Cabe Rainbow: Mengapa Disebut ‘Pelangi’?

Artikel tentang cabe pelangi berikut disajikan oleh mas Yayat sebagai salah satu pembina bagian artikel di bibitbunga.com. Dunia flora sepertinya tidak pernah kehabisan cara untuk membuat masyarakat (termasuk Indonesia) menjadi penasaran dengan beragam varietas dan jenisnya yang notabene unik-unik. Kali ini tumbuhan dengan rasa yang pedas atau lebih dikenal dengan nama cabe pun kian menyemarakkan dunia tumbuhan dalam negeri, pasalnya kini sudah mulai masuk ke negara Indonesia salah satu jenis cabe yang warna buahnya sangat beraneka ragam. Warna yang banyak dalam satu pohon tersebut menjadikan cabe tersebut dikenal dengan sebutan cabe pelangi atau marak juga disebut cabe rainbow.

tanaman cabe bolivian rainbow
Tanaman cabe pelangi dalam gambar ini adalah jenis Bolivian rainbow.

Manfaat dasar dari cabe pelangi sama saja seperti cabe pada umumnya. Sifatnya yang pedas bisa membuat siapapun yang memakannya bisa merasakan sensasi pedas yang cukup dari dalam cabe tersebut. Marak digunakan sebagai tanaman cabe hias atau ornamental pepper,┬ásehingga banyak yang menyangsikan keberadaannya sebagai ‘cabe’ seutuhnya. Banyak customer Bibitbunga.com yang menanyakan: apakah cabe rainbow dapat dimakan? Jawabannya tentu iya, karena semua cabe dan tomat yang ada di website kami, walaupun unik eksotis bin ajaib, tetap saja merupakan sayuran ‘tulen’ yang dapat dimakan ­čśÇ

Kembali ke pernyataan kami sebelumnya mengenai ornamental pepper, riset di masyarakat menunjukkan bahwa cabe pelangi lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias daripada sebagai konsumsi pelengkap gorengan atau bumbu dapur. Hal ini karena keunikan dari segi warna yang ditampilkan oleh cabe jenis Capsicum Annuum tersebut. Selain itu tingkat kepedasan yang hanya berada diantara 5.000-30.000 SHU dirasa kurang pedas jika dibandingkan dengan cabe pada umumnya yang mencapai 50.000-100.000 SHU. Minat masyarakat yang sangat suka dengan rasa pedas tingkat tinggi menjadikan cabe pelangi cukup untuk tanaman hias saja.

Jika ditelusuri lebih jauh, cabe pelangi (dalam hal ini kita lebih banyak membicarakan jenis cabe bolivian rainbow, cabe pelangi yang paling terkenal) bukanlah berasal dari Indonesia melainkan dari negara Bolivia. Sebuah negara yang merupakan bagian dari belahan Amerika Selatan ini adalah tempat tumbuh kembang yang pas untuk sebuah cabe pelangi. Penyinaran sepanjang hari oleh sinar matahari merupakan salah satu syarat agar pohon cabe pelangi dapat tumbuh dengan baik. Tinggi rata-rata tanaman ini bisa berada pada 60 hingga 90 cm.

warna cabe pelangi

Kebutuhan akan air untuk pohon cabe ini sangat memudahkan pemiliknya, pasalnya cukup dengan kapasitas pengairan yang sedang, pohon yang buah cabenya selalu menjulang keatas ini sudah bisa tumbuh dengan sempurna. Bentuk cabe yang imut semakin membuat para pecinta tumbuhan berebut untuk bisa memiliki pohon yang bisa tumbuh dalam iklim dataran tinggi dan rendah ini.

Jika Anda heran dengan keanekaragaman warna sebuah pohon cabe pelangi, sebenarnya hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah dengan bahasa yang sederhana. Hal yang mengakibatkan banyaknya warna dalam sebuah pohon cabe pelangi adalah karena adanya perubahan cabe yang awalnya berwarna ungu mulai berubah menjadi kuning lalu menjadi orange dan akhirnya menjadi merah. Proses tumbuh serta tingkat kematangan buah-buah cabe pada tanaman cabe pelangi tidak berlangsung secara serentak sehingga menghasilkan warna yang beranekaragam saat dilihat. Akibat dari banyaknya warna tersebut maka pohon cabe ini dinamakan cabe pelangi.

Cabe pelangi sendiri tidak hanya terbatas pada jenis bolivian rainbow saja, meski memang jenis bolivian ini yang paling terkenal. Di toko bibitbunga.com kami menyediakan aneka jenis cabe pelangi seperti brazilian rainbow, numex twilight, centennial rainbow. Oh iya salah satu yang terlaris adalah razzamatazz, yang aslinya diproduksi oleh Mr.Fothergills dari Inggris. Malah boleh dibilang razzamatazz merupakan cabe pelangi yang terbaik saat ini karena tersedia dalam kemasan pabrik (original Mr Fothergills), sedangkan untuk bolivian rainbow dan jenis cabe lainnya tidak tersedia dalam kemasan pabrik karena memang produksi lokal dan belum merupakan keluaran atau hasil produksi dari produsen benih. Sekadar warning atau peringatan agar Anda waspada, hati-hati dalam membeli kemasan benih pabrikan, karena ada banyak sekali kasus penipuan yang kami temukan seputar dunia jual beli benih dalam kemasan.

Jika berbicara tentang tanaman penghias, maka cabe pelangi ini layak dijadikan koleksi tambahan. Pergantian komposisi dari warna yang ditimbulkan oleh pohon cabe tersebut menjadikan cabe pelangi tidak akan pernah bosan untuk dipandang mata. Berbagai kalangan sudah banyak yang mencoba untuk mengembangbiakkan tanaman yang berasal dari Bolivia ini, termasuk dari biji. Jika berminat, Anda kini bisa memesan biji cabe pelangi secara online di toko online kami.

Semoga informasi tentang cabe pelangi kami ini bisa menambah khasanah wawasan keilmuan Anda tentang dunia flora yang ada di dunia ini. Nah… untuk melihat aneka bibit tanaman cabe yang kami jual silahkan klik disini.┬á Semoga bermanfaat ­čÖé