Fakta Menarik Tentang Bunga Mawar

Bunga mawar atau roses adalah bunga yang sangat dikenal di Indonesia dan merupakan salah satu jenis item bestseller di bibit bunga.com. Oleh karena itu saya rasa kita perlu mengenal lebih dekat jenis tanaman berbunga indah ini, setuju? 🙂

bunga-mawar

Sebelum melangkah lebih jauh, jika Anda belum terlalu familiar dengan toko online kami ini, Anda perlu tahu bahwa bibit mawar yang kami sediakan adalah berupa biji atau benih, sama dengan bibit-bibit lainnya yang tersedia dalam paketan senilai Rp 10.000,- (sewaktu artikel ini dimuat, dapat berubah sewaktu-waktu).

Berikut adalah jenis-jenis warna yang kami sediakan untuk benih mawar:

  1. Mawar Merah
  2. Mawar Pink (merah jambu)
  3. Mawar Putih
  4. Mawar Biru
  5. Mawar Hitam
  6. Mawar Ungu
  7. Mawar Hijau
  8. Mawar Kuning
  9. Mawar Jingga/Orange
  10. Mawar Batik
  11. Mawar Dancing Queen

Tertarik? Silahkan dicoba! 😀 Saya lanjut dulu ya artikel tentang mawar kali ini.

Mawar, tanaman genus Rosa dengan lebih dari 100 spesies yang tersebar di dunia ini adalah jenis bunga hias yang kaya akan sejarah. Dan dengan frase ‘kaya sejarah’ berarti tanaman ini memiliki setumpuk cerita sejarah dan mitos-mitos (mythes) di berbagai negara di belahan dunia.

Harumnya mawar sering dimanfaatkan dalam penggunaan bahan pewangi untuk parfum dan juga sangat populer digunakan sebagai bunga potong. Coba aja ke florist-florist yang terkenal di kota tempat Anda tinggal, kalau tidak menemukan mawar disana, berarti ada yang tidak beres dengan floris tersebut hehehe..

Oh iya, selain marak digunakan sebagai bunga potong dan juga pewangi, mawar juga terkenal menjadi inspirasi penting dari berbagai nilai kesenian lho. Contohnya puisi, lagu, kerajinan tangan dan hasil-hasil kesenian lainnya yang menakjubkan dari peradaban manusia. Mawar memiliki bagian yang cukup dalam peradaban dan kesenian itu sendiri.

Berikut adalah beberapa fakta yang kami kumpulkan seputar mawar yang kami bagi dalam 4 poin:

1. Fakta Dasar Mawar

Bunga mawar aslinya berasal dari Benua Asia meskipun ada beberapa jenis yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa, misalnya mawar floburinda atau mawar holland. Ada banyak varian-varian yang berbeda-beda tersebar di dunia. Misal ada yang mahkota bunganya bertumpuk, ada yang mahkota tunggal. Banyak yang berduri, tapi ada pula yang tidak berduri. Ada yang satu bunga pada satu tangkai, ada yang berbunga jamak atau banyak. Ada pula yang bunganya setumpuk. Bahkan ada lho jenis baby rose atau mawar kecil yang berbunga banyak. Saya ada teman yang tinggal di daerah Malang mengoleksi berbagai macam bunga mawar yang kelihatannya sangat banyak dan tumbuh baik di daerahnya. Selain varian, mawar sendiri terbagi atas berbagai warna yang berbeda. Macam-macam warna bunga mawar dapat Anda koleksi benihnya di toko kami ini (lihat paragraf 3 untuk lebih detailnya).

2. Mawar di Makanan, Obat-Obatan, hingga Kecantikan

Ada beberapa negara di dunia yang menggunakan bunga mawar sebagai produk makanan dan kesehatan. Air mawar atau sering Anda dengar dengan istilah rose water sering digunakan sebagai bahan makanan di Timur Tengah dan negara-negara Asia. Sirup mawar yang diekstrak dari kelopak-kelopak bunganya (rose petals) sering dijadikan bahan dalam pembuatan makanan marshmallow di negara-negara Barat. Air mawar sendiri di Indonesia sering digunakan untuk kebutuhan kecantikan. Pinggul mawar atau buah dari mawar diambil untuk dijadikan teh atau dimakan sebagai sumber vitamin C. Beberapa bagian tertentu dari mawar juga digunakan untuk meredakan sakit perut dan diyakini sebagai pencegah kanker (mohon maaf untuk bagian apa dari mawar yang dimaksud ‘bagian tertentu’ ini kami masih belum bisa memastikan).

3. Simbol Cinta

Tradisi membentuk mawar sebagai bunga dengan karakter cinta atau love. Bunga ini sudah digunakan lama sekali (peradaban manusia kuno) untuk berbagai kepentingan pernikahan, perjodohan, dan sebagainya. Di mitologi Yunani dan Roma, bunga mawar dijadikan simbol dari dewi cinta Venus dan Aphrodite. Pada Hari Valentine yang kurang lebih 2 minggu lagi akan datang ketika artikel ini dimuat (setiap 14 Februari, terlepas dari Anda merayakannya atau tidak), di Indonesia, mawar pink dan merah sering digunakan sebagai ‘alat’ untuk mengungkapkan cinta dan romantisme kepada pasangan.

4. Roses, The Symbol of England

Tahukah Anda bahwa bunga mawar secara tradisional telah menjadi simbol negara Inggris? Bunga mawar telah dianggap sebagai bunga nasional oleh negara Inggris. Ada berbagai kisah sejarah tentang alasan mengapa Inggris begitu kental hingga mengadopsi bunga mawar ini. Jika saya jabarkan disini mungkin akan sangat panjang hehe..

Pada kesimpulannya, mawar memiliki berbagai fungsi dan kegunaan. Telah menjadi simbol cinta, simbol negara Inggris, menjadi inspirasi penting dalam karya-karya manusia, memberikan sumbangsih dalam dunia kesehatan dan kuliner (meski belum marak di Indonesia), tetapi yang terpenting adalah nilai estetika atau keindahan yang disediakan olehnya. Saya rasa semua orang pasti terpesona jika melihat bunga mawar nan indah. Mawar adalah bunga yang sangat cantik, harum, berkelopak halus, dan akan selalu menjadi bagian penting dari berbagai budaya-budaya di dunia.

Selain bunga mawar, kami juga menyediakan aneka bibit tanaman bunga lainnya silahkan klik disini. 🙂