Cara Menanam dan Merawat Anthurium Gelombang Cinta

Gelombang cinta pernah menjadi tanaman hias paling populer dan fenomenal. Tidak peduli dengan harganya yang fantastis, tanaman ini tetap diburu oleh pecinta tanaman hias. Sudah komersil dari segi namanya, bentuknya juga sangat memukau. Daun besar lebar bergelombang menjadi poin utama bunga ini. Mungkin itu alasan mengapa dinamakan tanaman gelombang cinta, karena gelombang daunnya membuat orang-orang jatuh cinta untuk memeliharanya. ūüėÄ

Daun gelombang cinta yang lebar dan besar tanpa cacat daun menjadi daya tarik utama tanaman hias ini.
Daun gelombang cinta yang lebar dan besar tanpa cacat daun menjadi daya tarik utama tanaman hias ini.

Sebenarnya tanaman ini masih berkerabat dekat dengan tanaman hias kuping gajah, karena masih berasal dari spesies yang sama, yaitu spesies anthurium daun. Hanya saja gelombang cinta ini tepi daunnya berlekuk-lekuk dan bergelombang dengan warna hijau mendominasi seluruh daun. Karena permintaan akan stok tanaman ini terus meningkat, maka orang-orang membudidayakannya secara besar-besaran. Namun, banyak juga pecinta tanaman hias yang ingin mengembangkannya sendiri di rumah. Jika Anda pecinta tanaman pemilik nama latin Anthurium plowmani ini, anda juga bisa menanamnya sendiri karena cara penanamannya terbilang tidak susah, di samping itu cara perawatannya pun sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

    1. Pertama-tama, siapkan media penanaman terlebih dahulu. Yaitu pot berbocor dan juga siapkan pecahan genteng yang akan digunakan untuk mengalas pot tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kalau saja dalam proses penyiraman, media tanamnya hanyut terbawa air.
      Untuk mendapatkan tanaman hias yang tumbuh indah maksimal, sebaiknya memilih model pot yang cantik juga. Agar ketika tumbuh, bentuknya yang tidak biasa juga di dukung dengan penampilan cantik potnya.
    2. Kedua, yang perlu diperhatikan adalah bahwa gelombang cinta tidak menyukai media tanah dalam penanamannya.Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan humus, pasir dan pupuk kandang.
    3. Isilah pot tadi dengan pecahan genteng terlebih dahulu lalu masukkan media tanamnya yang sudah disiapkan hingga setengah dari tinggi pot.
    4. Setelah itu masukkan tanaman gelombang cinta yang ingin ditanam pada pot dan berikan lagi media tanam setinggi 3 sampai 5 cm dari atas permukaan pot.
    5. Kemudian letakkan pada tempat yang teduh. Karena tanaman gelombang cinta tidak terlalu menyukai paparan sinar matahari langsung. Jadi agar menghindari daunnya layu, maka bisa menyimpannya pada teras rumah yang dinaungi atap. Lalu siram hingga seluruh media tanamnya basah.
Gelombang cinta tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung, jadi tanaman ini dapat disimpan pada teras atau taman dengan naungan di atasnya.
Gelombang cinta tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung, jadi tanaman ini dapat disimpan pada teras atau taman dengan naungan di atasnya.

Setelah proses penanaman, untuk mendapat tanaman hias dengan kualitas dan bentuk yang indah, maka perlu dilakukan sedikit perawatan. Tidak usah khawatir, cara perawatan anthurium terbilang mudah. Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Ketika gelombang cinta yang ditanam telah tumbuh subur, maka disarankan untuk mengganti pot secara berkala. Hal ini dikarenakan karena ukuran gelombang cinta akan semakin besar jadi usahakan dipindahkan pada wadah pot berukuran lebih besar. Ini juga dilakukan agar tunas-tunas baru yang tumbuh bisa bernafas dan ikut tumbuh dengan pertumbuhan yang baik.Intinya, sesuaikan ukuran wadah dengan ukuran tanaman tersebut.
  • Berikan asupan sinar matahari pagi. Walaupun pada dasarnya gelombang cinta tidak menyukai sinar matahari langsung, namun tetap diperlukan kebaikan dari sinar matahari agar pembentukan zat hijau daun atau klorofilnya tetap aktif. Cukup dengan mengangkat potnya ke tempat terbuka selama 15 menit sampai 1 jam di bawah sinar matahari pagi. Lakukan setidaknya seminggu sekali¬†agar warna hijau daun gelombang cinta itu tetap segar dan sehat.
  • Berikan pola penyiraman yang benar. Pada hari-hari biasa cukup siram sehari sekali saja. Tapi ketika cuaca panas atau musim kemarau, coba memaksimalkannya menjadi 2 kali sehari. Perlu dicatat bahwa Tanaman ini tidak terlalu begitu menyukai wadah yang terlalu basah atau terlalu lembab.
  • Untuk memperoleh gelombang daun anthurium yang mengkilap, bisa dilakukan dengan cara mengolesinya menggunakan cairan susu. Pertama-tama, bersihkan permukaan depan dan belakang daunnya dengan air bersih. Setelah itu oleskanlah cairan susunya secara merata dengan menggunakan kapas atau spons. Tunggu hingga kering dan bersihkan menggunakan kain kering. Jika rutin dilakukan seminggu sekali, maka Anda akan memperoleh¬†tampilan daun anthurium yang sangat memukau.Terapi ini juga disebut dengan peeling.
Untuk mendapatkan daun gelombang cinta yang mengkilap dan terlihat segar, dapat dioleskan dengan susu cair segar.
Untuk mendapatkan daun gelombang cinta yang mengkilap dan terlihat segar, dapat dioleskan dengan susu cair segar.
  • Berikan nutrisi pupuk. Sebaiknya menggunakan pupuk NPK dengan takaran 2 gram/liter air. Caranya larutkan pupuk NPK ke dalam air dan berikan pada media tanamnya. Usahakan untuk tidak mengenai daunnya ketika diberi pupuk agar tidak mengalami kerusakan atau kebusukan pada daun. Berikan pemupukan ulang setiap 3 bulan sekali.
  • Posisikan dan atur letak pot. Agar bentuknya tidak tumbuh terlalu melebar, maka perhatikan posisi pot. Sering-seringlah memutar-mutar posisi pot mengikuti arah matahari (walaupun tidak terpapar sinar matahari langsung). Hal ini akan merangsang pertumbuhan daun gelombang cinta yang tegak keatas dengan warna hijau cerah yang terlihat sehat.

Itulah tadi sekilas panduan bagi Anda yang ingin melakukan penanaman anthurium di rumah Anda. Simple dan tidak repot bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Silahkan order, disini untuk produk tanaman anthurium gelombang cinta.