Cara Menanam Tanaman Hias dengan Cara Hidroponik

Tinggal di perkotaan dengan lahan tanah yang sedikit tidak semestinya membuat hobi berkebun Anda berhenti. Ada beberapa alternatif cara menanam tanaman hias agar lingkungan rumah Anda tetap terlihat asri dengan ditumbuhi berbagai macam tanaman. Teknik pengembang biayakan tanaman hias jaman dahulu pernah ada yang melakukannya dengan memanfaatkan media sabut kelapa. Namun, cara tersebut seringkali mengalami banyak hambatan karena sabut kelapa yang tidak bisa bertahan lama.

Salah satu contoh penanaman tanaman hias dengan menggunakan metode hidroponik sistem wick.
Salah satu contoh penanaman tanaman hias mawar dengan menggunakan metode hidroponik sistem wick.

Sekarang ini, dikembangkan cara mengembangbiakkan tanaman hias yang baru yakni dengan cara hidroponik. Menanam tanaman hias dengan cara hidroponik pada dasarnya adalah memanfaatkan media air untuk tempat tumbuh tanaman. Menanam dengan cara ini memiliki banyak kelebihan seperti tidak memerlukan lahan luas dan kemudahan tanaman dalam menyerap air. Selain itu, masih banyak manfaat mengembangbiakkan tanaman hias dengan hidroponik yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Langkah-Langkah Cara Menanam Tanaman Hias dengan Cara Hidroponik

Sudah dijelaskan sedikit di atas apabila cara menanam tanaman hias dengan hidroponik pada dasarnya adalah memanfaatkan media air. Anda tidak bisa serta merta begitu saja menaruh tanaman di dalam air dan berharap agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan sendirinya. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengembangbiakkan tanaman hias dengan cara hidroponik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Memilih Wadah Untuk Hidroponik

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika memilih wadah atau tempat yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik. Pastikan wadah yang Anda pilih nantinya dapat menahan akar dan juga batang yang tumbuh agar tidak mudah roboh. Pilihlah pula wadah yang berwarna gelap dan tidak transparan agar tidak ditumbuhi lumut. Jangan sampai memilih tempat yang terbuat dari bahan besi karena jika terkena air akan mudah berkarat.

Mengisi Wadah Hidroponik

Isilah wadah yang sudah ditentukan tadi dengan batu-batuan atau pasir. Usahakan agar batuan atau pasir tadi dapat menahan akar dan batang sehingga tetap kokoh berdiri. Tambahkan juga sedikit arang untuk menghilangkan bau dan menjaga air tetap jernih.

Masukan Air dan Nutrisi Dalam Wadah

Nutrisi yang dimaksud di sini dapat Anda buat sendiri dengan cara melarutkan masing-masing 1 kg pupuk urea, pupuk npk, pupuk kcl dan pupuk daun ke dalam 20 L air. Bahan tadi akan menghasilkan larutan yang kental dan kemudian dapat Anda larutkan kembali dalam 100 L air.

Memilih Tanaman Untuk Tanaman Hias Hidroponik

menanam-tanaman-hias-bunga-secara-hidroponik
Contoh menanam tanaman hias bunga secara hidroponik. Wadah bagian atas terisi oleh media tanam hidroponik yaitu hidroton. Hidroton bisa diganti dengan media arang sekam ataupun pasir. Wadah bagian bawah berisi air yang dicampur dengan larutan nutrisi hidroponik.

Ambil tanaman yang ingin dikembangbiakkan dengan hidroponik dan potong tanaman pada batangnya. Bisa juga dengan memilih tanaman yang sudah ditumbuhi akar. Jangan lupa untuk mencuci akarnya dan memotong daun-daun yang sudah mati. Dan terakhir tempatkan pada media air yang sudah dicampur dengan larutan nutrisi.

Ganti Larutan Nutrisi Secara Berkala

Cara menanam tanaman hias dengan cara hidroponik yang terpenting adalah ketekunan dan kontinuitas. Secara berkala satu bulan sekali ada baiknya untuk mengganti larutan air dan nutrisi hidroponik tadi. Atau bisa juga mengganti air ketika lumut sudah mulai tumbuh karena lumut dapat menghambat tumbuh kembang tanaman.

Demikianlah cara menanam tanaman hias dengan cara hidroponik. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda merasa bahwa pekarangan rumah tidak bisa memfasilitasi hobi berkebun Anda. Harus ingat bahwa menanam dengan cara ini sangatlah praktis bahkan tidak perlu menyiram tanaman setiap hari seperti tanaman yang ditanam dengan media tanah. Dengan cara hidroponik, tanaman hias Anda dapat lebih menyerap air dan nutrisi secara maksimal.

Di bibitbunga.com kami juga menyediakan berbagai macam bibit tanaman hias dan perlengkapan hidroponik yang dapat Anda coba di rumah. Silahkan lihat disini.