Bunga-Bunga Cantik yang Berbahaya dan Beracun (Mematikan)

Bunga identik dengan simbol kecantikan sekaligus keindahan yang melambangkan rasa cinta dan kasih sayang. Hampir semua tanaman berbunga mempunyai bunga yang benar-benar menawan serta menarik perhatian. Tampilannya itu membuatnya kerap dijadikan kado atau hadiah untuk orang-orang terkasih, selain itu juga sebagai media untuk menuturkan perasaan pengganti kata-kata. Hadir menyempurnakan suasana atau momen-momen penting seperti pada pesat pernikahan atau ulang tahun juga adalah salah satu pemanfaatan bunga yang tidak dapat dipungkiri. Namun tahukah Anda ada beberapa bunga-bunga yang biasa Anda puji kecantikannya, tapi sebenarnya berbahaya dan bersifat mematikan?

Jika secara tidak sengaja, Anda sedang berjalan-jalan di sekitar taman bunga atau sedang melihat-lihat hamparan bunga, untuk bunga dengan tampilan yang tidak begitu menarik atau biasa saja, mungkin Anda akan melewatinya begitu saja dan enggan untuk memetik apalagi membawanya pulang, tapi apabila tampilan bunganya benar-benar cantik, kira-kira Anda rela melepasnya? Jangan asal dipetik lho. Bisa saja bunga cantik itu dapat membunuh seketika. Di bawah ini ada beberapa list bunga cantik yang berbahaya dan berpotensi mematikan. Coba disimak baik-baik untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Nerium Oleander

oleander

Jika dilihat sepintas, tanaman oleander mirip seperti tanaman kamboja, daun dan bunganya hampir serupa namun oleander mempunyai bunga yang tidak begitu lebar dan teksturnya lebih lemah. Tampilan bunganya memang cantik, warnanya juga menarik perhatian. Namun harus hati-hati ketika menjumpai bunga ini. Sebaiknya jangan dipetik, karena bunga ini adalah salah satu bunga paling mematikan di dunia. Hampir semua bagiannya beracun.

Racun yang bersarang di dalamnya adalah Oleandrin dan neriine. Kedua zat ini dapat membuat perlambatan denyut jantung, terganggunya sistem saraf, sistem peredaran darah, sistem pencernaan yang terjadi pada satu waktu yang bersamaan. Hal ini menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran, tubuh kejang-kejang, koma, hingga kematian. Tak heran jika bunga ini banyak digunakan sebagai media bunuh diri. Getahnya dapat menyebabkan mual-mual, muntah, sakit perut, diare, iritasi hingga kebutaan. Hati-hati saat menebang pohon oleander dan membakarnya. Asap yang ditimbulkan juga mengandung racun yang mematikan, jangan sampai terhirup. Lebih amannya lagi, jauh-jauhlah dari tanaman ini.

Daphne

daphne

Daphne atau lady laurel mengandung racun disemua bagian tanamannya. Bagian yang paling beracun adalah getah dan buahnya. Tanaman yang entah kenapa juga dijuluki dengan ‘tanaman surga’ ini mempunyai racun mezerine dan daphnin. Kedua racun tersebut dapat mengakibatkan sakit perut yang luar biasa, sawan dan kegilaan. Lebih parahnya, tanaman berbunga cantik ini juga bisa membuat si korban koma hingga meninggal.

Belladona

belladona

Tanaman pemilik bunga cantik yang satu ini jangan Anda pandang enteng. Seluruh bagian tanamannya dapat membunuh seketika. Namun yang paling berbahaya adalah buahnya, mirip buah berry, menggiurkan, yang mungkin dapat menarik perhatian anak-anak untuk dipetik dan dimakan. Belladona mengandung racun tropane alkoids dan Atropine yang dapat menyebabkan gangguan sistem saraf hingga kegilaan. Selain itu, belladona juga mampu membuat seseorang berhalusinasi berlebih, penglihatan kabur, pupil membesar, sistem pernapasan terganggu, berkeringat membuat detak jantung tidak stabil. Belladona terkenal sebagai bunga paling mematikan di Barat Hemisphere.

