Cara Stek Bunga Melati

Pada artikel-artikel sebelumnya, saya telah banyak membahas tentang bunga. Nah, dalam artikel kali ini akan saya berikan ulasan mengenai cara memperbanyak tanaman melati. Salah satu cara yang digunakan dalam memperbanyak si putih ini adalah dengan cara stek. Bagi Anda yang jatuh cinta dengan pesona bunga melati dan berniat mempunyai tanamannya di rumah Anda, bisa silahkan disimak caranya di bawah ini, namun sebelumnya, yuk kenalan lagi dengan si Melati!

Bunga melati putih.
Bunga melati putih.

Melati dengan nama latin Jasminum ini adalah tanaman bunga yang masih termasuk dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Tanaman ini memiliki 200 spesies yang habitat aslinya adalah wilayah beriklim tropis dan hangat, yaitu dari Eurasia, Australasia, dan Oseania. Bunga melati menduduki tahta sebagai bunga Nasional Indonesia bersama anggrek bulan dan bunga bangkai. Puspa bangsa ini memang begitu populer dengan lambang kesucian dan kemurnian. Selain itu, melati begitu sering digunakan dalam berbagai kegiatan adat suku bangsa di daerah Indonesia. Tak jarang untaian putihnya terlihat begitu indah menghias rambut mempelai wanita di acara sakral pernikahan.

Untaian bunga melati yang indah kerap dijadikan hiasan rambut mempelai wanita pada adat sunda jawa barat.
Untaian bunga melati yang indah kerap dijadikan hiasan rambut mempelai wanita pada adat jawa dan sunda.

Selain indah dipandang, bunga melati juga unggul dengan aroma yang dimilikinya. Saat ini bahkan banyak ditemukan parfum-parfum yang menggunakan bunga melati sebagai bahan dasar pembuatannya. Jika Anda menyimpan tanaman ini di rumah Anda, bunganya dapat menjadi pewangi alami yang lembut dan menyegarkan. Jadi, tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi ruangan saja, tapi manfaatnya bisa double.

Langkah-langkah stek bunga melati

Setelah membahas sedikit mengenai profil dari bunga melati, saatnya untuk mengetahui perbanyakan tanamannya melalui metode stek. Metode inilah yang paling banyak digunakan para petani dalam membudidayakan tanaman ini. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pilihlah tanaman induk melati dengan karakteristik tanaman pernah berbunga, batang yang kuat serta sehat, intinya tanaman melati yang telah cukup umur, tidak muda dan juga tidak terlalu tua.
  • Potong batang melati dengan ukuran 14 – 25 cm dengan cara menyerong dan runcing. Potong dengan menggunakan pisau tajam atau gunting khusus tanaman.
  • Hilangkan semua atau sebagian daun pada batang. Hal ini akan mengurangi penguapan pada batang yang akan di stek.
  • Oleskan ujung batang yang telah dipotong serong dengan obat perangsang pertumbuhan akar. Perlakuan ini akan menguntungkan batang yang akan lebih cepat untuk tumbuh.
  • Setelah itu, tancapkan batang tersebut pada media tanam berupa campuran tanah gembur dan pupuk kandang pada polybag.
  • Selanjutnya letakkan pada tempat teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Siram secara teratur, paling bagus penyiraman pada pagi hari yaitu pukul sekitar 05:00 – 09:00.
  • Setelah berumur 2 bulan, tanaman melati yang telah di stek harus dipindahkan pada media yang lebih besar lagi. Karena pada dasarnya bunga melati adalah tanaman rambat yang membutuhkan lahan yang lumayan luas untuk pertumbuhannya.
  • Berikan pupuk kompos sebulan sekali sebagai nutrisi tanaman.
  • Jika terdapat benalu atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman melati Anda, segera lakukan penyiangan.

Demikian langkah-langkah menaman tanaman bunga melati dengan metode stek. Silahkan dipraktekkan di rumah Anda. Selamat berkebun 🙂

Kami menjual aneka tanaman bunga melati disini.