Manfaat dan Khasiat Bunga Kana

Bunga kana adalah tanaman perdu tropis asal Amerika. Di Indonesia, bunga kana dijuluki dengan bunga tasbih, karena bunganya memiliki biji-biji kecil bertekstur keras yang dapat dibuat menjadi tasbih. Tanaman ini memiliki batang berair yang tumbuh tegak mencapai 2 meter, kadang disebut batang semu karena batangnya terbentuk dari pelepah-pelepah daunnya.

Salah satu macam bunga kana yang berwarna kuning dengan corak jingga membuat bunga ini sangat menarik.
Salah satu macam bunga kana dengan warna kuning  terang. Di tengah kelopaknya terdapat corak jingga halus, membuat bunga ini sangat menarik.

Permukaan daunnya yang melebar dan besar-besar bertepi runcing berwarna hijau tua, sedangkan permukaan bawahnya seperti ditutupi bubuk putih bedak atau bubuk terigu.Bunga kana memiliki akar yang berimpang seperti umbi ubi. Dan yang menjadi poin utama dari tanaman ini tentu saja bunganya. 3 sampai 5 kelopak indah merekah tersusun membentuk tandan. Warnanya bervariasi mulai dari merah , orange, kuning terang, merah muda dan kuning dengan corak warna coklat, juga beberapa kombinasi warna lainnya. Silahkan lihat koleksi tanaman bunga kana yang kami sediakan disini!

Biasanya bunga ini tumbuh liar di pinggir sungai atau bahkan di dalam hutan. Namun tidak jarang juga ditemukan berjejer menghiasi pekarangan rumah. Karena tanaman ini tumbuh kokoh dengan bunga besar mempesona, ada beberapa kota di Indonesia yang menjadikannya sebagai ornamen taman kota dan tanaman penghias sepanjang jalan. Tidak hanya mempesona dari segi tampilan, bunga inipun dapat diandalkan sebagai tanaman obat karena memiliki banyak khasiat mujarab bagi kesehatan. Bagian tanaman yang digunakan adalah umbi atau rimpang juga bunganya.

Di Malang, bunga kana menjadi maskot kotanya. Terbukti dengan banyaknya bunga kana aneka warna berjejer menghiasi alun-alun kota Malang.
Di Malang, bunga kana menjadi maskot kotanya. Terbukti dengan banyaknya bunga kana aneka warna berjejer menghiasi alun-alun kota Malang.

Adapun masalah kesehatan yang dapat ditangani oleh tanaman ini adalah sebagai berikut:

  • Menghentikan keputihan
    Seorang herbalis dari jakarta, Yellia Mangan, mengatakan bahwa rimpang atau umbi dari bunga kana lebih berkhasiat menuntaskan keputihan dibanding dengan daun sirih. (Baca juga artikel tentang manfaat daun sirih untuk keputihan).
    Cara pengolahannnya cukup dengan menyediakan umbi bunga kana,beras ketan dan daging ayam masing-masing 30 gram. Setelah itu cuci bersih semua bahan tersebut dan iris tipis untuk penggunaan umbi bunga kana juga daging ayamnya. Rendam seluruh bahan tersebut di dalam wadah mangkok dengan air. Lalu direbus atau di tim. Setelah matang, bisa Anda konsumsi. Konsumsilah setiap hari secara rutin.
  • Mengobati wasir
    Caranya dengan mengambil sedikit umbi dari bunga kana. Cuci bersih lalu irislah dan didihkan bersama 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusan awal tersisa segelas. Setelah itu dinginkan dan saringlah. Minum air rebusan tersebut secara rutin selama pagi dan sore. perlu diperhatikan untuk setiap kali minum, hanya setengah gelas saja.
  • Mengobati hepatitis
    Umbi atau rimpang bunga kana sebanyak 60 sampai 120 gram di iris tipis-tipis dan direbus bersama dengan 3 gelas air. Setelah mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja, angkat dan dinginkan kemudian saring ampasnya. Minum air hasil saringanya ini selama 47 hari pagi dan sore dengan takaran 3/4 gelas dalam sehari. Setelah mengkonsumsinya selama seminggu, biasanya dapat dilihat perubahannya pada area kulit juga mata yang berwarna kuning perlahan-lahan akan memudar.
  • Mengatasi haid yang berlebih
    Bagian tanaman kana yang digunakan adalah bunganya. Caranya dengan merebus 10 sampai 15 gram bunga kana segar dengan 2 gelas air. Setelah mendidih dan airnya berkurang segelas dari air rebusan awal, dinginkan dan saring. Minumlah airnya sebanyak 2 samapi 3 kali sehari.
  • Melindungi hati
    Sebuah riset dari yang menyatakan efek farmalogis dari umbi bunga kana yang telah dicobakan pada binatang menunjukkan bahwa umbi kana dapat melindungi sel hati dari kerusakan.
  • Menurunkan demam
    Cara pengolahannya dengan merebus rimpang atau umbi kana. Tapi rimpangnya kadang dikeringkan dan dibuat bubuk, setelah menjadi bubuk maka mudah untuk diseduh bersama air panas dan diminum dalam keadaan hangat. Rasanya tidak pahit karena rimpang kana sendiri memiliki cita rasa yang manis.

 

Akar rimpang bunga kana memiliki banyak kegunaan dengan cita rasa manis menyejukkan.
Akar rimpang bunga kana memiliki banyak kegunaan dengan cita rasa manis yang menyejukkan.

Selain manfaat di atas, umbi bunga kana juga bermanfaat sebagai bahan dasar pembuatan tepung. Karena rasanya yang manis dan sejuk. Di samping itu, bunga kana yang memiliki warna-warni yang terang ternyata memiliki pigmen alami. Pigmen ini berasal dari zat flavonoid yaitu antosianin yang dapat berfungsi sebagai zat pewarna alami.

Nah, bagaimana menurut anda tentang bunga kana ini? sangat potensial bukan? Oleh karena itu, mari kita tidak hanya melihat fungsi tanaman ini dari segi estetiknya saja. Coba manfaatkan kandungannya dan Anda akan memperoleh khasiat luar biasa lainnya.

Tersedia berbagai macam produk tanaman kana disini.