Cara Menanam Tabulampot Srikaya Dengan Mudah

Melakukan penanaman buah srikaya di dalam pot dengan perawatan dan pemeliharaan ekstra bisa menghasilkan buah srikaya yang berbuah dari tanaman yang berusia 1,5 tahun saja. Penasaran dengan caranya? Yuk ikuti penjelasan di bawah ini.

Menanam buah di dalam pot atau polybag juga bisa dilakukan. Misalnya buah srikaya. Hasil yang di dapatkan juga memuaskan. Bahkan dengan perawatan yang baik, Anda sudah bisa memanen buahnya hanya saat tanaman masih berusia 1,5 tahun.
Menanam buah di dalam pot atau polybag juga bisa dilakukan. Misalnya buah srikaya. Hasil yang di dapatkan juga memuaskan. Dengan perawatan yang baik, Anda sudah bisa memanen buahnya bahkan saat tanaman masih berusia 1,5 tahun.

Tahukah Anda dengan buah srikaya? Buah yang memiliki warna hijau kekuningan saat matang ini memang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah. Masyarakat Indonesia ada yang menyebutnya sebagai surikaya, serkaya, delima bintang, sarkaja, serakaja, ataupun garaso dan masih banyak lagi nama yang digunakan. Nama latin dari buah srikaya ini adalah Annona squamosa, yang mana sejak dulu telah di tanam oleh masyarakat karena banyaknya manfaat.

Buah yang mampu menghadirkan berbagai manfaat masalah dalam kesehatan ini tentunya juga memiliki kandungan yang menjadikannya sebagai tanaman bermanfaat.

Nutrisi Buah Srikaya

Kandungan penting buah dikenal dengan buah srikaya yang memiliki rasa manis. Dengan melakukan penelitian terhadap 100 gram buah Srikaya, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %. Dapat disimpulkan bahwa srikaya mengandung energi sebesar 101 kilokalori. Selain itu, juga terdapat protein 1,7 gram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain kandungan yang telah disebutkan juga terdapat kandungan vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram.

Dapatkan berbagai macam bibit tanaman srikaya disini.

Manfaat tanaman buah srikaya

Manfaat Buah Srikaya

Srikaya mempunyai daging buah yang putih bersih. Teksturnya lembut dan berserat. Rasanya manis juga segar.
Srikaya mempunyai bentuk buah yang ranum, daging yang putih bersih, teksturnya lembut dan berserat. Rasanya manis juga segar.

Selain lezat dinikmati langsung buah srikaya ini ternyata memiliki beberapa manfaat terhadap kesehatan manusia. Salah satunya adalah mencegah terjadinya penimbunan hemosisten yang bisa berakibat penyakit jantung. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya vitamin B6. Dengan adanya kandungan vitamin B dan C, srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya berhenti hingga disitu, sebagai buah srikaya juga banyak memiliki serat yang bisa melancarkan saluran pencernaan.

Dan yang tidak kalah penting adalah srikaya mampu memperlambat laju penyerapan gula dalam darah. Sehingga dengan mengkonsumsi buah srikaya ini akan mampu mencegah seseorang menjadi penderita diabetes. Bagi ibu yang sedang mengandung, buah srikaya juga memberikan manfaat penting bagi sang janin. Pasalnya kandungan asam folat mampu mendukung pertumbuhan otak sang janin menjadi lebih maksimal.

Manfaat Daun Srikaya

Banyak yang berangapan daun srikaya mirip seperti daun sirsak. Untuk membedakannya, daun srikaya sedikit lebih besar, tulang daunnya jelas dan tidak mengkilap. Sedangkan daun sirsak agak ramping, tulang daun tidak begitu jelas dan terlihat mengkilap.
Banyak yang berangapan daun srikaya mirip dengan daun sirsak. Untuk membedakannya, daun srikaya sedikit lebih besar, tulang daunnya jelas dan tidak mengkilap. Sedangkan daun sirsak agak ramping, tulang daun tidak begitu jelas dan terlihat mengkilap.

