Tanaman Penyembuh Penyakit Wasir: Hanjuang (Andong)

Wasir yang sering mengganggu kenyamanan dan terkadang menimbulkan rasa sakit, bisa dihindari dan disembuhkan dengan pemanfaatan daun Andong/Hanjuang. Hanya dengan merebusnya dan meminum secara rutin, maka wasir akan hilang tanpa memerlukan operasi. Pada artikel kali ini, akan dibahas tentang tanaman Andong/Hanjuang untuk penyembuhan wasir. Ingin tau lebih jelasnya? Silahkan dibaca yah 🙂

Wasir atau sering disebut dengan ambeien adalah kelainan akibat dari membesarnya pembuluh vena pada bagian rektum (usus besar) di daerah dubur. Secara anatomi, wasir bukanlah sebuah penyakit, namun perubahan bantalan pembuluh darah di dubur yang membesar dan melebar. Umumnya, penyakit wasir tidaklah berbahaya, namun bila tidak segera diatasi akan menjadi makin parah dan menimbulkan nyeri yang cukup mengganggu.

Wasir sangat menganggu
Penderita wasir biasanya akan kesakitan jika duduk terlalu lama. Hal ini tentunya sangat menganggu aktifitas sehari-hari si penderita.

Bila dilihat dari lokasi peradangan pembuluh vena, wasir dibagi menjadi dua jenis, yakni :

1. External hemorrhoids. Biasanya external hemorrhoids menimbulkan rasa yang lebih tidak nyaman dibandingkan dengan internal hermerrhoids. Rasa sakit yang timbul ini diakibatkan oleh kulit di daerah munculnya wasir terkikis atau teriritasi. Pada wasir jenis ini, penderita bisa menderita sakit tiba-tiba yang cukup parah.
2. Internal hemerrhoids. Pada kasus ini, para penderita tidak terlalu menderita sakit ataupun merasa tidak nyaman seperti yang dirasakan pada external hemerrhoids. Namun demikian, biasanya penderita internal hemerrhoids ini akan buang besar dengan disertai pendarahan dari dalam.

Penyebab Penyakit Wasir

Secara umum, wasir memiliki hubungan erat dengan sembelit kronis yang mengharuskan mengejan terlalu keras saat BAB, sehingga berakibat pada membengkaknya pembuluh darah di sekitar anus. Selain beberapa faktor ini, wasir atau ambeien juga bisa terjadi pada orang-orang yang terlalu lama duduk, ibu hamil, juga usia lanjut bisa meningkatkan risiko adanya wasir. Faktor-faktor lain seperti kegemukan, diare berkepanjangan, aktivitas olahraga yang kurang tepat, bahkan faktor keturunan juga bisa menjadi faktor yang cukup berpengaruh dalam terjadinya penyakit ambeien.

Dengan faktor-faktor penyebab wasir yang telah diketahui, maka pencegahan akan terjadinya ambeien bisa dilakukan. Pencegahan wasir dilakukan dengan sesekali berdiri bagi para karyawan yang kerjanya kebanyakan dengan duduk. Hal preventif semacam ini harus dilakukan mengingat penyakit wasir bisa menyerang siapa saja dalam rentang usia berapapun dan baik perempuan maupun laki-laki.

Gejala yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa gejala yang mudah dikenali pada kasus wasir diantaranya adalah :

  • Ada darah yang terkadang menetes dari anus
  • Ada lendir yang keluar bersama dengan kotoran saat buang air besar.
  • Banyak diantara penderita wasir yang merasakan sakit ketika duduk (meski tak semua merasakannya)
  • Pada kasus external hermorrhoids, terdapat benjolan yang halus di sekitar anus. Ukurannya dapat membesar saat penyakit wasir makin memburuk.

Pencegahan yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Terkena Wasir

Selain mencegah wasir dengan cara mengurangi intensitas duduk, ternyata ada banyak pola hidup lain yang harus dilakukan agar wasir tidak mengintai Anda:

  • Olahraga teratur
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi
  • Jangan tunda untuk membuang hajat
  • Duduk di bidang yang empuk (tidak keras)

Namun, bila penyakit wasir sudah menjangkit Anda, ada alternatif penyembuhan dengan menggunakan tumbuhan yang cukup ampuh untuk mengusir wasir yang Anda derita yakni dengan memanfaatkan tanaman Hanjuang atau tanaman Andong.

Tanaman Andong Menjadi Obat Wasir/ Ambeien

Cordyline fruticosa yang biasa dikenal dengan pohon Andong atau pohon Hanjuang merupakan tanaman yang tersebar luas di wilayah mulai dari Asia Tenggara, Australia, Malenesia, Samudera Hindia, hingga Plinesia. Karena persebarannya yang sangat luas ini, maka ia memiliki banyak sekali nama lain, diantaranya : good luck plant, ti plant, cabbage palm, mak pu mak mia, bloddracena, anjiluwang, sawang, ai buru, dan yang lain sebagainya.

Hanjuang merah
Hanjuang merah mempunyai tampilan yang mencolok. Biasanya digunakan sebagai tanaman hias pembatas.

Tanaman Andong termasuk ke dalam jenis tanaman perdu bercabang dengan kemampuan tumbuh hingga 2-4 meter. Rantingnya yang ada bekas daun yang rontok memiliki bentuk menyerupai cincin, daun di ujung ranting berdesakan dengan ujung spiral, memiliki helai daun yang berwarna hijau kemerahan atau hijau muda bergaris dengan pangkal daun berbentuk baji dan ujung daun yang runcing.

Hanjuang atau tanaman Andong memiliki banyak sekali zat yang sebagian besar terkandung di daunnya. Seperti tanin, flavonoid, saponin, steroida, polifenol, kalsium oksalat, zat besi, dan juga polisakarida. Kandungan saponin, steroida, dan polisakarida di dalam pohon Hanjuang menjadikannya bersifat anti bengkak, mendinginkan, anti radang, hemostatik, dan menghilangkan sakit. Daunnya yang digunakan untuk obat memiliki rasa pahit. Selain daunnya, bijinya pun bisa dimanfaatkan sebagai obat anti radang. Kandungannya tersebut menjadikan tanaman ini dapat diandalkan sebagai tanaman obat. Namun dari tampilannya yang cantik sehingga sering juga dijadikan tanaman hias yang menghiasi pekarangan.

Gambar tanaman Andong/Hanjuang yang berwarna hijau.
Gambar tanaman Andong/Hanjuang yang berwarna hijau.

Membuat Ramuan Hanjuang Untuk Mengobati Wasir

Untuk mengobati penyakit wasir yang diderita dan terasa cukup menyiksa, hanya cukup menyediakan Daun Hanjuang untuk dijadikan minuman. Caranya mudah hanya dengan mengkombinasikan daun Hanjuang dan Daun Wungu masing-masing 3 dan 7 helai daun. Jangan lupa siapkan air untuk merebusnya sebanyak tiga gelas saja. Lalu, rebus daun Hanjuang dan Daun Wungu yang telah disiapkan hingga mendidih. Tunggu hingga air rebusan hanya tersisa satu gelas saja. Baru setelah dingin, minum ramuan ini dua kali sehari setiap pagi dan sore. Minum secara rutin selama 14 hari dan wasir yang Anda derita akan segera hilang terobati.

Lihat koleksi tanaman andong yang kami jual disini.