Macam-macam Bunga Langka yang Dilindungi Pemerintah Indonesia

Macam-macam bunga langka di Indonesia memang wajib diketahui oleh masyarakat luas agar hidupnya tetap terjaga tanpa adanya perusakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat banyak kekayaan alamnya baik berupa fauna maupun flora. Beberapa flora fauna bahkan hanya bisa hidup di Indonesia sehingga harus dijaga agar tidak punah. Salah satu yang wajib dijaga adalah eksistensi bunga-bunga langka yang mungkin tersebar di berbagai pedalaman atau hutan Indonesia. Pengetahuan akan bunga-bunga langka menjadi hal yang penting agar terhindar dari tindakan perusakan baik disengaja maupun tidak. Berikut beberapa jenis bunga langka beserta ciri-cirinya yang bisa ditemukan di Indonesia.

Macam-macam Bunga Langka dengan Ciri-ciri dan Keunikannya

Bunga Edelweiss Jawa

edelweiss-jawa

Bunga langka pertama dari macam-macam bunga langka di Indonesia adalah bunga Edelweiss Jawa. Mungkin banyak orang yang sudah mengenal bunga cantik ini, terutama para pendaki yang sering naik turun gunung di Indonesia. Bunga yang sering dijuluki bunga keabadian ini ternyata merupakan bunga langka Indonesia yang harus dilindungi karena jumlahnya yang terus berkurang. Edelweiss sebagai bunga abadi memiliki kemampuan untuk tidak layu walaupun sudah dipetik dari tangkainya berhari-hari. Bunga bernama latin Anaphalis Javanica ini mampu bertahan hidup hingga 100 tahun lamanya dengan tinggi maksimal mencapai 8 meter. Bunga Abadi ini akan mekar sekitar bulan April hingga Agustus dan sangat disukai oleh sekitar 300 serangga sebagai tempat berkunjung.

Bunga Anggrek Tebu

bunga-anggrek-tebu

Memang sudah banyak petani yang membudidayakan bunga anggrek tetapi berbeda dengan bunga Anggrek Tebu yang masuk kategori langka dan harus dilindungi. Penyebab Anggrek Tebu menjadi bunga langka adalah karena keberadaannya yang memang sangat sulit ditemukan. Bunga Anggrek Tebu adalah Bunga Anggrek paling besar dan berat dari macam-macam bunga anggrek lainnya. Bunga Anggrek raksasa ini mampu mencapai tinggi 3 meter dengan diameter 1,2-2 cm dan berat yang mencapai 1 ton. Wajar jika, keberadaan anggrek jenis ini di Indonesia harus tetap dijaga dan dilindungi agar tidak punah.

Bunga Rafflesia Arnoldi

rafflesia-arnoldi

Mungkin jika berbicara masalah macam-macam bunga langka di Indonesia yang paling populer adalah bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga Rafflesia Arnoldi dianggap sebagai bunga terbesar di dunia dengan diameter mencapai 1 meter dan bobot yang mencapai 10 kg. Bunga cantik raksasa berwarna merah ini lebih dikenal dengan bunga bangkai karena aroma busuk yang dikeluarkannya saat mekar untuk menarik serangga. Bunga yang mengagumkan ini akan tumbuh dan mekar dalam jangka waktu 9 bulan namun hanya bertahan selama seminggu saja sebelum layu kembali. Bunga Rafflesia Arnoldi banyak tumbuh di provinsi Bengkulu tepatnya di taman nasional Bengkulu. Namun, bunga ini juga ada 1 di daerah Kebun Raya Bogor. Karena keberadaannya yang langka, rafflesia arnoldi di nobatkan sebagai salah satu Bunga Nasional Indonesia, yaitu puspa langka tanah nusantara.

Bunga Bangkai

bunga-bangkai-yang-mekar

Bunga langka yang banyak ditemukan di Indonesia dan harus dilindungi lainnya adalah bunga bangkai. Bunga raksasa ini mampu tumbuh hingga setinggi 4 meter dan hanya mekar 5 tahun sekali. Bunga Bangkai memiliki mahkota bunga yang berwarna merah tua keunguan dengan lapisan luar yang berwarna putih krem dan hanya bisa mekar selama 7 hari saja sebelum layu dan tumbuh kembali nantinya. Bunga yang berbau busuk ini banyak ditemukan di hutan-hutan tropis daerah Sumatera dan ada juga yang dilestarikan di kota Bandung. Adapun aneka fakta tentang bunga bangkai telah kami sadur disini.

Demikianlah informasi mengenai beberapa bunga langka yang ada di Indonesia dan wajib dilindungi keberadaannya. Semoga artikel mengenai macam-macam bunga langka di Indonesia ini bisa menambah wawasan Anda dan menginspirasi Anda untuk ikut peduli dan menjaga pertumbuhan bunga-bunga unik ini di berbagai daerah di Indonesia. Selain beberapa tanaman bunga yang telah disebut dan dijelaskan di atas, masih ada banyak lagi tanaman langka yang hidup di Indonesia. Jangan sampai merusak atau memetik bunga-bunga di atas untuk kesenangan pribadi. Save Bunga Langka!

Tanaman langka lainnya bisa Anda kunjungi di situs kami bibitbunga.com.