Arti, Makna dan Fakta Bunga Camelia

Beberapa hari yang lalu kami menerima permintaan dari salah seorang pengikut fanpage facebook bibitbunga untuk membahas bunga camelia. Sebelumnya telah kami bahas di sini. Nah, untuk melengkapi rasa penasaran Anda, kali ini kami akan membahas mengenai arti, makna, fakta dan kegunaan bunga camelia. Selamat membaca 🙂

Camelia tidak hanya sekedar cantik tapi juga memiliki makna yang sangat mendalam.

Jangan mengaku pecinta bunga kalau belum mengenal bunga cantik yang satu ini. Yap! Camelia, dari namanya saja sudah terdengar cantik. Camelia, begitu sebutannya adalah bunga dengan mahkota berukuran besar dan berlapis-lapis. Ia terdiri dari beragam warna menarik seperti putih, pink, kuning, merah, ungu bahkan ada yang variegata. Jika Anda termasuk pecinta tanaman berdaun hijau dan mengkilap, maka camelia sangat tepat untuk Anda pelihara.

Tanaman hias bunga camelia sangat paling populer dan dihormati terutama di wilayah Cina Barat Daya. Camelia menjadi bunga nasional untuk kerajaan kuno selatan, Dai Li. Di Jepang, camelia juga sangat dihargai bahkan dijuluki dengan nama “Japanese rose”.

Arti dan Makna Bunga Camelia

Bunga yang aslinya berasal dari Cina ini melambangkan penyatuan sepasang kekasih. Petal bunganya yang halus dan berlapis-lapis mewakili seorang wanita, dan kelopaknya berwarna hijau yang menopang mahkota adalah representatif dari seorang lelaki yang melindunginya. Dua komponen tersebut (mahkota dan kelopak) tetap bersama-bersama bahkan setelah layu dan mati. Sebagaimana tanaman hias bunga pada umumnya, jika petalnya jatuh, kelopaknya tetap utuh. Lain halnya dengan bunga camelia, mahkota dan kelopak bunganya jatuh bersama-sama. Itulah mengapa bunga ini mewakili cinta abadi dan pengabdian selamanya.

Tanaman hias bunga camelia bahkan memiliki bunga variegata yaitu perpaduan antara warna merah dan pink.

Dalam bahasa Latin, camelia berarti “penolong imam” yang dinamai oleh seorang ahli botani Georg Joseph Kamel pada akhir abad ke-17. Ia terkenal karena telah mendedikasikan hidupnya selama lebih dari 20 tahun di Filipina untuk menemukan pengobatan baru yang bersumber dari tanaman asli lokal. Meskipun tidak ada sumber yang mengatakan bahwa ia bersinggungan dengan bunga camelia, namun Bapak Taksonomi Carl Linnaeus memberikan kontribusi tersebut pada dunia farmasi.

Baca juga: Fakta, Arti Dan Makna Bunga Hydrangea (Kembang Bokor)

Arti Bunga Camelia Berdasarkan Warnanya

Umumnya camelia melambangkan cinta, kasih sayang dan kekaguman.

Masing-masing warna bunga camelia memiliki simbolisme yang unik seperti putih, pink dan merah.

  • Cameli putih melambangkan kekaguman dan biasanya diberikan pada seseorang yang disukai.
  • Camelia pink melambangkan kerinduan seseorang dan diberikan kepada seseorang yang telah lama dirindukan.
  • Camelia merah melambangkan cinta, gairah dan keinginan yang mendalam.

Fakta Bunga Camelia

Berikut fakta-fakta bunga camelia:

  1. Camelia adalah bunga resmi negara bagian Alabama pada tahun 1959.
  2. Camelia merujuk pada angka 11.
  3. Camelia japonica adalah salah satu spesies yang paling populer dan dikenal di Jepang yang dijuluki sebagai “bunga Tsubaki”.
  4. Camelia putih memiliki makna khusus dalam novel populer berjudul To Kill A Mockingbird karya Harper Lee.
  5. Ada lebih dari 40.00 kultivar bunga camelia yang telah terdaftar.

Kegunaan Bunga Camelia

Camellia sinensis digunakan untuk membuat teh hijau dan teh hitam yang dikenal sebagai teh camelia.

Teh hijau dibuat dengan mengeringkan daun camelia, begitupun teh hitam namun ditambah dengan proses fermentasi. Daun dan bunganya yang telah kering mengandung kafein yang tinggi. Teh hijau dari bunga camelia terkenal karena mengandung antioksidan tinggi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan metabolisme.

Ketika bunga camelia muncul dalam mimpi maka itu berarti Anda sedang memikirkan seseorang yang telah berpisah jauh dan telah lama tidak bertemu.

Bunga camelia juga mengandung minyak esensial yang dapat menutrisi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Menambahkan minyak camelia pada rambut dan kuku akan membuatnya lebih sehat. Minyak camelia juga sering digunakan dalam masakan di Cina.

Itulah informasi mengenai arti, makna, fakta bahkan kegunaan bunga camelia. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Lihat di sini berbagai jenis tanaman bunga camelia kami.