Tentang Bunga Alamanda dan Manfaatnya Sebagai Obat Tradisional

 

Tanaman cantik berbunga kuning ini tidak hanya populer dikjadikan sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Bunga alamanda banyak ditanam di pekarangan rumah warga, sehingga kita akan dengan mudah menemuinya di sekitar kita. Dalam bahasa Inggris, bunga alamanda (Allamanda cathartica L.) ini dijuluki dengan nama common allamanda atau golden trumpet. Di Sunda orang biasa menyebut bunga alamanda ini dengan nama lame areuy. Bunga alamanda berasal dari kawasan tengah dan selatan Amerika.

Karakteristik Tanaman Bunga Alamanda

Bunga alamanda berwarna kuning dan memiliki lima tepal. Bentuk bunganya mirip dengan bunga kamboja dan juga adenium. Biasanya orang-orang menanamnya untuk ditanam di pekarangan rumahnya, padahal nyatanya tanaman alamanda memiliki manfaat lain sebagai obat tradisional.

Tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Apocynaceae ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 2 meter. Batang tanaman alamanda akan berwarna coklat jika sudah tua. Daunnya memiliki panjang sekitar 6-16 cm. Menghasilkan bunga beraroma harum.

Tanaman alamanda dapat dibudidayakan dengan cara stek batang, maupun melalui biji.

Kandungan Tanaman Bunga Alamanda

Daun tanaman alamanda mengandung senyawa alkaloid. Buahnya mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol. Kulit batang tanaman alamanda mengandung saponin dan tanin. Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat sebagai bahan pengobatan tradisional.

Manfaat Tanaman Bunga Alamanda sebagai Obat Tradisional

Bunga alamanda yang memiliki sifat anti bakteri dan antibiotik biasanya digunakan untuk mengobati penyakit malaria; menawar racun; mencegah penyakit kuning; menetralisir pendarahan akibat gigitan ular berbisa; mengobati penyakit bengkak limpa.

Baca juga: Daftar Nama Bunga Lengkap Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Sekian informasi mengenai bunga alamanda dan manfaatnya sebagai obat tradisional. Walaupun bunga alamanda memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, alangkah lebih baiknya Anda mengonsumsi racikan bunga alamanda ini sesuai dengan aturan. Mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter jauh lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Lihat berbagai koleksi tanaman alamanda kami di sini.

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Bunga, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung¬†?