GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam Kacang Panjang Dalam Polybag atau Pot

Sunday, November 6th 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Menanam sayuran tak harus membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa menanam sayuran sendiri di rumah dengan menggunakan pot atau polybag. Dengan begitu anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Jika anda menanam sayuran sendiri, lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya. Salah satu jenis sayuran yang bisa anda tanam sendiri di rumah adalah kacang panjang. Kacang panjang mempunyai gizi yang sangat tinggi. Biasanya digunakan untuk dimasak menjadi tumisan. Kacang panjang tidak membutuhkan perawatan yang begitu sulit dan proses pertumbuhannya juga tidak lama. Langkah untuk menanam kacang panjang dengan menggunakan pot atau polybag sangatlah mudah. Untuk pertama kita bahas terlebih dahulu media tanam yang baik untuk menanam sayuran kacang panjang.

kacang-panjang

Ciri Media Tanam Yang Baik

Ketika ingin menanam kacang panjang yang baik, kita harus memikirkan media tanamnya. Media tanam yang baik akan mempengaruhi hasil dari tanaman kita. media tanam berfungsi untuk memberikan nutrisi, menopang tumbuh tanaman dan menyediakan tempat buat akar tumbuh berkembang. sebuah media tanam harus memiliki sifat kimia, fiisk dan biologi yang sesuai dengan kebutuhan dari tanaman tersebut. Pertama media tanam tersebut dapat menopang tanaman dengan baik, apalagi jika di tanam dalam pot atau polybag. Jadi harus benar-benar kuat dalam menopang tanaman.

Media tanam harus memiliki porositas yang benar baik. maksudnya media tanam dapat menyimpan air dan melakukan sistem drainase dengan baik. jadi dapat menjaga keseimbangan kebutuhan air tanaman. Selain itu media tanam harus dapat memenuhi unsur hara yang baik untuk tanaman tersebut. Baik mikro maupun makro. Sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik. media tanam yang digunakan juga tidak boleh mengandung bibit penyakit yang dapat merusak tanaman. Ketika memasukkan media tanam ke pot atau polybag memang harus diperhatikan dengan seksama.

Pemilihan Bibit Kacang Panjang

Sebelum melakukan proses penanaman kacang panjang pada pot atau polybag, kamu harus memilih bibit kacang panjang yang baik. ini akan mempengaruhi kualitas dari hasil panen nantinya. Inilah beberapa ciri bibit kacang panjang yang unggul. Pertama bibit kacang panjang dapat berkecambah diatas 90%. Bibit kacang panjang mempunyai penampilan yang kusam atau bernas. Bibit kacang panjang tidak boleh mengandung hama atau penyakit. Selain itu bibit kacang hijau tidak boleh cacat atau rusak. Pada proses penanaman kacang panjang tidak memerlukan penyemaian bibit. Bibit kacang panjang bisa langsung di tanam pada media tanam.

Persiapan Media Tanam

Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah persiapan media tanam. Diatas saya sudah sebutkan mengenai syarat media tanam yang baik. sekarang tahapan membuat media tanam untuk pot atau polybag. Pertama siapkan tanah yang subur dan gembur. Selanjutnya ayak tanah tersebut menjadi butiran-butiran yang halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering dan tidak ada yang menggumpal. Tanah yang menggumpal akan membuat semua bahan tidak dapat tercampur dengan baik. selanjutnya siapkan kompos yang sudah matang. Bisa menggunakan kompos bokashi, kompos biasa atau kompos takakura. Ayak juga kompos tersebut supaya halus.

Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan arang sekam. Campurkan tanah, kompos dan arang sekam menjadi satu. Perbandingannya 2:1:1 yaitu 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur dengan rata, kemudian masukan ke dalam pot atau polybag. Tetapi perbandingan tersebut tidak selalu berhasil. Anda bisa mencoba perbandingan 1:1:1. Jadi gunakan perbandingan yang kira-kira paling bagus dan tergantung dengan jenis kacang panjang yang akan ditanam.

Proses Penanaman Kacang Panjang

Sekarang kita masuk ke dalam tahap penanaman kacang panjang. Waktu yang tepat untuk menanam kacang panjang adalah pada awal musim hujan. Hal ini supaya kacang panjang dapat suplay air yang banyak dari air hujan. Cara menanamnya sangat mudah. Untuk satu pot atau polybag lebih baik diisi dua biji kacang panjang saja. supaya pertumbuhannya maksimal. Masukan benih kacang hijau pada lubang. Lubang tak perlu terlalu dalam, kemudian tutup lubang dengan tanah lagi.

Perawatan Tanaman Kacang Panjang

kacang-panjang-dalam-polybag

Supaya bisa menghasilkan tanaman kacang panjang yang bagus, anda harus merawat pertumbuhan kacang panjang tersebut dengan baik. Jika ada tanaman yang rusak atau terkena bibit penyakit segeralah ganti dengan tanaman yang baru. Supaya nanti kacang panjang akan tumbuh secara serentak. Hal ini dilakukan ketika tanaman menginjak umur 5 sampai 7 hari. Selain itu jangan lupa untuk melakukan penyiangan tanaman. Bersihkan sekitar pot atau polibag dari rumput liar atau gulma yang mengganggu. Gulma dan rumput liar akan merebut pasukan nutrisi yang didapat oleh kacang panjang. Sehingga pertumbuhannya tidak maksimal.

kacang-panjang-dalam-polybag-2

Untuk penyiraman tanaman lakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari saja. pertumbuhan kacang panjang tidak begitu banyak membutuhkan pasokan air yang banyak. Apalagi jika anda menanam pada awal musim hujan. Tanaman kacang panjang pasti sudah mendapatkan pasokan air yang cukup. Jika tanaman sudah menginjak umur 45 hari, anda harus memberi pupuk lagi. Ini berguna untuk menjaga keseimbangan nutrisi. Anda bisa memberikan Pupuk Sp36, urea dan kcl dengan dosis secukupnya. Letakkan pada sekitar lubang.

Proses Pemanenan

panen-kacang-panjang

Salah satu ciri tanaman kacang panjang sudah siap dipanen adalah ketika ukuran polongnya sudah optimal. Ini dapat dilihat dari biji polongnya yang sudah menonjol. Kalau di hitung dari masa tanam sekitar 3 sampai 4 bulan sejak bibit kacang panjang ditanam. Waktu pemanenan yang baik adalah pada pagi hari sebelum matahari menyengat. Pada waktu ini keadaan kacang panjang masih sangat segar. Potonglah pada bagian ujung pangkal kacang panjang. Satu tanaman kacang panjang bisa menghasilkan beberapa buah kacang panjang.

Bagaimana mudah bukan? Sekarang anda bisa menanam kacang panjang sendiri di rumah. tak perlu menanam di tanah yang luas. Dengan menggunakan pot atau polybag pun kamu sudah bisa menanam tanaman kacang panjang. Demikian sedikit ulasan yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. selamat mencoba dan menanam kacang panjang di rumah.

Produk terbaru

Rp 40.000
Rp 40.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892