Uniknya Penyemaian dan Penanaman Blueberry

Ada yang unik dengan buah blueberry. Benih buah blueberry yang disemai menggunakan tanah yang ‘terlalu subur’ malah tidak merangsang biji blueberry untuk berkecambah. Hal ini tentu sangat berbeda dengan sebagian besar bibit tanaman lainnya. Kok bisa ya? Penasaran? 😀

buah blueberry

Blueberry ternyata menyukai tanah yang ‘tidak subur’ untuk dapat berkecambah. Jika Anda ingin menanam blueberry di rumah, maka ada baiknya untuk mempersiapkan media tanam terlebih dahulu, tentunya yang cocok dengan karakteristik si blueberry ini. Tanah yang digunakan kalau bisa adalah tanah non kompos atau tanah merah. Benih blueberry tidak dapat tumbuh jika disemai pada media tanam (tanah) yang pH nya melebihi 5,5.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak petunjuk tanam berikut ini.

  1. Penyemaian menggunakan pot kecil atau potongan botol. Jangan menggunakan polybag.
  2. Persiapkan media semai dan tanam 3-5 hari sebelum mulai menanam benih.
  3. Media tanam dapat berupa cocopeat, atau tanah non kompos, tanah merah, tanah berpasir.
  4. Pastikan media tanam memiliki pH 4 – 5 (asam). Seperti yang dijelaskan diatas, blueberry tidak dapat tumbuh baik jika media tanam ber-pH >5.5.
  5. Untuk menjaga keasaman tanah dapat melakukan penyiraman dengan menggunakan campuran 1 sdm cuka (vinegar) ditambah 5 liter air, atau dengan menaburkan bubuk kopi diatas media tanam. Tetapi air+cuka akan memberi hasil lebih baik.
  6. Benih strawberry/blueberry/berry jenis lain normalnya membutuhkan waktu 2 minggu untuk berkecambah. Mohon diingat bahwa kecepatan kecambah masing-masing benih berbeda.
  7. Tunggu hingga tinggi tanaman mencapai 10-15cm jika ingin memindahkan ke wadah tanam permanen.
  8. Hanya gunakan pupuk bersulfur tinggi. Jangan gunakan pupuk organik ataupun NPK karena akan menetralkan pH media tanam.

Jangan menanam lebih dari 1 benih pada 1 wadah tanam!!

Oh iya, blueberry adalah tanaman yang sangat peka dan sensitif terhadap unsur atau zat-zat kimia. Alasan tidak menggunakan polybag pada saat bertanam blueberry adalah karena polybag dapat melepaskan zat kimia tertentu yang dapat mengganggu pertumbuhan blueberry. Polybag aman untuk semua jenis tanaman, kecuali blueberry.

Semoga tanaman blueberry Anda tumbuh menawan dan panen buah yang banyak. Bicara soal panen, jika nanti buah blueberry Anda sudah berbuah dan Anda ingin memperbanyak jenis tanaman ini (berhubung buah ini termasuk cukup langka), Anda dapat mengekstrak biji dari buah blueberry untuk kemudian disemai lagi dan diperbanyak. Salah satu sumber yang bagus untuk dipelajari untuk kegiatan mengekstraksi bijinya bisa ditonton pada video berikut:

***Thank You!***

Petunjuk ini dibuat oleh seorang kontributor bibit bunga.com berdasarkan pengalaman berkebun Beliau. Terimakasih atas kontribusi yang sangat berguna ini.

Kami juga menyediakan aneka bibit tanaman buah lainnya silahkan klik disini.