Arti dan Makna Bunga Lily

Bunga lily putih disimbolkan sebagai kesucian dan kemurnian.
Bunga lily putih disimbolkan sebagai kesucian dan kemurnian.

Bunga lily adalah bunga musim panas dengan nama latin marganya (genus) adalah Lilium. Bunga yang tumbuh dari umbi ini memiliki ciri-ciri kelopak bunga yang lebar seperti terompet, memiliki putik yang tumbuh seperti korek api, daunnya hijau terang dan ditopang oleh tangkai yang ramping memanjang.

Bunga yang berasal dari Asia Barat dan Mediterania ini tumbuh dengan sangat indah dan memiliki bermacam-macam warna yang menarik, jadi jangan heran jika orang akan betah memandangnya bahkan dalam waktu yang lama. Selain dari bentuknya yang indah, bunga lily rata-rata juga menebarkan aroma wangi yang semerbak.

Oleh karena itu, bunga lily dijuluki sebagai ratu taman oleh para pecinta bunga. Kecantikan bunga lily ini sudah terkenal diberbagai pelosok negara. Bahkan di zaman Yunani kono, disebutkan dalam legenda Yunani bahwa bunga Lily berasal dari susu yang ditumpahkan Dewi Hera. Konon katanya, pada saat Dewi Hera menyusui putranya, Hercules, ia secara tidak sengaja menumpahkan air susunya ke bumi. Dan itulah awal tumbuhnya bunga lily di bumi.

Secara umum, bunga lily memiliki makna kesucian, kemurnian dan kesopanan. Bunga lily yang juga biasa disebut bunga bakung juga dianggap sebagai lambang keindahan dan sering disebutkan dalam Alkitab.

Bunga lily memiliki makna tersendiri berdasarkan warnanya. Yaitu:

1. Bunga Lily Putih
Warna putih selalu diwakilkan atas segala sesuatu yang bersifat suci dan bersih. Sama seperti makna yang terkandung dalam bunga lily putih. Bunga ini dilambangkan sebagai lambang kesucian, kemurnian, ketulusan, kemuliaan, pengabdian juga persahabatan. Salah satu jenis lily yang berwarna putih adalah Casablanca Lily. Bunganya benar-benar melambangkan sesuatu yang suci, bersih dan sangat menawan.

2. Bunga Lily Kuning
Menurut psikologi, warna kuning dapat memberikan kesan dan perasaan bahagia bagi penyukanya. Namun jika berlebihan, juga dapat memberikan perasaan depresi atau tertekan. Tidak jauh dari makana bunga lily yang kuning. Bunga ini ini juga sering dikonotasikan sebagai lambang perasaan bahagia. Namun, juga terkadang diartikan sebagai kepalsuan dan kebohongan. Salah satu jenis lily yang berwarna kuning adalah bunga daylily kuning atau dalam bahasa Inggris disebut yellow daylily.

Warnanya yang terang menjadikan bunga lily kuning sebagi simbol kebahagiaan.
Warnanya yang terang menjadikan bunga lily kuning sebagi simbol kebahagiaan.

3. Bunga Lily Merah
Bunga lily merah dikenal sebagai lambang kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah. Seperti yang dikatakan dalam ilmu psikologi, warna merah selalu dilambangkan sebagai sumber kekuatan, gairah yang membuncah, dan energi yang besar. Itulah yang mendasari bunga lily merah dikonotasikan sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran. Karena dari kekuatan, gairah juga energi yang besar menggambarkan kemakmuran juga kekayaan yang berlimpah ruah.

Kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah merupakan lambang dari lily merah.
Kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah merupakan lambang dari lily merah.

4. Bunga Lily Orange

Lily berwarna orange dilambangkan sebagai kesombongan.
Lily berwarna orange dilambangkan sebagai kesombongan.

Lily orange dikenal sebagai lambang kebencian, kesombongan dan penghinaan. Sebagaimana filosofi warna orange adalah warna yang dapat memberikan semangat, rasa optimis juga percaya diri yang tinggi. Namun jika warna orange itu terlalu dominan atau terlalu banyak maka ditafsirkan sebagai hal negatif. Salah satu jenis lily yang berwarna orange adalah bunga Tawny Daylily atau orange daylily.

Dari makna yang tersirat pada bunga lily berdasarkan warnanya tersebut di atas, maka bunga yang paling banyak diburu adalah bunga lily putih. Bunga lily putih sangat populer dikalangan muda mudi yang sedang jatuh cinta. Makanya, lily putih ini sangat laku dipasaran pada hari kasih sayang seperti hari valentine. Selain itu, untuk pasangan yang akan menikah, biasanya sang pria akan menggunakan bunga lily putih sebagai salah satu properti untuk menyatakan lamaran kepada wanitanya. Selain memberikan kesan romantis, hal ini melambangkan adanya perasaan yang tulus dan cinta suci yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata namun dapat diwakili oleh keberadaan bunga lily putih tersebut.

Bunga Calla lily biasanya digunakan sebagai bunga buket pengantin yang mencerminkan unsur elegan dan keanggunan.
Bunga Calla lily biasanya digunakan sebagai bunga buket pengantin yang mencerminkan unsur elegan dan keanggunan.

Setiap bunga memiliki keunikannya masing-masing, termasuk dari pemaknaannya. Seperti bunga lily ini. Jika Anda ingat, di artikel lama Kami juga pernah dibahas tentang makna bunga mawar yang faktanya dilambangkan sebagai simbol cinta. Silahkan kunjungi kembali jika ingin dibaca lagi :). Ada suatu istilah yang sering digunakan saat ini, yaitu, ‘Say It With Flowers’ atau katakan dengan bunga. Istilah ini memberikan penggambaran bahwa untuk mengungkapkan perasaan, seseorang tidak harus mengungkapkannya melalui lisan atau tulisan, namun bisa diwakili dengan bunga. 😀

Produk lainnya dari bibit tanaman lily dapat Anda temukan disini.