Cara Menyiram Bunga Yang Benar

Haloo flowers lovers,, bagaimana keadaan bunga-bunga kesayangan Anda? Apakah tumbuh sehat dan subur? Jika Anda melakukan perawatan terbaik, tentunya tanaman bunga Anda akan tumbuh sesuai dengan harapan. Tapi, kalau tanaman kesayangan tiba-tiba mati, waah.. tentunya flowers lovers ikut sedih dong. Kecewa pastinya karena keindahan bunga-bunga yang dinanti-nantikan belum bermekaran tapi tanamannya sudah mati duluan. Hal ini adalah hal yang banyak dialami oleh para pecinta bunga. Kekecewaan karena matinya tanaman kesayangan bahkan bisa mengakibatkan stres.

Menyiram bunga dengan menggunakan gembor.
Menyiram bunga dengan menggunakan gembor.

Sebenarnya, untuk membuat tanaman bunga Anda tumbuh subur, tidak perlu dengan perawatan yang terlalu intensif. Hal-hal seperti itu bahkan bisa membuat tanaman malah kurang sehat karena perlakuan berlebihan yang diterimanya. Hal mendasar yang dibutuhkan tanaman hanyalah cahaya matahari, air dan juga nutrisi. Kali ini, saya akan memberikan tips tentang cara menyiram bunga dengan benar. Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam melakukan penyiraman pada tanaman adalah waktu penyiraman. Kebanyakan orang-orang hanya berpikiran untuk menyiramnya begitu saja. Mereka tidak tau apakah tanaman tersebut kekurangan atau bahakan kelebihan air.

Persepsi paling salah yang banyak dipraktekkan orang-orang adalah bahwa saat matahari sedang terik-teriknya, tanaman butuh air agar kembali segar dan tidak kering. Persepsi tersebut sebaiknya jangan dilakukan karena bisa membuat tanaman mati total. Alasan logis mengapa hal itu harus dijauhi karena pada saat matahari bersinar terik, yaitu pada siang hari, proses penguapan atau evaporasi akan mengalami kenaikan hingga 60%. Proses ini terjadi sekitar pukul 10:00 – 18:00. Jadi jangan pernah menyiram tanaman kesayangan Anda pada waktu tersebut.

Jika Anda tetap melakukan penyiraman di siang hari terik, maka tanaman akan kehilangan air karena proses penguapan yang terjadi, selain itu tanaman tidak bisa bernapas dengan baik. Padahal pernapasan tanaman adalah kondisi penting dan merupakan bagian alami dari kehidupan tanaman sebagai makhluk hidup. Jadi penyiraman yang paling baik dilakukan adalah pada saat pagi hari, yaitu pada pukul 05:00 – 09:00. Pada jam tersebut proses penguapan atau eveporasi berada pada level terendah.

Anda bisa mengajarkan Anak Anda untuk ikut merawat tanaman bunga Anda. Hal ini juga akan membantu perkembangan kekreatifitasan dan imajinasi anak.
Anda bisa mengajarkan Anak Anda untuk ikut merawat dan menyayangi tanaman bunga Anda. Hal ini akan membantu perkembangan kekreatifitasan dan imajinasi anak. Juga untuk membekali anak tentang pentingnya peduli terhadap lingkungan sekitar.

Nah,, bagaimana jika menyiram tanaman di malam hari? Menyiram tanaman di malam hari juga termasuk persepsi yang keliru. Sebaiknya tidak perlu dilakukan apalagi saat tanaman sudah mendapat penyiraman di pagi hari. Pada dasarnya tanaman bunga tidak begitu banyak membutuhkan air. Kebanyakan penyiraman hanya akan merugikan tanaman karena akarnya bisa saja membusuk. Selain waktu, hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika menyiram tanaman adalah cuaca. Apabila cuaca sedang mendung atau hujan, maka tidak perlu melakukan penyiraman. Kecuali saat cuaca sedang panas terus menerus, atau kemarau. Pada cuaca seperti ini, tanaman membutuhkan air lebih banyak dari biasanya. Namun tetap lakukan penyiraman di pagi hari, buka di siang atau malam hari.

Yang terakhir adalah pelajari juga jenis tanaman bunga yang Anda tanam. Ada beberapa jenis bunga yang menyukai tanah yang lembab dan basah, namun ada juga tanaman yang cenderung menyukai tanah kering yang tidak terlalu lembab. Ada tanaman yang tidak disiram sehari sudah nampak layu, ada juga yang malah layu jika terlalu rutin disirami. Oleh karena itu, background knowledge tentang tanaman sangat dibutuhkan dalam memberi perlakukan atau perawatan pada tanaman tersebut.

Sekian tips cara menyiram bunga yang benar, semoga artike ini dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi Anda. Yang tadinya mempunyai persepsi salah tentang cara penyiraman, semoga bisa diperbaiki dengan membaca artikel ini. Thanks and Happy Gardening 😀

Kami menjual aneka benih tanaman bunga, jika tertarik Anda bisa cek disini. Tersedia juga dalam bentuk bibit tanaman yang sudah tumbuh, silahkan klik disini.