Maaf No Call
082197217948
082197217948
BBM 2B8CB770
BibitBunga.com
Menu

( pcs)
QtyItemBerat (kg)Total
Keranjang belanja Anda kosong.
0 0,00Rp 0
Selesai Belanja

Tanaman Wijaya Kusuma Putih

KategoriWijaya Kusuma
KodeTH13
Di lihat6432 kali
Berat(/pcs)0.205 Kg
Harga Rp 35.000
Habis

Detail Produk Tanaman Wijaya Kusuma Putih

Suka? Beritahu teman!

wijaya-kusuma-putih

Wijaya kusuma merupakan tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga kaktus (Cactaceae) yang berasal dari Amerika bagian wilayah tropis antara lain Venezuela dan Caribia. Umumnya bunga wijaya kusuma hanya mekar di malam hari dan tidak bertahan lama sekitar sehari saja kemudian layu. Jenis ini memiliki bunga berwarna putih. Tanaman pembawa keberuntungan ketika bunganya mekar ada bunga besar dan kecil.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Klad: Angiospermae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Klad: Eudikotil
Ordo: Caryophyllales
Famili: Cactaceae
Genus: Epiphyllum
Spesies: E. anguliger

Nama binomial
Epiphyllum anguliger (Lem.) G.Don

Tanaman tropis ini dapat ditentukan batang, daun, dan bunganya saat berumur dewasa, berbeda dengan kebanyakan keluarga kaktus lainnya. Daun wijaya kusuma berbentuk pipih, berwarna hijau tua, mengilap, permukaan daun licin, memiliki lekukan-lekukan di kedua tepi daun menyerupai bentuk keris jawa.

Batang wijaya kusuma merupakan modifikasi daun yang mengeras dan mengecil, berbentuk silinder dengan tinggi sekitar 2-3 meter. Ukuran panjang daun sekitar 13-15 cm. Bunga muncul dari lekukan-lekukan daun. Bunga wijaya kusuma mengeluarkan aroma wangi yang semerbak.

Buahnya menyerupai buah naga. Buah berbentuk bulat, berwarna merah da mengandung biji berwarna hitam. Perbanyakan tanaman dapat melalui biji atau stek. Sebagai tanaman tropis, bunga wijaya kusuma menyukai daerah dengan intensitas sinar matahari yang cukup namun tidak terlalu panas. Selain di daerah tropis, wijaya kusuma dapat tumbuh pada daerah beriklim sedang. Oleh karena keunikan tanaman ini, bunga wijaya kusuma cocok ditanam sebagai tanaman hias.

Bagian tanaman wijaya kusuma seperti daun dan bunganya ternyata juga bermanfaat sebagai obat tradisional. Beberapa manfaat tanaman ini sebagai terapi pengobatan antara lain untuk penghilang rasa sakit, berperan dalam pembekuan darah, mempercepat penyembuhan luka, menghilangkan jerawat dan bisul, asma, pendarahan, dan lain-lain.

Produk lain Wijaya Kusuma