Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merah adalah beras yang tidak mengalami proses penggilingan dan hanya mengalami proses pengelupasan kulit paling luar. Sedangkan beras yang mengalami pengelupasan pada kulitnya akan menghasilkan beras putih. Proses tersebut bisa menghilangkan nilai gizi 67% dari vitamin B3, 80% vitamin B1, 90% vitamin B6, setengah dari mangan, setengah dari fosfor, 60% dari besi, semua serat dan asam lemak esensial.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, beras merah adalah pilihan utama untuk memperoleh asupan makanan sehat.

Perbedaan antara beras merah dan beras putih tidak hanya terletak pada warnanya tapi juga kandungan nutrisinya. Nasi putih yang dihasilkan dari proses penggilingan hanyalah sebuah pati halus yang sebagian besar kehilangan nutrisi aslinya. Setidaknya 11 nutrisi yang hilang tidak dapat diganti dalam bentuk apapun bahkan dengan beras “unggul’ sekalipun.

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Kebanyakan dari kita pasti sudah tahu bahwa beras merah jauh lebih bergizi daripada beras putih. Dan faktanya, nasi putih lebih banyak dikonsumsi sehari-hari di seluruh dunia termasuk Indonesia. Meskipun beras merah membutuhkan waktu memasak yang lebih lama, namun kandungan nutrisi penting seperti vitamin B, fosfor, selenium, mangan, kalium dan magnesiumnya jauh lebih tinggi. Berikut beberapa manfaat penting beras merah bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah kanker usus

Kandungan kadar selenium dan fenol yang tinggi ditemukan dalam beras merah dan dipercaya mampu menurunkan risiko kanker usus besar. Tingginya kandungan serat juga dapat berkontribusi pada usus besar yang sehat dan sistem pencernaan yang baik.

2. Mencegah penyakit jantung

Beras merah mampu mencegah penyakit jantung.

Kandungan magnesium yang terdapat pada beras merah baik untuk jantung. Magnesium merupakan mineral penting untuk mengatur tekanan darah dan mengimbangi natrium dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mengonsumsi beras merah dikaitkan dengan arteri karotid dan tingkat tekanan darah.

3. Mencegah kanker payudara

Serat yang terkandung dalam beras merah diketahui mampu mengurangi risiko terhadap kanker payudara. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology menemukan bahwa lebih dari 35.000 wanita pra-menopause yang mengonsumsi makanan berat dalam jumlah yang banyak menemukan bahwa biji-bijian seperti beras merah secara signifikan melindungi terhadap kanker payudara.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Beras merah mampu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Terdapat pula beberapa penelitian bahwa minyak yang diekstrak dari dedak beras merah mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Beras merah baik dikonsumsi untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan menemukan bahwa wanita yang memasukkan beras merah ke dalam daftar diet mereka sekali sehari selama enam bulan mengalami penurunan berat badan secara signifikan dibandingkan dengan mengonsumsi nasi putih.

Baca juga Khasiat Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan.

6. Mencegah risiko diabetes

Beras merah merupakan pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi beras merah setiap hari mengurangi risiko terserang diabetes sebanyak 60%. Sedangkan di sisi lain, mereka yang mengonsumsi nasi putih meningkatkan peluang terkena diabetes seratus kali lipat.

Makanan dengan kandungan serat tinggi seperti beras merah dikaitkan dengan kadar glukosa darah yang lebih stabil, sehingga dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca juga artikel mengenai Daun Tanaman Obat Diabetes.

7. Menjaga kesehatan tulang

Beras merah merupakan sumber magnesium bersama dengan kalsium dan vitamin D yang diduga menjadi nutrisi kunci yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Sebaliknya, kekurangan nutrisi tersebut dapat mengakibatkan osteoporosis di kemudian hari. Satu cangkir beras merah mengandung sekitar 21% dari kebutuhan magnesium harian Anda.

8. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kandungan mineral dan nutrisi pada beras merah dapat menghasilkan hormon dan asam lemak yang diperlukan untuk sistem saraf agar tetap sehat. Kandungan vitamin B pada beras merah dapat mempercepat proses metabolisme pada otak serta melancarkan fungsi otak dan sistem saraf.

9. Makanan sehat untuk bayi

Kandungan seratnya yang tinggi dapat memastikan kelancaran fungsi usus dan mencegah sembelit pada bayi. Selain itu, beras merah memiliki peluang alergi pada bayi sangat rendah.

Anda dapat membuat bubur beras merah atau sereal untuk bayi.

Itulah beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan. Bagaimana? Apakah Anda akan menambahkan beras merah pada daftar makanan diet Anda?

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang produk kami, Anda bisa lihat pada situs kami di bibitbunga.com.