Cara Menanam Mawar Rambat (Climbing Rose)

Halo teman-teman! Masih setiakah dengan hobi berkebun? Jika iya pada kesempatan ini saya Yusuf Saktian ingin membahas mengenai cara menanam mawar rambat dari biji. Bagi yang masih belum familiar sama namanya mawar rambat, mungkin foto di bawah ini mampu menjawab rasa penasaran Anda:

contoh-salah-satu-kultivar-climbing-rose

Bagaimana indah sekali bukan?

Mawar Sebagai Ratu dari Para Bunga

Mawar sendiri merupakan jenis tanaman semak yang berasal dari genus Rosa. Mawar selain dimanfaatkan sebagai bunga potong juga dapat kita manfaatkan sebagai antidepresan, antibakteri, sumber vitamin C. Minyak mawar dapat dimanfaatkan sebagai Parfum. Selain itu rose hips dapat kita manfaatkan untuk membuat teh, jelly, maupun selai.

Banyak sekali bukan manfaatnya? Selain bunganya yang begitu cantik, si mawar ini juga bermanfaat untuk kita semua. Nggak salah kalau orang-orang menyebutnya Queen of Flowers atau Ratunya Bunga karena kelopak bunga dari mawar sangatlah cantik.

Dan yang mungkin kalian belum ketahui ternyata mawar sendiri memiliki 100 lebih spesies. Dan diantara spesies tersebut mawar dikelompokkan menjadi beberapa jenis diantaranya:

  1. Wild Roses : Dari namanya saja bisa kita ketahui kalo ini adalah jenis mawar yang tumbuh liar, bentuk dari bunganya sendiri terlihat sederhana, dan manusia sudah mengenal jenis mawar ini sejak zaman dahulu.
  2. Old Garden Roses: Mawar ini merupakan hasil dari persilangan sebelum Hybrid Tea diperkenalkan pada tahun 1867. Bentuk dari mawar ini terlihat unik dan tentu saja berbau harum
  3. Climbing Roses: Nah yang ini mawar yang akan kita bahas yaitu mawar rambat. Mawar jenis ini hobi banget yang namanya merambat bisa itu di pagar atau bangunan tembok. Contoh dari mawar yang memiliki jenis ini diantaranya adalah: Laevigata, Climbing China, Noisette, Sempervirens, Climbing Tea, Boursault, Climbing Bourbon, dan Ayrshire.

Yang unik dari mawar rambat ini tak lain dan tak bukan adalah karena ia merambat dan yang akan menjadikannya begitu sangat indah manakala kalian berhasil menanamkannya dirumah kalian sendiri. Seperti foto dibawah ini, nampak terlihat begitu indah apabila mawar rambat dirambatkan pada kayu maupun pagar.

 

mawar-rambat-di-gerbang-rumah

Mungkin bibit bunga mawar rambat ini jarang kita dengar di Indonesia karena secara umum bunga mawar rambat tumbuh pada daerah yang memiliki 4 musim. Namun tidak perlu putus asa atau menyerah untuk mewujudkan keinginan menanam mawar rambat, karena baik di dataran tinggi maupun dataran rendah bunga ini dapat tumbuh di tanah air kita, Indonesia.

Kami sediri memiliki produk mawar rambat yang sudah hidup, yaitu mawar rambat pink atau climbing pink rose. Namun jika ingin menanam sendiri dari biji atau benih mawar, silakan ikuti panduan di bawah ini. Perhatian: menanam mawar jenis apapun dari biji terbilang sangat sulit dan lama waktunya. Pasalnya, menunggu kecambah mawar tumbuh saja bisa sampai 2 bulan, itu baru waktu kecambahnya, belum jika sampai pada tahap berbunga. Sangat direkomendasikan untuk membeli tanaman hidup mawar yang sudah jadi saja.

Berikut adalah cara menanam mawar rambat atau climbing rose dari biji, menurut salah satu sumber yang kami sadur:

  1. Letakkan biji mawar rambat yang sudah dibeli di dalam air dengan rata-rata suhu sekitar 40 derajat celcius selama 24 jam
  2. Baru setelah 24 jam benih mawar rambat diambil kemudian diletakkan diatas pasir yang sangat basah. Gunanya untuk germinasi. Untuk suhu saat germinasi kira-kira 20-25 derajat Celcius dan lamanya adalah 40 hari
  3. Setelah benih mulai berkecambah, siapkan media untuk pertumbuhannya (bisa pot, tanah maupun polybag) karena nantinya benih yang telah berkecambah akan dipindahkan ke dalam media tanam.
  4. Untuk media tanamnya sendiri bahan dasar yang digunakan adalah tanah yang subur yang telah diberi pupuk (pupuk kandang atau pupuk kompos).
  5. Jika Anda ingin menanam di sekitaran rumah yang mana hanya berupa tanah liat, silahkan campurkan tanah liat tersebut dengan pasir dan pupuk. Untuk perbandingannya sendiri adalah 1 : 1 : 1
  6. Pilih bibit mawar rambat yang telah berkecambah dan pilih yang sekiranya unggul lalu kemudian kalian masukkan ke dalam media tanam tadi. Tunggu sampai mawar rambatnya tumbuh sampai sekitar 10 cm.
  7. Jangan sampai kalian lupa untuk memberikan jarak antar tanaman sekitar 1 m – 2 m.
  8. Tahap selanjutnya adalah membuat tempat untuk perambatan mawar rambatnya. Biasanya terbuat dari bambu, pagar, kayu, ataupun tanaman lain. Setelah mawar rambatnya tumbuh tinggi, batang dan daun mawarnya kalian kaitkan ke tempat perambatan yang telah kalian buat tadi.
  9. Yang terakhir adalah, jangan lupa untuk menyirami bunga mawar rambat kesayangan yang telah tumbuh. Untuk pemberian pupuk dan pembasmi hamanya dilakukan secara teratur agar mawar rambat dapat tumbuh subur.

Agar mawar rambat kalian tumbuh dengan baik, Anda harus memperhatikan 3 hal dibawah ini:

  • Mawar mampu beradaptasi terhadap kekeringan, namun sangat rentan jika terlalu banyak air. Jadi prinsipya adalah, jangan menyiram mawar rambat ketika tanahnya tidak kering. Ketika menyirami bunga mawar rambatnya, pastikan sampai tanahnya basah sempurna.
  • Yang kedua jangan gunakan pupuk dengan konsentrasi tinggi, karena pupuk dengan konsentrasi tinggi sanggup untuk membunuh akar mawar.
  • Dan yang terakhir adalah sama halnya dengan tumbuhan lainnya yang membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis, pastikan tanaman mawar rambat kesayangan Anda kebutuhan akan cahaya matahari terpenuhi.

Sekian pembahasan mengenai mawar rambat serta bagaimana cara menanamnya. Jika Anda ingin mencoba untuk menanam bunga tersebut, maka kami telah menyediakan aneka tanaman bunga mawar yang siap untuk ditanam, silahkan klik disini. Selamat mencoba menanamnya di rumah ya!

Diskon 20%
Tak Beruntung
Diskon 5%
Hampir!
Diskon 30%
Diskon 15%
Nyaris!
Produk Gratis
Tanpa hadiah
Diskon 10%
Zonk..!
Diskon 25%
Menangkan Diskon / Mawar Rambat GRATIS
Bagi pengguna baru situs Bibit Bunga, kami memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah berupa diskon atau tanaman mawar rambat GRATIS (bisa pilih varietas pink atau putih).
  • Jika menang, sebuah kupon akan dikirim ke email Anda
  • Kupon expired setelah 5 jam. Gunakan segera.
  • Kesempatan memutar cuma 1x saja. Semoga beruntung ?