Khasiat dan Manfaat daun Sirih

Piper betle atau daun sirih adalah tanaman merambat yang berasal dari kawasan asia tenggara, Indonesia. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sering memanfaatkan daun sirih. Bahkan sampai sekarang ini kita tidak jarang menjumpai nenek-nenek yang masih menggunakannya. Biasanya nenek-nenek itu mengunyahnya bersama dengan kapur, gambir dan pinang. Kegiatan mengunyah sirih ini sudah menjadi tradisi sejak zaman neolitik, yaitu sekitar dua abad sebelum masehi. Tradisi ini dikenal dengan istilah bersirih. Selain sebagai tradisi, mengkonsumsi daun sirih juga dapat mengobati berbagai macam penyakit karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun sirih dapat membunuh kuman dan mematikan jamur yang dapat menyebabkan banyak penyakit karena daun sirih mengandung minyak astiri, pati, gula, diatase, zat samak dan kavikol. Secara umum, ada 3 jenis daun sirih yang memiliki khasiat untuk kesehatan, Yaitu sirih hijau merah dan hitam.

1. Daun sirih hijau

Daun sirih hijau sering digunakan sebagai bahan untuk bersirih.
Daun sirih hijau sering digunakan sebagai bahan untuk bersirih.
  • Daun sirih hijau dapat mengobati radang tenggorokan dan asma. Caranya dengan merebus 4 lembar daun sirih kedalam 2 gelas air.
    Didihkan hingga air rebusan awalnya berkurang sampai sekitar satu gelas air saja. Minum hasil rebusan itu pagi dan sore secara rutin.
  • Dapat mengobati penyakit kulit dan menghilangkan bau badan. Caranya dengan mengoleskan daun sirih pada kulit yang terkena penyakit kulit, dan untuk menghilangkan bau badan dengan mengoleskannya pada area ketiak setelah mandi secara rutin.
  • Daun sirih dapat mengatasi keputihan. Caranya, ambil 7 sampai 10 lembar daun sirih segar. Rebus kedalam 1 liter air hingga air rebusannya berubah warna. Setelah mendidih, dinginkanlah dan pisahkan dengan daunnya yang telah layu. Hanya gunakan air rebusannya saja dengan cara membasuhnya pada area miss V.
  • Menghilangkan jerawat. Caranya dengan mengoleskannya pada wajah yang berjerawat, diamkan selama sejam lalu bilas wajah dengan air bersih.
  • Menghentikan darah yang keluar dari hidung atau mimisan. Caranya dengan mencuci bersih selembar daun sirih hijau lalu menggulungnya dan masukkannya ke lubang hidung yang berdarah.
  • Melancarkan datang bulan. Caranya dengan merebus selembar daun sirih hijau lalu meminum air hasil rebusannya.
  • Daun sirih dapat mengobati mata yang sakit atau merah. Cara penggunaannya sama dengan proses di atas.
  • Mengatasi bau mulut yang tidak sedap dan mengobati gusi yang bengkak. Caranya dengan berkumur-kumur menggunakan air hasil rebusan daun sirih atau dapat juga dikunyah secara langsung.
  • Mengobati demam berdarah. Caranya juga dengan meminum air hasil rebusan 5 lembar daun sirih hijau yang dididihkan bersama 2 gelas air.
  • Menghentikan gatal-gatal pada kulit. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih. Setelah halus, oleskan pada area kulit yang mengalami gatal-gatal.

2. Daun sirih merah

Warna permukaan daun sirih merah berwarna hijau gelap degan corak keputih-putihan, namun dibawah daunnya berwarna merah.
Warna permukaan daun sirih merah berwarna hijau gelap dengan corak keputih-putihan. Warna merah dominan terdapat pada bagian bawah daun.

Daun sirih merah terbukti mampu menyembuhkan penyakit kanker, khususnya kanaker payudara. Caranya dengan menghancurkan selembar daun sirih merah lalu mencampurkannya dengan segelas air mendidih. Diminum dalam keadaan dingin pada pagi dan sore hari. Menurut beberapa penderita kanker payudara, dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih merah secara teratur, hasilnya dapat langsung dirasakan dalam jangka waktu sekitar 3-4 minggu. Kanker payudaranya tidak menyebar dan jika dioprasi untuk proses pengangkatannya, itu tidak akan memakan waktu yang lama. Karena memudahkan dokter dalam proses pengangkatan jaringan akar yang telah mati. Baca juga manfaat sirih merah bagi kesehatan dalam artikel di blog kami yang khusus membahasnya sedikit lebih detail.

3. Daun sirih hitam

Daun sirih yang berwarna hitam dapat digunakan sebagai obat cuci darah, asma, bronkhitis, darah tinggi dan batuk rejan. Pengolahannya adalah dengan merebus 3 lembar daun sirih hitam, lalu minum air rebusannya secara teratur.

Daun sirih hitam berwarna hitam seluruhnya.
Daun sirih hitam berwarna hitam seluruhnya.

Walaupun penelitian khusus tentang khasiat dan manfaat dari daun sirih terhitung masih kurang, namun khasiatnya tetap dipercaya karena telah terbukti dikalangan masyarakat yaang telah sejak dulu menggunakannya. Khasiat daun sirih terbukti manjur dan menjadi tanaman obat herbal andalan Indonesia. Produk tanaman daun sirih dapat Anda lihat disini.