Cabe Bhut Jolokia: Saking Pedasnya Bisa Jadi Senjata!

Aneka warna cabe bhut jolokia
Aneka warna cabe bhut jolokia: merah, cokelat, kuning, orange, dan peach.

Bhut jolokia adalah salah satu cabe terpedas di dunia yang sangat laris. Saking larisnya, bibitbunga.com seringkali tidak dapat memenuhi permintaan pasar untuk jenis cabe ini. Cabe Bhut jolokia sering juga disebut sebagai Naga Jolokia pepper atau Ghost Pepper, ghost chili pepper atau ghost chili. Di Indonesia sendiri sudah marak menggunakan istilah cabe setan untuk menggantikan arti ghost pepper.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika hadir dengan pilihan warna yang beragam. Bhut jolokia hadir dengan beragam warna, yakni bhut jolokia merah, cokelat/chocolate, kuning/yellow, orange, dan peach.

Di bibitbunga.com sendiri varian bhut jolokia merah sudah lama ada, disusul dengan cokelat dan kuning, dan hari ini kami menambahkan bhut jolokia orange dan peach untuk melengkapi koleksi para hobiis tanaman cabe terpedas, tanaman unik dan hias.

Klasifikasi dan Record

Pada awalnya bhut jolokia ini diperdebatkan klasifikasinya sebagai cabe capsicum frutescens ataukah tergolong capsicum chinense. Namun setelah tes studi yang lebih lanjut membuktikan bahwa bhut jolokia termasuk tipe hybrid, yang pada dasarnya (kebanyakan) tergolong chinense, tetapi ada sedikit gen frutescens.

Pada tahun 2007 Guinness telah menobatkan bhut jolokia sebagai cabe terpedas, tapi pada tahun 2012 sudah digantikan oleh Trinidad Scorpion Moruga Blend. Terbaru, Guinness telah menetapkan cabe Carolina Reaper sebagai cabe terpedas di dunia, mengalahkan Trinidad Moruga Blend.

Sedikit data tanaman cabe bhut jolokia yang mungkin akan berguna bagi Anda:

Panjang buah: 6 s/d 8,7 cm
Tinggi tanaman: berkisar antara 45 s/d 130 cm
Warna buah: merah yang paling sering ditemukan, orange, kuning, dan cokelat jenis yang lebih jarang ditemui
Per buah cabe bhut jolokia bisa menghasilkan 19 sampai 35 biji dalam satu pod.

Kegunaan Cabe Bhut Jolokia

Selain dikonsumsi segar, ditumis atau juga bisa bisa juga dikeringkan untuk jadi bubuk cabe. Rasanya yang sedikit aneh membuat orang yang pertama kali mencobanya bisa menyebutnya sebagai racun. Apakah benar sangat pedas? Untuk pertama kali dicicip dan dimasukkan di mulut mungkin tidak terasa terlalu pedas, tapi sekitar 15 detik kemudian hati-hati Anda bisa kepedasan šŸ˜€

Uniknya, bhut jolokia bukan sekadar digunakan untuk konsumsi, tapi juga digunakan sebagai senjata karena kepedasannya. Pada tahun 2009, para ilmuwan di India mengumumkan rencana untuk menggunakan cabe ini pada granat lempar.

Sifatnya yang sangat pedas namun tidak mematikan bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk memancing teroris keluar dari sarangnya, demikian dikutip dari wikipedia. Juga direncanakan untuk menggantikan fungsi pepper spray. Belum jelas juga apakah rencana ini benar-benar sudah resmi dijalankan atau tidak.

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Bunga, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntungĀ ?