Macam-Macam Bunga Hias di Indonesia

Yuk mari kita bahas macam-macam bunga hias yang ada dan cocok ditanam di Indonesia. Wanita mana yang tidak menyukai bunga? Jangankan wanita, bahkan kaum pria pun kepincut dengan kehadiran bunga. Bunga begitu diagungkan dan digunakan dalam aneka keperluan, bahkan ada kutipan mengatakan Earth laughs in flowers (oleh Ralph Waldo Emerson) atau jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia: bumi tersenyum lewat bunga.

macam-macam jenis bunga hias

Karena keindahan yang dihadirkan oleh bunga, tidak heran jika banyak penduduk Indonesia yang hobi berkebun dan menanam macam-macam bunga hias di kebun ataupun halaman rumahnya. Beribu macam dan jenis bunga dijadikan sebagai hiasan sehingga muncul kata yang tidak asing lagi diucap di bibir: bunga hias. Bunga hias dipilih berdasarkan warna, bentuk, wangi, keunikan, ciri khas dan sebagainya. Namun, dalam memilih bunga hias, Anda tetap harus mengetahui karakteristiknya agar sesuai dengan iklim Indonesia yang tergolong tropis. Berikut jenis-jenis bunga hias yang cocok ditanam di Indonesia, mungkin sebagian ada yang sudah familiar tetapi ada juga yang masih asing.

Macam-macam Bunga Hias Penuh Warna dan Karakteristiknya

Berikut ini adalah beberapa tanaman bunga yang marak atau lazim ditemukan di Indonesia. Kami juga menyertakan gambar dan juga deskripsi terkait masing-masing bunga.

Bunga Mawar (Rosa sp)

salah satu jenis bunga mawar
Salah satu jenis bunga mawar.

Nama bunga hias yang satu ini tentu sudah sangat familiar dan tidak asing di telinga orang Indonesia, bunga dengan bentuk yang paling indah dan selalu menjadi favorit para wanita di berbagai belahan dunia. Tak heran, bunga mawar juga dijuluki sebagai Queen of Flower. Bentuk bunganya yang indah dan aromanya yang sangat wangi mampu memikat hati setiap wanita. Bunga mawar adalah bunga yang selalu menjadi pilihan utama untuk ditanami di kebun atau halaman. Pasalnya, masuk kategori perdu, tinggi mawar hanya sekitar 1 meter saja dengan batang yang penuh duri (tapi ternyata meski mawar terkenal dengan durinya, pada faktanya ada juga mawar yang tidak berduri). Bunga mawar adalah bunga yang sangat cocok hidup di Indonesia karena kebutuhan sinar mataharinya yang tinggi untuk bisa tumbuh dan berkembang. Bunga mawar juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan.

Bunga Bougenville (Bougainvillea sp)

salah satu jenis bunga bugenvil
Salah satu jenis bunga bugenvil.

Dari beberapa macam bunga hias, mungkin bunga yang satu ini termasuk jenis tanaman bunga yang cukup tinggi. Bougenville atau yang lebih dikenal dengan bunga kertas mampu tumbuh hingga mencapai 10 meter jika ditanam pada tempat yang terkena sinar matahari penuh. Bunga kertas ini sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Kelebihan bunga bougenville ini terletak pada bentuk bunganya yang unik dan warnanya yang beragam. Bunga ini memang memiliki seludang bunga dengan ukuran yang sangat tipis layaknya kertas. Ciri-ciri lain bunga bougenville adalah batangnya yang cukup keras dan berduri tajam seperti mawar. Bunga kertas ini juga memiliki aneka warna seperti merah jambu, kuning, jingga, putih dan lain sebagainya.

Bunga Anggrek (Orchidaceae sp)

salah satu jenis bunga anggrek
Salah satu jenis bunga anggrek.

Selain mawar, Anda tentunya juga tidak asing dengan bunga anggrek yang menjadi ikon bunga hias yang berharga yang tinggi karena sulitnya pembudidayaan. Walaupun tetap hidup di iklim tropis seperti Indonesia, berbeda dengan macam-macam bunga hias lainnya yang sejenis, anggrek tidak boleh terkena sinar matahari dalam intensitas besar, membutuhkan cahaya teduh sehingga harus menggunakan paranet apabila ingin ditanam di lahan terbuka. Bunga anggrek memang banyak ditemui di daerah-daerah yang cukup gelap seperti hutan tropis, semak belukar, pepohonan dan lain-lain. Di Indonesia sendiri, terdapat 4000 spesies bunga anggrek yang tersebar di berbagai belahan nusantara.

Bunga Sepatu (Hibiscus sp)

salah satu jenis kembang sepatu
Salah satu jenis kembang sepatu.

Bunga hias selanjutnya yang terkenal di Indonesia adalah hibiscus atau yang lebih dikenal sebagai kembang sepatu. Kembang sepatu yang banyak ditemukan di Indonesia umumnya berwarna merah dan tidak memiliki wangi. Bunga ini banyak dijadikan sebagai bunga hias karena pertumbuhannya yang mudah dan bentuk bunganya yang cantik. Bahkan, kembang sepatu juga dimanfaatkan sebagai obat alternatif atau dibuat menjadi teh kering untuk minuman di Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai bunga-bunga hias yang bisa Anda jadikan penghias kebun atau taman. Sebenarnya ada banyak sekali macam bunga hias yang bisa jadi inspirasi Anda buat menanam, jika ingin melihat lebih lanjut silakan intip kategori tanaman hias bunga yang kami sediakan. Keempat jenis bunga yang kami sebutkan di atas sangat mudah ditemui di Indonesia karena banyak dibudidayakan. Jika Anda ingin jenis yang unik tidak ada salahnya mencoba melihat aneka jenis tanaman bunga hias lengkap yang kami tawarkan, silakan klik disini.

Semoga artikel mengenai macam-macam bunga hias beserta karakteristiknya yang cocok dengan iklim tropis ini bisa bermanfaat bagi Anda penyuka bunga dan hobi berkebun.