Ranunculus

ranunculus

Bunga super duper cantik yang nampak seperti bunga mawar, padahal sama sekali tidak mempunyai hubungan dengan mawar. Lihat saja kelopaknya warna-warni soft, bunganya yang besar dan berlapis-lapis, terlihat begitu menakjubkan sehingga kadang dijadikan tanaman hiasan atau dekorasi. Namun jangan terperdaya dengan kecantikannya. Bunga ini justru harus diwaspadai. Terdapat racun yang dapat mematikan manusia ataupun hewan. Jika bunganya termakan, maka efek yang diderita si korban adalah liur berlebih, diare parah, sakit perut luar biasa, juga rusaknya selaput lendir. Dalam beberapa kasus, bunga ini juga dapat mengakibatkan kematian.

Parahnya, tanpa dikonsumsi pun, hanya menyentuhnya saja bunga ini sudah memberikan efek yang berbahaya. Yaitu kerusakan dan gangguan pada kulit yang diakibatkan oleh zat protononim yang dikeluarkan ranuculus. Oleh karena itu, walaupun bunga ini cantiknya luar biasa namun masih sangat jarang ditemukan untuk dijadikan hiasan. Disarankan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan bunga ini kecuali menggunakan kaos tangan.

Lily of the Valley

lily-of-the-valley

Lily of the valley masuk dalam kategori salah satu tanaman hias termahal di dunia saat ini. Tidak dapat dipungkiri, bunga ini memiliki tampilan yang unik dan menarik hati. Bunga berbentuk lonceng kecil-kecil yang menggelantung manja ini pernah dijadikan sebagai rangkaian buket yang dibawa Kate Middelton di hari pernikahannya. Sungguh sulit dipercaya jika bunga ini ternyata bunga berbahaya yang mengandung racun. Mengkonsumsi satu atau dua bunga lily of the valley tidak memberikan efek yang sangat berbahaya bagi orang dewasa. Efek yang diberikan akan berupa mual, sakit perut, munta dan diare. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bunga ini juga dapat menimbulkan masalah besar, seperti kematian.

Autum Corcus

bunga-autum-corcus

Bunga paling mematikan asal Inggris. Mungkin inilah yang paling mematikan, karena racun yang dikandungnya sejenis dengan aksonik, belum ditemukan obat penawarnya sama sekali. Jika secara tidak sengaja mengkonsumsi bunga ini, maka penderita akan mengalami sakit jantung karena kehilangan tekanan darah. Di sisi lain, disebutkan bahwa bunga ini juga dapat mematikan sel kanker, namun jika diolah oleh tangan-tangan yang tidak tepat, hanya berpeluang besar untuk mengakibatkan kematian.

Angle’s Trumpet

angles-trumpet

Angle’s terompet berarti terompet milik malaikat, waah.. jangan tertipu dengan namanya. Alih-alih menyandang kata malaikat, bunga ini bisa saja membawa Anda bertemu malaikat sungguhan. Yup,, malaikat pencabut nyawa. Hehehe..

Bentuknya memang sangat eye catching, seperti terompet yang bergelantungan. Namun siapa sangka jika bunganya mengandung racun yang berbahaya. Zat tropane alkaloids yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan kematian jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Bagaimana? Seram juga yah… Jangan sampai terkecoh dengan penampilan bunga-bunga cantik tersebut. Kalaupun Anda menyukainya, sebaiknya hindari untuk menanamnya di sekitar rumah Anda. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Oleh karena itu, jangan nilai sesuatu dari luarnya saja. Yang cantik-cantik biasanya berbahaya lho. šŸ˜€

Tapi jangan khawatir kami menyediakan beberapa produk bibit tanaman bunga lainnya disini.

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Bunga, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntungĀ ?