Manfaat Bit Merah (Beetroot) bagi Kesehatan Tubuh

b
Bit merah kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral sehingga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bit merah (Beta vulgaris) adalah sejenis sayuran umbi yang memiliki warna merah yang pekat. Tahukah Anda kalau bit merah memiliki banyak manfaat? Bit merah dipercaya bisa digunakan untuk menyembuhkan anemia, masalah pencernaan, wasir, sembelit, kelainan ginjal, ketombe, batu empedu, kanker, dan penyakit jantung. Bit merah juga bisa dikonsumsi untuk memperlancar peredaran darah, merawat kulit, mencegah katarak, dan menyehatkan pernapasan. Semua manfaat tersebut disebabkan kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Bit merah (biasa dikenal dengan beets atau beetroots) sudah dikenal sejak zaman peradaban kuno, sekitar 4.000 tahun yang lalu. Bit merah ditanam di daerah Mediterania. Selanjutnya bit merah menyebar ke Babilonia, hingga ke Cina. Bit merah biasanya dijadikan salad, sup, asinan, dan pewarna makanan yang alami. Bit merah adalah sumber sukrosa yang baik.

b
Bit merah memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut sehingga cocok diolah menjadi jus maupun sup.

Kandungan Bit Merah

Bit merah mengandung vitamin, mineral, karotin, lutein, glisin, betain, fiber, vitamin C, zat besi, fosfor, dan antosianin. Kandungan betain dalam jus bit merah membantu menstimulasi fungsi hati. Bit merah juga rendah kalori dan bebas kolesterol, namun mengandung kadar gula tertinggi dibandingkan sayuran lainnya.

Manfaat Bit Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Bit merah berguna bagi kesehatan jantung. Kandungan fibernya mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menggantikannya dengan kolesterol baik. Mengonsumsi bit merah dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung, misalnya ahterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Kandungan potasium dalam bit merah mampu mengurangi risiko stroke.

Bit merah mengurangi risiko cacat dalam kehamilan dan kelahiran. Kandungan vitamin B dan folat dalam bit merah sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat memperkuat tulang belakang bayi. Kekurangan folat dapat mengakibatkan kelainan syaraf.

b
Bit merah sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat memperkuat tulang belakang bayi sehingga mengurangi resiko cacat saat melahirkan.

Bit dapat digunakan sebagai bahan makanan untuk mencegah kanker. Penelitian membuktikan bit dapat mencegah kanker kulit, paru-paru, dan usus. Kandungan betacianinis dalam bit merah dapat menetralkan / menghentikan pertumbuhan sel kanker. Penelitian di Hungaria menemukan kalau jus bit merah dan bit merah bubuk secara perlahan dapat menghentikan pertumbuhan tumor.

Kandungan vitamin C dalam bit merah mampu mencegah gejala asma. Beta karotin dalam bit merah juga membantu mencegah kanker paru-paru. Oleh karena itu, bit merah bermanfaat bagi kesehatan daerah pernapasan.

Beta karotin adalah sebuah bentuk dari vitamin A yang dipercaya baik untuk mata. Bit merah mengandung beta karotin yang dapat mencegah katarak. Vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

b
Kandungan beta karotin dari vitamin A pada bit merah dapat mencegah katarak.

Bit merah mampu meningkatkan energi seseorang yang mengonsumsinya. Bit merah mengandung karbohidrat yang mempu menambah energi dalam tubuh untuk melakukan aktivitas, termasuk berolahraga.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi bit merah bagi kesehatan. Selain manfaat di atas, bit merah pun ternyata bisa menurunkan demam dan daunnya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Jadi, mulailah menambahkan bit merah ke dalam daftar sayuran di rumah Anda. Jika Anda tertarik untuk menanam bit merah di rumah, maka kami menyediakan berbagai macam benih bit merah, silahkan klik disini. Anda juga bisa membaca ulasan mengenai cara menanam bit merah (beetroot) dari biji.

Semoga informasi ini bermanfaat 🙂