Tidak hanya bagian buah yang memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh, bagian dari tanaman buah srikaya yaitu daun buah srikaya yang juga menyimpan kebaikan bagi tubuh manusia. Daun buah srikaya memiliki khasiat, diantaranya adalah:

  • Batuk ringan
  • Nyeri reumatik
  • Menurunkan kadar asam urat
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengobati diare/ disentri
  • Menyembuhkan flu
  • Menurunkan demam

Cara Budidaya Srikaya Dalam Pot

Setelah mengetahui banyaknya manfaat buah dan daun srikaya, tentunya sangat bermanfaat sekali ketika memiliki tanaman buah srikaya yang bisa di konsumsi setiap harinya. Namun ternyata buah srikaya ini bisa di juga di dalam pot yang tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas seperti pada umumnya. Dengan demikian bagi Anda yang memiliki lahan yang terbatas di perumahan atau pemukiman lainnya, tidak perlu khawatir harus membeli buah srikaya setiap harinya. Ketika Anda bisa menanam dan merawat dengan tangan sendiri apalagi didalam pot, mengapa harus membelinya?

Selain itu ketika buah srikaya ditanam dalam sebuah pot, akan menguntungkan bagi Anda. bagaimana tidak, biasanya jika ditanam di lahan terbuka buah srikaya ini akan berbuah setelah usia tanaman mencapai 3 tahun. berbeda dengan buah srikaya yang di tanam dalam pot yang bisa Anda nikmati buahnya setelah usia tanaman pada 1,5 tahun. namun tentunya dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang intensif untuk mendapatkan buah srikaya yang ranum dan berbuah banyak. Bagi Anda yang ingin memulai membudidyakan buah srikaya ini, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah Awal Penanaman Buah Srikaya Dalam Pot

Untuk mendapatkan tanaman buah srikaya yang dengan usia singkat dapat berbuah, tentunya membutuhkan persiapan yang tidak sembarangan. Apalagi tanaman buah srikaya saat memiliki ketinggian kurang dari 1 meter dapat berbuah, tentunya siapapun ingin melakukan budidaya buah srikaya yang bisa dilakukan di halaman rumah. Beberapa persiapan yang perlu diperhatikan adalah pot yang digunakan sebagai lahan penanaman buah srikaya nantinya. Pot tersebut memiliki ukuran yang cukup besar, dengan kata lain pot tersebut dapat diisi media tanam sebanyak 15 kg.

Bibit srikaya yang baru berusia beberapa minggu.
Bibit srikaya yang baru berusia beberapa minggu.

Setelah menyiapkan pot, selanjutnya media tanam dihasilkan dari percampuran tanah dan humus/ pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1. Masukkan media tanam pada pot dengan menyisakan ruang di atasnya dengan space kurang lebih 5 cm. Kemudian pembibitan bisa dilakukan dengan masukkan bibit pada media tanam tersebut. untuk menjadikan buah srikaya dapat tumbuh maksimal bisa tambahkan pupuk majemuk NPK pada media tanam dengan cara menaburkan sebanyak 15 gram. Selanjutnya siram media tanam dengan air secukupnya, begitu juga pada hari-hari selanjutnya.

Perawatan Penanaman Buah Srikaya Dalam Pot

Setelah pembibitan dilakukan sekitar 1,5 bulan, akan tumbuh bahkan tanaman buah srikaya dengan ketinggian sekitar 20 cm. Untuk proses perawatan dan pemeliharaan, tanaman buah srikaya ini membutuhkan pupuk NPK dengan dosis yang semakin hari semakin meningkat. Dimana frekuensinya pemberian pupuk ini bisa di berikan sebanyak 3 kali dalam setahun. Perawatan yang dilakukan lainnya adalah dengan menambahkan pupuk kompos setiap dua bulan sekali. Selain itu dalam kurun waktu usia tanaman satu bulan hingga satu tahun, tanaman srikaya juga disemprot pupuk daun yang memiliki kandungan unsur N. Pupuk yang bisa Anda gunakan adalah Byfolan dan Gandasil D. Pada tahap selanjutnya adalah menggunakan pupuk daun yang terdapat unsur P dan K seperti Gandasil B.

Tanaman srikaya yang berusia 1,5 bulan.
Tanaman srikaya yang berusia 1,5 bulan. Di usia seperti ini tanaman sangat membutuhkan asupan nutrisi. Berikan perawatan yang intensif. Penyiraman, pemupukan dan penyiangan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil buah srikaya yang memuaskan.

Cara perawatan yang perlu diperhatikan lainnya adalah dengan memberikan pupuk sesuai dosis atau usia tanaman. Selain itu, jarak penyemprotan pupuk juga perlu diperhatikan. Dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kesuburan buah srikaya nantinya. Yang tidak kalah penting adalah pemberian air yang cukup, apalagi ketika musim kemarau.

Tersedia berbagai macam kebutuhan berkebun dan pertanian yang dapat Anda dapatkan di bibitbunga.com.