Cara Menanam Money Plant

Money plant merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan kerap dijadikan sebagai water plant. Perawatannya mudah dan bisa tumbuh sepanjang tahun.

Money plant (Epipremnum aureum) terkenal sebagai tanaman rumahan yang ditanam di dalam rumah, terutama dalam air. Banyak orang mempercayai bahwa menanam money plant dapat mendatangkan rezeki, keberuntungan, kesehatan, dan kebahagiaan. Money plant dikenal juga dalam banyak nama seperti hunter’s robe, ivy arum, golden pothos, silver vine, Solomon Islands ivy, devil’s vine, devil’s ivy, dan taro vine.

Money plant (pothos) adalah tanaman memanjat yang selalu tumbuh sepanjang tahun. Tingginya bisa mencapai 20 meter. Mereka bisa tumbuh dengan sangat mudah di tanah maupun di air dalam botol, atau wadah lain. Merawat money plant sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian.

Money plant tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Tanaman ini dibudidayakan dengan cara distek. Sangat sulit untuk ‘membunuh’ tanaman ini, itulah mengapa tanaman ini disebut sebagai tanaman iblis (devil’s vine or ivy). Money plant sangat bisa ditanam di dalam pot di dalam rumah.

Anda yang ingin menanam money plant bisa menanam kapan pun sepanjang tahun. Money plant bisa hidup pada tempat yang terkena sinar matahari langsung, bisa juga pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, seperti di dalam rumah. Namun, jika banyak terkena sinar matahari langsung, daun-daun money plant bisa menguning bahkan terbakar.

Cara Menanam Money Plant

Berikut cara-cara menanam money plant baik di air maupun ditanam langsung di tanah:

Menanam money plant di dalam air

  1. Gunting money plant sepanjang 30 cm.
  2. Gunting bagian atas batang sebesar 45 derajat. Guntinglah di atas ruas atau mata tunas. Sebaiknya ada sekitar dua sampai tiga mata tunas per batang.
    Ilustrasi menggunting tangkai money plant sepanjang 30 cm. Tangkai tersebut siap dimasukkan dalam botol kaca.
  3. Masukkan ke dalam wadah (pot, botol, toples) berisi air bersih.
  4. Pastikan ada satu mata tunas yang berada di dalam air.
  5. Tempatkan botol di dekat sinar matahari.
  6. Akar baru akan tumbuh dalam beberapa minggu.
  7. Gantilah air secara berkala setiap air menjadi keruh. Biasanya seminggu sekali.
  8. Tidak membutuhkan pupuk.
    Mengganti air yang telah keruh seminggu sekali. Selain membuat tanaman lebih sehat, juga memberi tampilan yang bersih.

Menanam money plant di tanah

Cara 1

  1. Tanam money plant yang sudah berakar di dalam botol air ke dalam pot.
  2. Berhati-hatilah saat memindahkan tanaman dari botol ke pot.
Money plant yang sudah berakar di dalam air siap dipindahkan ke dalam pot yang berisi tanah.

Cara 2

  1. Pilih pot berukuran sedang
  2. Isi dengan media tanam yang berdrainase baik
  3. Lubangi media tanam, masukkan batang money plant yang sudah digunting seperti cara menanam di dalam air. Lalu tutup kembali.
  4. Sirami dengan baik saat akar mulai tumbuh agar bisa tumbuh dengan cepat. Biarkan tanah menjadi kering sebelum disiram, sekitar seminggu.
  5. Kelebihan air akan membuat akar busuk, daun kuning dan melengkung.
Tahap menanam money plant dengan menggunting tangkai lalu ditanam pada media tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Secara normal, tanaman ini tidak membutuhkan pupuk. Namun, jika Anda ingin memberinya pupuk, berilah pupuk berbahan dasar cairan nitrat sesekali.

Jika Anda tidak memangkas money plant Anda, tanaman ini bisa tumbuh dengan sangat panjang. Untuk mengatur tinggi money plant Anda, potonglah bagian-bagian yang sudah terlalu tinggi sesuai keinginan Anda.

Buang daun kering atau daun kuning dari tanaman Anda. Begitu pula dengan ranting yang mati untuk menjaga tanaman Anda tetap sehat.

Itulah cara menanam money plant dengan mudah. Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk menanam tanaman ini. Mari yuk, klik disini untuk menemukan jenis tanaman daun lainnya.

Semoga infromasi ini bermanfaat bagi Anda. Happy gardening 🙂