Manfaat Air Hujan Untuk Tanaman

manfaat-hujan-bagi-tanaman

Beberapa orang cenderung tidak menyukai hujan karena berbagai alasan seperti basah, becek ataupun banjir. Padahal air hujan mempunyai banyak manfaat loh, salah satunya di bidang pertanian. Mungkin Anda yang tinggal diperkotaan merasa kesal saat hujan turun sementara aktifitas di luar rumah sedang padat-padatnya. Untuk itu, turunnya hujan justru banyak dijadikan kendala. Lain halnya di daerah pedesaan, dimana saat turun hujan, para petani akan bersorak bergembira. Lain halnya saat kemarau, sawah menjadi kering, para petani tampak gelisah menunggu turunnya hujan.

Di dalam kitab al-Qur’an, telah disinggung tentang proses terjadinya hujan, manfaat hujan bagi makhluk hidup dan hujan pemberi kegembiraan bagi umat manusia. Hal itu dibuktikan bahwa sejak jaman dulu, petani memang banyak mengandalkan air hujan karena air hujan dapat membantu meningkatkan hasil panen mereka. Jadi, bisa disimpulkan bahwa air hujan dapat menyuburkan tanaman. Nah, kira-kira mengapa air hujan bisa menyuburkan tanaman? Di bawah ini akan saya jawab secara runtut.

Pertama-tama yang akan dibahas adalah mengapa tanaman bisa tumbuh. Tanaman bisa tumbuh karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Anda bisa melihat bagaimana pertumbuhan tanaman dengan nutrisi yang cukup, batang, daun, bunga dan buahnya akan tumbuh sehat dan segar. Kemudian, Anda harus mengetahui nutrisi apa yang dibutuhkan oleh tanaman. Tanaman Anda membutuhkan nutrisi berupa Nitrogen, Phosphor dan Kalium. Semua nutrisi ini bisa Anda dapatkan pada pupuk NPK yang banyak dijual di toko pertanian. Namun tahukah Anda mana nutrisi yang paling penting bagi tanaman?

Dari ketiga nutrisi tersebut, senyawa Nitrogen lah yang paling penting bagi tanaman Anda. Mengapa? Karena nitrogen adalah salah satu unsur penyusun DNA pada tanaman, penyusunan protein, serta berperan penting dalam proses metabolisme tanaman. Oleh karena itu, tanaman harus dirawat dengan menyiramnya rutin. Dari proses penyiraman inilah tanaman mendapatkan nutrisi nitrogen, yaitu dari air. Dan tahukah Anda air jenis apa yang paling banyak mengandung unsur nitrogen? Yup,, air hujan.

Sepertinya Anda sudah mendapat sedikit gambaran tentang mengapa air hujan bermanfaat bagi tanaman. Sekarang yang akan kita bahas adalah bagaimana bisa hujan mengandung nitrogen? Baiklah, seperti pelajaran kiat sewaktu berada di sekolah dasar, proses terjadinya hujan dijelaskan secara singkat dimana air yang ada di dalam tanah menguap dan uapnya naik ke langit membentuk awan. Saat muatan awan tersebut sudah sangat berat, maka awan akan menjadi hitam dan turunlah hujan.

Ada satu hal penting lagi yang harus Anda ketahui. Terjadinya petir di saat hujan juga merupakan proses utama dibelakang terbentuknya nitrogen pada air hujan. Petir memiliki energi yang sangat besar yang dapat melarutkan mineral-mineral yang ada di udara, seperti nitrogen. Jadi sebelum hujan turun, petir yang berkumandang telah melarutkan nitrogen dan jatuh bersama air hujan. Inilah yang menyebabkan mengapa air hujan memiliki kandungan nutrisi yang dapat menyuburkan tanaman.

Nah, bagaimana mengenai penjelasan di atas? Sudah paham kan mengapa air hujan bermanfaat bagi tanaman Anda? Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda untuk tidak meremehkan air hujan. Jadi, jangan anggap hujan sebagai bencana, namun anggaplah sebagai berkah. Bayangkan saja jika hujan tidak turun? Mau makan apa kita kalau sawah kekeringan? Heheh… 😀

Silahkan kunjungi website toko online kami di https://bibitbunga.com untuk mendapatkan berbagai macam benih dan bibit tanaman, serta perlengkapan berkebun lainnya yang dapat Anda coba di rumah. 😉

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Bunga, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung ?