Umbi Gembili, Alternatif Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes

Gembili menghasilkan umbi yang bisa dikonsumsi layaknya singkong. Umbi gembili bahkan bisa menjadi alternatif pengganti nasi bagi penderita diabetes.

Gembili (Dioscorea esculenta L.) adalah tanaman umbi-umbian yang sudah langka. Walaupun begitu, di pedesaan masih banyak yang menanamnya. Tanaman gembili ini menghasilkan umbi yang dapat dikonsumsi manusia. Sama halnya seperti singkong, umbi gembili biasanya direbus sebelum dimakan. Tekstur umbinya kenyal. Umbi gembili pun mirip dengan umbi gembolo, namun ukurannya lebih kecil. Batang dari tanaman gembili ini agak berduri. Tanamannya merambat ke arah jarum jam.

Gembili memiliki batang yang agak berduri, pertumbuhannya merambat dan berputar mengikuti arah jarum jam.

Dalam seratus gram gembili, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut: Protein 1,5 gr, Lemak 0,1 gr, Energi 95 kkal, Karbohidrat 22,4 gr, Fosfor 49 mg, Zat besi 1 mg, Kalsium 14 mg, dan Vitamin C 4 mg.

Baca juga: Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Umbi gembili dikenal sebagai bahan pangan pengganti nasi karena kemampuannya untuk mengenyangkan perut. Tidak hanya mengenyangkan perut, rasanya pun juga enak. Orang-orang di pedesaan biasanya mengganti nasi mereka dengan olahan dari tanaman gembili ini.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman jenis umbi-umbian termasuk gembili mengandung indeks glikemik tinggi dibandingkan dengan nasi sehingga baik dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi bagi penderita diabetes.

Baca juga: Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Tidak hanya untuk dijadikan nasi, gembili pun nyatanya bisa dijadikan bahan untuk membuat mie, kerupuk, juga kue. Umbi gembili juga bisa diekstrak untuk dijadikan tepung. Tepung dari umbi gembili ini memiliki serat yang halus, jadi mudah dicerna dan tidak menyebabkan penumpukan makanan di dalam perut.

Umbi gembili rebus.

Gembili mengandung zat glucomannan yang bersatu dengan protein yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat. Selain mengurangi kolesterol jahat, zat glucomannan pun ikut meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tanaman gembili (umbi gembili) yang merupakan alternatif pengganti nasi yang menyehatkan. Walaupun begitu, keberadaannya yang kurang diketahui perlu lebih disosialisasikan demi hidup yang lebih sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda 🙂

Lihat di sini produk umbi gembili kami.