Cara Menanam Wheatgrass Hidroponik (Tanpa Tanah) maupun Dengan Tanah

tanam wheatgrass 10 hari saja
Tanam wheatgrass Anda dan panen hanya dalam 9-10 hari sejak tanam, dengan membaca artikel ini.

Rumput gandum atau wheatgrass sebenarnya sudah dikenal sebagai makanan atau minuman serta asupan nutrisi super sehat sejak tahun 1930, di luar negeri. Di Indonesia sekarang (tepatnya mungkin 1-2 tahun lalu) baru terlihat animo masyarakat akan rumput gandum ini, dan berhubung BibitBunga.com juga jual biji benih rumput gandum atau wheatgrass, maka tulisan ini kami rasa perlu Anda simak, untuk memperoleh hasil terbaik ketika memanen rumput gandum Anda di rumah.

Melihat langsung tempat budidaya wheatgrass atau rumput gandum di luar negeri. Jenis tanaman ini sudah dibudidayakan secara besar-besaran, sampai cara konsumsinya pun sudah maju sekali, ada dibuat ekstrak bubuk sisa seduh, ada juga dalam bentuk tablet atau kaplet. Jadi tidak mesti hanya dengan cara jus.
Melihat langsung tempat budidaya wheatgrass atau rumput gandum di luar negeri. Jenis tanaman ini sudah dibudidayakan secara besar-besaran, sampai cara konsumsinya pun sudah maju sekali, ada dibuat ekstrak bubuk sisa seduh, ada juga dalam bentuk tablet atau kaplet. Jadi tidak mesti hanya dengan cara jus.

Disini kami akan membahas cara penanaman rumput gandum secara overall atau keseluruhan, baik menggunakan media tanah biasa, ataupun menggunakan teknik hidroponik atau tanpa tanah. Wah, wheatgrass bisa ditanam tanpa tanah? Tentu dong! Sudah banyak sekali yang praktek dan disamping dapat hasil panen berupa rumput gandum yang notabene sehat dan berguna sekali buat kesehatan terutama detoksifikasi (baca lebih lanjut manfaat wheatgrass di keterangan produk atau rangkuman 50 manfaat wheatgrass yang telah kami sadur). Selain itu juga rumput gandum bisa dimanfaatkan sebagai hiasan interior yang hijau dengan konsep ruangan minimalis.

Oh iya, jika ingin menanam tanpa tanah, Anda bisa memanfaatkan media tanam hidroponik berupa rockwool atau cocopeat, atau sekam bakar.

cara menanam wheatgrass atau rumput gandum
Wheatgrass dengan segudang manfaat, bagus sekali untuk kesehatan. Ternyata Anda bisa menanam wheatgrass dengan mudah di rumah Anda!

Berikut ini cara menanam benih wheatgrass:

  1. Tebar benih wheatgrass di media tanam. Media tanam tergantung preferensi Anda, bisa menggunakan tanah atau mau pakai media selain tanah juga bisa, yakni dengan cara hidroponik. Menggunakan pasir pure 100% pun tidak masalah. Setelah disebar diatas media tanam, tutupi biji wheatgrass yang telah ditebar dengan menggunakan media tanam tipis tadi. Jika menggunakan rockwool bisa tutupi bijinya menggunakan sedikit cocopeat (tidak ditutup juga bisa). Anda bisa menggunakan tray semai khusus rumput gandum untuk wadahnya.
  2. Siram media tempat biji rumput gandum kita semai tadi 2x sehari, setiap pagi dan sore. Catatan khusus, jauhkan dari genangan air, jangan sampai menggenang, karena biji rumput gandum sangat rentan busuk dan berjamur/jamuran. Media tanam penyemaian wheatgrass harus lembab, namun TIDAK tergenang air.
  3. Hari I sampai Hari III, tutup media penyemaian dengan kertas koran atau bisa juga kain. Jika Anda menggunakan tray khusus yang kami sebutkan di atas, tidak perlu menggunakan koran lagi karena tray semai sudah disertai penutup. Hindarkan dari cahaya matahari langsung.
  4. Hari IV sampai Hari V, tutupan kain atau koran tadi dibuka, benih wheatgrass Anda seharusnya sudah berkecambah atau muncul bayi-bayi rumput gandum :D. Tetap jangan sampai terkena sinar matahari langsung, tapi tutupan tadi dibuka agar bibit rumput gandum yang mungil-mungil itu bisa mendapatkan asupan cahaya (jangan kena langsung).
  5. Hari ke VII sampai hari IX, tanaman kita sudah berubah menjadi rumput gandum yang sudah dapat dikonsumsi. Potong seperlunya lalu dijus.

Banyak yang bertanya, wheatgrass jika sudah panen apakah masih bisa dipanen lagi? Jawabannya iya bisa dipanen lagi, setelah dipotong daunnya, daun akan tumbuh lagi. Namun bicara soal khasiat, warna hijau, bau, dan manfaatnya, faktor-faktor ini akan menurun terus seiring bertambah sering dipanen. Artinya, panen pertama hasil lebih menggembirakan, panen kedua akan kurang hijau dan juga manfaat menurun. Panen ketiga lebih turun lagi. Dengan alasan inilah banyak yang cuma mau panen wheatgrass 1-2 kali atau 2-3 kali, lalu diganti dengan tanaman baru (semai biji baru lagi) untuk dipanen berikutnya.

Tips lanjutan untuk penanaman wheatgrass

  • Rumput gandum akan tumbuh maksimal di daerah dingin atau suhu tanah dan suhu udara antara 15 – 25 derajad Celcius. Suhu yang panas dapat membuat benih yang ditanam cepat membusuk atau berjamur. Anda dapat menanam rumput gandum dalam ruangan ber-AC atau tempat yang relatif teduh.
  • Biji rumput gandum tidak perlu direndam di dalam air terlebih dahulu sebelum ditanam karena bisa mengakibatkan pembusukan atau jamur.
  • Atur kepadatan benih sesuai yang Anda inginkan. Jika ingin tumbuh rapat maka perbanyak benih yang ditanam di wadah. Semakin banyak dan sesak biji yang Anda tanam maka rumput gandum akan semakin padat tumbuhnya.
Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Bunga, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung ?