juga jenis-jenis produk dari bibit tanaman hias indoor lainnya disini.