Bunga Wijaya Kusuma si Eksotis yang Mekar Malam

Menyandang gelar the Queen of Night atau Ratu Malam sepertinya memang pantas bagi bunga wijaya kusuma. Menjadi ratu di malam hari, karena bunga ini hanya akan mekar pada malam hari saja. Saat pagi menjelang, kelopaknya akan menutup kembali, seperti sudah layu. Di saat mekar, bunganya merebakkan aroma yang sangat wangi. Karena hal ini banyak orang yang beranggapan bahwa bunga wijaya kusuma memiliki aura mistis yang kuat. Bahkan ada lagi yang percaya bahwa saat baunya merebak di malam hari, maka itu tandanya ada makhluk halus yang lewat. Membuat orang-orang merinding. -_-

Bunga wijaya kusuma dikenal dengan julukan sang Ratu Malam.
Bunga wijaya kusuma dikenal dengan julukan sang Ratu Malam.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan bunga wijaya kusuma hanya mekar di malam hari? Benarkah ada campur tangan makhluk gaib? Yuuk simak penjelasannya…! ^_^

Beberapa tanaman hias bunga memiliki keunikan masing-masing yang membedakannya dengan tanaman bunga lainnya. Salah satu perbedaan unik yang tidak dimiliki oleh setiap tanaman bunga adalah gerakan tanaman. Bunga wijaya kusuma yang mekar hanya pada malam hari adalah salah satu bunga yang mempunyai gerakan khusus. Yaitu skototropisme. Gerakan ini adalah gerakan pertumbuhan tanaman yang menjauhi cahaya. Gerakan skototropisme terjadi karena rangsangan gelap yang diterima oleh sel-sel tanaman. Jadi saat matahari tenggelam dan mulai gelap, bunga wijaya kusuma pun akan mekar.

Kemudian, bunga wijaya kusmua juga termasuk bunga harum. Saat mekar, bunganya merebakkan aroma harum semerbak. Mengapa?

Secara sains, setiap tanaman membutuhkan proses fotosintesis. Dan perlu diketahui bahwa proses fotosintesis itu terbagi menjadi 2 reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang adalah proses fotosintesis yang biasanya berlangsung pada siang hari karena membutuhkan sinar matahari secara langsung. Berbeda dengan reaksi gelap, dimana proses fotosintesis yang terjadi ketika cahaya matahari menghilang. Reaksi gelap tidak membutuhkan cahaya. Hanya memerlukan karbondioksida.

Warga Xiangfan di Cina berkumpul untuk menyaksikan mekarnya bunga wijaya kusuma pada malam hari.
Warga Xiangfan di Cina berkumpul untuk menyaksikan mekarnya bunga wijaya kusuma pada malam hari.

Jadi jangan berfikir macam-macam jika mencium harum bunga wijaya kusuma di malam hari. Aroma tersebut merupakan zat hasil proses fotosintesisnya. Tidak ada hubungannya dengan makhluk gaib. ­čÖé

Bunga bernama latin Epiphyllum oxypetalum ini merupakan tanaman yang masih berkerabat dekat dengan tanaman kaktus, mereka berasal dari kelas yang sama, yaitu cactaceae. Tercermin dari bentuk daunnya yang pipih berdaging, mengeras seperti kaktus namun tidak berduri, hanya saja di tepi daunnya bergelombang. Batangnya terbentuk dari helaian daun tuanya yang mengeras dan mengecil.

Tampilan wijaya kusuma pada sa
Tampilan bunga wijaya kusuma ketika matahari belum terbenam.

Bunganya memiliki beberapa variasi warna. Ada yang putih, merah, pink terang, pink pucat, hingga kombinasi warna-warna tersebut. Bunga-bunganya tumbuh mengkuncup di tepi daunnya. Lama-kelamaan akan terus keluar bersama tangkainya yang loyo, jadi terlihat menjumbai terjuntai ke bawah.

Selain unik cara mekarnya, daya tarik kembang ini juga terletak pada tampilan bunganya yang indah. Oleh karena itu tanaman ini banyak diburu sebagai tanaman hias. Ditambah dengan kemampuannya yang berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit yang bisa Anda lihat dalam artikel ini.

Lihat yuk aneka tanaman bunga wijaya kusuma kami disini.