Arti Bunga Daffodil dan Ciri-Ciri Bunganya

Bunga tidak hanya dapat dinikmati di taman ataupun kebun tempat dimana mereka ditanam. Bunga kerapkali dijadikan media sebagai pengungkap perasaan. Biasanya sang pria lah yang paling banyak memberi bunga kepada wanitanya. Tampilannya yang cantik, warna-warninya yang indah serta aromanya yang harum membuat wanita begitu merasa spesial saat mendapatkan bunga dari orang terkasih. Tak hanya itu, dalam banyak perayaan seperti pesta pernikahan ataupun ulang tahun, bunga sering tampil sebagai pemanis yang mendukung suasana perayaan.

Sebenarnya, setiap bunga mempunyai arti dan makna masing-masing yang hampir tidak diketahui oleh banyak orang. Sepertinya pemberian bunga memang akan terasa lebih afdol jika sesuai dengan kodrat maknanya. Oleh karena itu, baik si pemberi ataupun si penerima bunga ini seharusnya mempunyai pengetahuan akan makna yang terdapat dalam tiap-tiap bunga, hingga saat seseorang memberikannya bunga, Ia dapat mengerti apa maksud dari orang tersebut. Sebaliknya, saat seseorang ingin memberikan memilih bunga untuk diberikan pada orang tertentu, Ia tidak akan salah makna yang tersampaikan.

Pada artikel kali ini, kita akan mengupas makna dari salah satu bunga yang sangat indah, yaitu bunga daffodil. Sudah pernah melihat bunga daffodil? bagi yang belum pernah melihat sama sekali, coba simak gambar di bawah ini.

Tanaman bunga daffodil.
Tanaman bunga daffodil.

Well,, bunga di atas adalah bunga daffodil yang biasa juga disebut bunga narcissus. Bunga daffodil mempunyai 6 kelopak berwarna terang dan mempunyai pusat bunga berbentuk terompet kecil yang menonjol. Pada umumnya, bunga ini banyak ditemukan berwarna kuning menyala, walaupun sebenarnya ada yang berwarna orange, putih, krem, dan pink. Bunga asal Mediterania ini dapat tumbuh setinggi 2 kaki atau setara dengan 60 cm. Bunga ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias dan akan terlihat lebih menarik dalam bentuk buket.

bunga-daffodil-buket

Sebagaimana yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, bunga daffodil dikenal sebagai bunga bulan maret. Secara spesifik, bunga cantik ini memiliki arti terlahir kembali, semangat baru, kehormatan dan penghargaan. Di Cina, bunga ini tumbuh di awal-awal tahun, tepat sekitar tahun baru cina, jadi bunga ini dianggap dapat memberi hoki atau keberuntungan yang melimpah bagi pemiliknya. Maka dijadikanlah bunga ini sebagai simbol tahun baru imlek.

 

 

Bunga daffodil pink.
Bunga daffodil pink.
Bunga daffodil putih.
Bunga daffodil putih.

Selain tampilan bunganya yang cantik, daffodil juga mempunyai aroma yang wangi semerbak. Namun jangan tertipu, si cantik ini ternyata mengandung racun. Racun ini akan bereaksi saat mengkonsumsi bunganya. Seperti yang terjadi pada sejumlah murid di Inggris yang jatuh sakit karena mencampurkan bunga daffodil ke dalam sup saat pelajaran memasak di sekolahnya. Hal yang lebih parah lagi dapat terjadi jika mengkonsumsi tanaman bunga ini secara berlebihan. Efeknya bisa menimbulkan kematian.

Kami juga menyediakan bunga daffodil disini.