Tips Memilih Bibit Bunga yang Cocok Bagi Pemula

Anda pemula dalam menanam bibit bunga atau tanaman lain seperti buah dan sayuran? Bagus, karena kalau begitu Anda sama dengan saya, sama-sama belajar dalam hal berkebun hehe..

Berkebun adalah hobi yang positif, dapat membuat kita melupakan kepenatan dan problema hidup sehari-hari serta juga dapat menurunkan tingkat stres, bahkan di negara-negara Barat hobi berkebun dinilai sangat positif terutama dalam menurunkan tingkat risiko diabetes. Home gardening, it’s awesome!

Bisa menumbuhkan tanaman yang menghasilkan (entah itu bunga, buah, atau sayur) dari biji amatlah menyenangkan. Dan ya, saya paham betul perasaan Anda ketika pertama kali membuka website ini. Mungkin Anda tertarik sekali dengan keindahan bunga-bunga dalam gambar yang Anda lihat, bahkan mungkin berdecak kagum? hehe.. Ada yang sampai bingung, wah gimana ya cara menanamnya, berhubung saya pemula, bla bla… Ada juga yang menanyakan, cocok tidak ya tanaman ini untuk ditanam di daerah saya yang panas, dll.

Jadi, semuanya terlihat menarik, namun apakah bibitnya sesuai dengan kondisi tempat tinggal Anda, dan juga pengalaman berkebun Anda, terutama apabila Anda masih pemula?

Poin-poin berikut mungkin dapat membantu Anda:

Faktor Alam

Jika Anda hidup di kota-kota dataran rendah yang cuacanya panas, apalagi kering (misalnya Jakarta, Surabaya, dll), maka tentunya tidak semua bunga dapat hidup di daerah Anda. Jenis-jenis yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda pilih:
1. Morning Glory
2. Marigold
3. Zinnia
4. Cosmos
5. Bunga Matahari (Sunflower)
dan aneka macam bunga lainnya (hollyhock, primrose, dll).

Jika berkebun bagi Anda bukanlah hal yang baru, maka Anda bisa menantang diri Anda untuk menanam jenis-jenis bunga berikut:
6. Aster
7. Dahlia
8. Daisy
9. Lavender

Keempat jenis bunga (nomor 6 s/d 9) masih bisa hidup di lingkungan yang bersuhu tinggi (panas), namun pertumbuhannya kurang maksimal menurut saya. Namun, jika Anda berhasil menanam bunga-bunga yang sulit tumbuh di daerah Anda, dengan berbagai cara tertentu misalnya dengan memberikan naungan dan sebagainya, tentunya hal ini dapat menjadi pride tersendiri, bukan? Banyak lho orang-orang di negara Barat sana yang memamerkan pride mereka tersendiri ketika bunga jenis adenium yang asli habitatnya merupakan tanaman gurun (oleh karena itu sering disebut Desert Rose) dapat ditumbuhkan oleh mereka dengan kondisi cuaca yang berbanding terbalik dengan kondisi asal tanaman tersebut (habitatnya).

Bagi Anda yang tinggal di Indonesia dan hidup di dataran tinggi, selamat bagi Anda, semua jenis bunga yang kami jual bibitnya di online store kami ini bisa hidup dengan baik di daerah Anda.

Jenis Morning Glory
Bunga jenis Morning Glory adalah bunga yang sangat kami rekomendasikan. Tidak hanya bisa hidup bagus di cuaca panas dan dataran tinggi, bunga ini juga memiliki ukuran biji yang besar sehingga mudah tumbuh. Sangat direkomendasikan bagi pemula.

Ukuran Biji

Bagi Anda yang masih pemula dalam berkebun, lebih baik mencoba bibit dengan ukuran biji yang lebih besar terlebih dahulu. Alasannya karena ukuran biji yang lebih besar menandakan biji tersebut lebih gampang ditumbuhkan, menurut pendapat saya.

Jadi, ukuran biji bunga menentukan keberhasilan Anda dalam memulai kegiatan berkebun. Bagi pemula sangat direkomendasikan untuk mulai mencoba dengan biji ukuran besar atau minimal ukuran sedang.

Contoh tanaman dengan biji yang kecil adalah tanaman jenis strawberry, primrose, snapdragon, begonia, dan lainnya.

*Note: dari dua poin diatas, Anda bisa melihat bahwa primrose adalah salah satu yang berbiji kecil tapi cuacanya cocok untuk daerah yang panas dan dataran rendah. Bagi Anda yang pemula dan tinggal di daerah seperti ini, menurut saya cukup bijaksana untuk tetap menjauhi bibit jenis ini. Cobalah marigold, zinnia, morning glory, sunflower, dan cosmos yang ukuran bijinya tidak kecil dan cocok untuk kondisi tempat tinggal Anda yang panas 🙂

Tapii… jika Anda sudah terbiasa dan sering berhasil dengan ukuran biji kecil, silahkan tantang lagi kemampuan Anda dengan semua jenis bibit yang kami jual di bibitbunga.com hehehe…

Beberapa waktu yang lalu (tidak hanya beberapa waktu lalu sih, tapi udah dari awal berdirinya bibitbunga.com), saya menerima message dari salah seorang pelanggan setia dari Bekasi. Beliau complain, kok bibit yang beliau pesan, tidak semuanya tumbuh ya? Lily of the valley-nya gak tumbuh, tapi morning glory nya baru satu (1) hari terlihat ada perubahan fisik biji, lalu dua (2) hari sudah berkecambah.

Dan berujunglah ke pertanyaan beliau “Saya sudah berulang kali order dari bibitbunga.com, Zinnia cherry queen saya sudah berbunga, tapi kok ada-ada aja ya bibit yang tidak tumbuh sama sekali? Salah satunya lily valley tadi.”

Well, jika Anda sudah membaca mengenai apa yang saya share diatas, tentunya Anda sudah mengetahui jawabannya. Bibit lily of the valley memang tergolong bibit dengan ukuran biji kecil, bahkan sangat halus. Dan menumbuhkannya akan menjadi pekerjaan yang cukup menantang bagi seorang pemula. Saya sudah jelaskan perihal ukuran biji dll ini ke Bapak dari Bekasi tersebut yang tidak saya sebutkan namanya, semoga aja belum terlambat. Oleh karena itu, postingan ini hadir bagi Anda sebagai tips esensial dalam memilih dan membeli bibit di bibitbunga.com

Kesimpulannya: Pilihlah bibit yang sesuai dengan lingkungan geografis Anda dan pengalaman berkebun Anda. Jika membutuhkan bibit bunga / tanaman yang berkualitas, silahkan kunjungi bibit bunga.com kami menyediakan beraneka bibit dan telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam proses pengiriman.