Tanaman Hias dalam Ruangan Rumah yang Cantik dan Bermanfaat

Tanaman hias memang biasanya berada di taman atau halaman rumah. Dengan hadirnya tanaman hias, rumah yang sederhana pun akan menjadi cantik dan indah. Jika selama ini Anda hanya mengenal tanaman penghias yang di tanam di taman, ada juga tanaman hias dalam ruangan rumah. Bagaimana bisa tanaman di tanam di dalam ruangan sementara tumbuhan butuh matahari untuk proses fotosintesis? Tenang, ada beberapa tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Selain sebagai pemanis ruangan, tanaman dalam rumah juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah menyegarkan udara. Beberapa tanaman yang bisa ditanam di dalam ruangan dan juga bermanfaat untuk menetralkan udara akan dijelaskan secara sederhana dalam artikel ini.

Empat Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan Rumah

  • Tanaman Walisongo

tanaman-walisongo

Dilihat dari segi namanya, mungkin agak sedikit aneh tanaman memiliki nama demikian. Tanaman Walisongo ini sebenarnya memiliki nama asli Schefflera. Karena nama aslinya cukup susah dilafalkan, orang Indonesia biasa menyebutnya sebagai tanaman walisongo. Tak ada yang tahu mengapa tanaman ini populer dengan sebutan demikian. Yang jelas, tanaman ini sangat cocok di tanam di dalam ruangan. Ia termasuk tanaman hias dalam ruangan yang cantik. Schefflera sangat gampang dikenali karena ciri-ciri fisiknya yang mencolok. Daun tanaman ini berbentuk oval dengan warna yang sangat mengkilap apabila jika terkena sinar matahari. Tanaman ini sangat kokoh karena tidak mudah berdebu. Selain terlihat kuat, tanaman ini juga mampu menyerap racun berbahaya seperti formaldehida, toluene, dan benzene. Tanaman ini sangat baik diletakkan di area yang sering terkena asap rokok.

  • Anggrek Bulan

anggrek-bulan-dalam-ruangan

Anggrek menjadi tanaman hias yang populer di Indonesia. Tanaman ini banyak sekali jenisnya, bahkan, jumlahnya hampir 6.000 spesies. Beberapa diantaranya termasuk jenis anggrek yang langka. Kali ini, tanaman hias dalam ruangan rumah yang cantik adalah anggrek bulan. Selain dapat dijadikan pemanis ruangan, anggrek bulan juga bermanfaat untuk menyerap zat jahat bernama Xilena. Zat ini biasa ada pada cat dan lem. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok bagi rumah yang baru saja direnovasi atau dibangun. Selain membersihkan udara dari polutan yang dibawa cat atau lem, tanaman indah ini juga dapat menghilangkan stress karena kecantikannya.

  • Massangeana Cane atau Bunga Andong

massangeana-cane

Nama bunga ini memang sangat susah diucapkan oleh masyarakat Indonesia. Massangeana Cane atau yang dikenal masyarakat sebagai bunga Andong sangat cocok ditanam di dalam rumah. Sebagai tanaman hias dalam ruangan, tanaman ini memberikan manfaat untuk menyerap zat formaldehid yang ada di udara. Tanaman yang berasal dari Afrika ini sangat cocok dijadikan dekorasi rumah.

  • Bunga Anthurium

anthurium

Bunga ini tak hanya mampu menetralisir udara saja. Anthurium juga memiliki bunga yang indah ketika mekar. Daunnya yang berwarna sedikit gelap mampu menyerap zat berbahaya dalam udara, seperti ammonia, xilena, formaldehida, dan toluene. Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di sebuah ruangan kerja terutama di dekat laptop, printer atau mesin fotokopi.

Selain empat jenis tanaman yang telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa tanaman hias indoor lainnya yang bisa Anda pilih untuk menghiasi rumah Anda. Artikel ini adalah tulisan lanjutan dari yang pernah dibahas sebelumnya, yaitu tanaman hias pembersih udara dalam ruangan. Untuk informasi lengkap mengenai berbagai macam tanaman hias dalam ruangan, Anda bisa klik disini. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.